Sukses

Petugas Damkar Jakarta Berhasil Juara di Kompetisi Pemadam Kebakaran dan Paramedis Dunia di Singapura

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih prestasi gemilang dalam Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta (Gulkarmat), yang menjadi perwakilan Indonesia, berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan dalam Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF).

Kontes berlangsung pada 24--25 November 2023 di Singapore Expo Hall 3. Para petugas pemadam kebakaran (damkar) tersebut berhasil mengukir prestasi yang membanggakan bagi negara dalam ajang bergengsi tersebut.

Dalam informasi yang diunggah oleh Akun Resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta @humasjakfire di Instagram pada 26 November 2023, Fadila Bunyamin, perwakilan Indonesia, secara unggul meraih Juara I pada kategori Braveheart Team Challenge. Tidak hanya itu, Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang juga mencapai prestasi luar biasa dengan memperoleh Juara IV pada kategori yang sama.

Selain meraih prestasi individual, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta juga meraih prestasi tim dengan memenangkan penghargaan Best Resource Application dan Best Safety Application yang diterima oleh Budi Paryono dan Andi Putra Erlambang. Lebih lanjut, mereka juga meraih medali penghargaan Best Planning Team yang diraih oleh Fadila Bunyamin.

Mengutip situs resminya, SGFPC adalah ajang kompetisi internasional bagi para petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis, yang bertujuan untuk menguji kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan. Pada 2023, kompetisi ini diikuti oleh 14 negara, termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Luxembourg, Makau, India, Myanmar, Inggris, dan Hongkong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latihan Intens dalam Waktu yang Singkat

Mengutip situs resmi Pemadam Jakarta pada Selasa, 28 November 2023, Kepala Sektor Pasar Minggu, Suhudi, yang juga bertindak sebagai pembina dan pelatih, menyatakan bahwa meskipun latihan yang intens dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, ia dan timnya bersyukur karena berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. "Berkat semangat dan kerja keras para atlet, akhirnya kita dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat kembali ke Jakarta dalam kondisi sehat dan selamat," ucap Suhudi.

Dia juga berharap agar ke depannya Pemadam Jakarta dapat terus berkontribusi memberikan yang terbaik untuk Indonesia, dan jika terlibat dalam ajang kompetisi seperti ini, persiapan yang dilakukan dapat lebih optimal. Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, juga menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada seluruh petugas Pemadam Jakarta yang telah berjuang dan memberikan usaha terbaik dalam SGFPC 2023.

"Saya, sebagai perwakilan Pemadam Jakarta, mengucapkan terima kasih kepada para atlet yang telah bertanding dan berjuang meraih prestasi untuk Jakarta dan Indonesia," ujar Satriadi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, baik secara moral maupun materi. "Saya juga memberikan pesan kepada seluruh jajaran Pemadam Jakarta agar pencapaian prestasi ini menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Petugas Damkar Bantu Siswa

Sebelumnya, petugas pemadam kebakaran (damkar) kembali mencuri atensi publik lewat aksi mereka. Kali ini, petugas damkar membantu salah seorang siswi yang tangannya tersangkut di pintu sekolah.

Momen tersebut diabadikan dalam video singkat yang diunggah melalui akun TikTok @iqbaldanu59. Video berdurasi 13 detik itu menunjukkan salah satu sudut sekolah yang dipadati dengan anak-anak murid berseragam.

Salah satu siswi berhijab terlihat jari tangannya masuk dalam lubang pintu dan tersangkut. Kemudian para petugas damkar datang untuk membantu insiden tersebut.

Sejak diunggah tiga hari lalu, video ini sudah disaksikan lebih dari 5,2 juta kali. Video yang disukai lebih dari 254 ribu kali ini juga dibanjiri ribuan komentar.

"Pasti mbaknya malu banget 😂😂 dan akan di inget sama seluruh sekolah lagi 😂😂," tulis seorang warganet.

Komentar lainnya berbunyi, "mbaknya langsung terkenal di sekolah karena bisa panggil damkar 😭."

"damkar bulan ini full tugas🗿😭," lanjut lainnya.

Respons lainnya, "Damkar sabar banget ya, gak pernah ada video damkar ngeluh disosmed 😭😭😭."

"damkar akhirnya kerjanya bukan padam api😭," terang warganet lain.

Warganet juga menyampaikan, "ikhlas bgt kalo gaji damkar banyak, karena segercep itu, ga nunggu 24jam dulu 🗿."

Menariknya, ada pula komentar dari warganet lainnya yang berbunyi, "numpang tanya deh.. damkar bisa nggak sih ngusir tawon yang udah banyak dan nggak ada rumahnya 😭 serem dirumah buanyak tawon 😭."

4 dari 4 halaman

Petugas Damkar Kota Batu Bantu Tangkap Tokek Kecil di Kamar

Aksi petugas pemadam kebakaran alias damkar sebelumnya juga jadi sorotan online. Kali ini, atensi warganet tengah menuju pada aksi petugas damkar Kota Batu, Jawa Timur yang tidak keberatan membantu menangkap tokek kecil di sebuah kamar warga.

Konten ini jadi viral setelah dibagikan akun TikTok @sabillmutiara, Senin, 2 Oktober 2023. Di klip berdurasi 39 detik tersebut, tampak tangkapan layar isi chat seorang warga dengan petugas damkar. "Pak, damkar itu apa bisa mengusir tokek?" terlihat ia bertanya, yang dijawab, "Bisa. Alamatnya mana?"

Pengadu juga menjelaskan bahwa tokek tersebut sebenarnya tidak terlalu besar, hanya seukuran botol minyak kayu putih sedang. Namun demikian, video itu memperlihatkan petugas damkar tetap datang dan membantu menangkap "tokek kecil" tersebut.

"Setelah 10 menit proses (pencarian), Alhamdulillah diketemukan," kata salah satu petugas di video tersebut. "Prediksi kami memang dia sembunyi di langit-langit spring bed. Alhamdullillah aman. Kami tinggal mengamankan. Terima kasih pada Mba Sabila (pelapor)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini