Sukses

Warganet Nyasar Gara-Gara Ikuti Google Maps, Malah Ketemu Tempat yang Pemandangannya Sangat Indah

Google Maps ternyata tak selalu menunjukkan rute yang tepat, seperti dialami seorang warganet yang nyasar di lereng Merapi.

Liputan6.com, Jakarta - Video seorang warganet nyasar di lereng Merapi meski sudah menggunakan Google Maps. Google Maps adalah salah satu alat navigasi canggih yang dapat membantu pengguna untuk berpindah dari titik A ke titik B, baik dengan berjalan kaki, bersepeda, atau mengemudi.

Meski begitu, Google Maps ternyata tak selalu menunjukkan rute yang tepat, seperti dialami seorang warganet yang dilihat di akun Instagram @mood.jakarta pada Kamis, 23 November 2023. Tidak diketahui dengan jelas tempat yang ingin didatanginya, yang jelas warganet itu mengaku kesasar di kawasan Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah.

"Sebuah vidio lihatkan Momen seorang nyasar di lereng merapi karena google maps dan akhirnya malah melihat panorama yang indah. Gimana menurut kalian guys?” tulis keterangan dalam unggahan tersebut. Video tentang warganet nyasar itu ternyata diambil dari unggahan di akun TikTok @abidmuslich_r yang dibagikan pada Rabu, 22 November 2023.

"Nyasar mengikuti google maps, tau-tau nemu tempat yg nggk lazim, tp memiliki panorama yg sangat indah 😍🥹,” tulis keterangan unggahan tersebut. Pemilik akun kemudian menuliskan tempat dengan pemandangan indah yang dimaksud adalah di Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Tapi beberapa warganet berkomentar nama tempat tersebut yang lebih spesifik adalah Spot Ngori.

"ini namanya SPOT NGORI ya temen temen, yan mau kesana monggo itu hulu kali Krasak, bagus banget klo malem, aku pernah kesana beberapa kali,” terang seorang warganet.

"Lebih tepatnya ngori , srumbung Magelang. Lokasi tambang pasir ilegal😂 percayalah kamu tidak tersesat jika bertemu orang pencari batu alam/penambang manual,” kata warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spot Ngori dan Srumbung di Magelang

Dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang dan berbagai sumber lainnya, Srumbung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Magelang, Pusat pemerintahannya berada di Desa Srumbung. Kecamatan Srumbung berada di sebelah barat daya Gunung Merapi sehingga termasuk daerah bahaya satu dari ancaman letusan.

Di kecamatan ini terdapat sebuah pos pengamatan Gunung Merapi terletak di Dusun Ngepos, Desa Ngablak yang dibangun sejak zaman Belanda. Kecamatan Srumbung menjadi daerah penghasil salak Nglumut. Varietas unggul salak Nglumut berasal dari Desa Nglumut dan terdaftar dan diakui Departemen Pertanian RI.

Sedangkan Spot Ngori merupakan salah satu spot yang punya sudut pandang ideal melihat guguran lava pijar adalah dari arah Dusun Ngori, Srumbung, Magelang. Dusun Ngori merupakan dusun yang hilang karena erupsi Merapi pada 1961. Hingga kini Dusun Ngori hanya tinggal nama dan kini menjadi lokasi tambang. Dari lokasi ini luncuran lava pijar yang mengarah ke Barat Daya dan Selatan terlihat jelas.

Sementara itu, Google Maps sebenarnya bisa membawa Anda bepergian ke daerah dengan akses internet terbatas, caranya dengan mengunduh peta secara daring (offline). Dilansir dari kanal Tekno Liputan6.com, 20 Februari 2023, untuk melakukannya, cari lokasi, ketuk tombol "Lainnya", lalu pilih "Unduh peta daring".

3 dari 4 halaman

Fungsi Lain Google Maps

Ini akan memungkinkan kamu untuk mengakses peta dan mendapatkan petunjuk arah bahkan ketika kamu tidak memiliki koneksi internet sekalipun. Fitur ini sangat berguna ketika bepergian ke luar negeri atau pergi ke daerah terpencil..

Dengan mengikuti tips ini, kamu akan dapat memanfaatkan Google Maps secara lebih optimal dan membuat pengalaman navigasi menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Baik saat kamuu menjelajahi kota baru, merencanakan perjalanan darat, atau sekadar mencari jalan, Google Maps dapat menjadi alat serbaguna yang dapat membantu kamu mencapai tujuan.

Tak hanya sebagai penunjuk arah atau tujuan, ada beberapa fungsi Google Maps yang mungkin belum kamu ketahui. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Gunakan Street View

Street View memungkinkan kamu untuk melihat tampilan jalan dari lokasi mana pun. Fitur ini dapat sangat membantu jika kamu sedang mencari bangunan atau alamat tertentu. Untuk menggunakan Street View, cukup cari lokasi dan klik tombol "Street View". Kamu juga dapat menggunakan Street View untuk melihat lingkungan sekitar, situasi parkir, dan aksesibilitas lokasi.

4 dari 4 halaman

2. Jelajahi tempat-tempat baru

Google Maps adalah alat yang hebat untuk menjelajahi tempat-tempat baru. Anda bisa menggunakan tab "Jelajahi" untuk menemukan restoran, toko, dan tempat menarik lainnya yang populer di area tertentu.

Anda juga dapat menggunakan fitur "Terdekat" untuk menemukan tempat yang dekat dengan lokasi Anda saat ini. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memfilter hasil berdasarkan jenis tempat, jarak, peringkat, dan lainnya.

3. Membuat peta khusus

Kalau kamu merencanakan perjalanan darat atau ingin menyimpan peta area tertentu, kamu dapat membuat peta khusus di Google Maps. Untuk melakukan ini, kamu cukup mencari lokasi, simpan lokasi itu sebagai "favorit", lalu tambahkan lebih banyak lokasi ke peta.

Kamu juga dapat menambahkan catatan, label, dan informasi lain ke peta khusus ini, sehingga memudahkan kamu untuk merencanakan dan mengatur perjalanan.

4. Simpan alamat rumah dan kantor

Salah satu fitur Google Maps yang paling dasar tetapi berguna adalah kemampuan untuk menyimpan alamat rumah dan kantor. Untuk melakukannya, cukup cari alamat rumah atau kantor kamu, klik lokasi, lalu pilih tombol "Simpan". Kamu juga dapat menetapkan salah satunya sebagai lokasi default, sehingga saat kau membuka Google Maps, Google Maps akan menampilkan petunjuk arah ke lokasi default Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini