Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Lewotolo di NTT yang Pertama Kali Meletus pada Tahun 1660

Gunung Lewotolo adalah gunung berapi stratovolcano yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Lewotolo, merupakan gunung api yang terletak di utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Secara geografi, Gunung Lewotolo berada pada suatu semenanjung di sisi barat laut pulau. Posisinya ini menyebabkan tingkat kebencanaan gunung ini tidak termasuk tinggi.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Kamis (16/11/2023) gunung berapi tipe stratovolcano ini memiliki sebentuk kerucut yang terbentuk di sisi tenggara Metong Lamataro dan menjadi puncak tertinggi yaitu 1.423 mdpl. Kerucut tersebut memiliki lubang kawah aktif di puncaknya dengan hembusan uap solfatara di hampir semua bagian kerucut.

Solfatara berupa hembusan gas gunung api terutama belerang berwarna kuning membara hasil sublimasi banyak ditemukan di lerang timur, utara, dan selatan dari kerucut baru ini. Masih banyak hal mengenai Gunung Lewotolo selain lokasi dan ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Lewotolo yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis (16/11/2023). 

1. Dikenal Sebagai Gunung Ile Lewotolok 

Gunung Lewotolo dalam bahasa setempat yaitu bahasa Lamaholot dikenal sebagai Gunung Ile Lewotolok atau Ile Ape. Ungkapan ile lewo tolok berarti "gunung kampung atau negeri runtuh".

Lewotolok sendiri merupakan nama tempat gunung ini berada, sedangkan ile ape berarti "gunung api". Puncak gunung ini memiliki kawah besar menyerupai kaldera berbentuk bulan sabit yang disebut warga dengan nama Metong Lamataro. Ini adalah bagian dari kawah lama Gunung Lewotolo.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah Letusan Gunung Lewotolo

Mengenai sejarah letusan Gunung Lewotolo telah tercatat sejak tahun 1660, kemudian letusan terjadi lagi pada tahun 1819 dan 1849. Pada 5 dan 6 Oktober 1852 terjadi letusan yang merusak daerah sekitarnya dan memunculkan kawah baru dan ladang solfatara di sisi timur-tenggara.

Letusan Gunung Lewotolo juga terjadi pada tahun 1864, 1889, dan terakhir pada 1920 dikabarkan oleh penduduk terjadi letusan kecil. Selanjutnya pada 1939 dan 1951 terjadi kenaikan aktivitas vulkanik Gunung Lewotolo, berupa lontaran lava pijar, abu, awan panas, dan hembusan gas beracun.

3. Titik Awal Pendakian

Gunung Lewotolo adalah salah satu gunung yang banyak diminati oleh para pendaki. Pendakian dimulai dari Desa Atowatung atau Baupukang di Kecamatan Ile Api yang berada di sisi utara Gunung Lewotolo.

Jalur pendakian ke Gunung Lewotolo berupa jalan setapak yang tertutup ilalang. Kemiringan lahan jalur pendakian antara 30-40 derajat. Waktu yang ditempuh untuk mendaki sampai puncak umumnya adalah 5 jam. Dari puncak yang berada di utara pendaki dapat melihat gunung berapi Pulau Batu Tara, serta Ili Uyelewun di sebelah timur.

3 dari 4 halaman

4. Budaya Unik Penduduk Desa di Gunung Lewotolo

Gunung ini bisa didaki beberapa kali dalam setahun. Biasanya oleh wisatawan yang telah membaca tentang gunung ini atau setelah melihatnya dan mengaguminya dari kota Lewoleba, siapa pun tidak dapat menolak perjalanan sehari ke gunung berapi tersebut.

Gunung berapi ini dikelilingi oleh jalan raya dan setidaknya ada tiga rute berbeda untuk mendaki, mungkin yang paling mudah adalah dari Desa Lama yang lokasinya 450 meter ke atas lereng gunung di atas Desa Jontona di sisi tenggara gunung.

Desa ini sekarang sebagian besar tidak berpenghuni namun tetap dipertahankan sebagai rumah leluhur penduduk desa di wilayah tersebut, dan berisi benda-benda pusaka seperti gading gajah yang panjangnya lebih dari dua meter, gendang Moko, kanon Portugis dan artefak lainnya

Penduduk desa sekitar mengadakan upacara, yang dikenal sebagai Festival Kacang, di Desa Lama pada bulan Oktober bertepatan dengan panen kacang lokal yang secara tradisional menyediakan protein dalam makanan mereka. Para gadis dari desa-desa sekitar dianggap mempunyai peran penting dalam upacara-upacara ini, yang menunjukkan bahwa mereka terus memainkan peran sentral dalam tradisi "menjodohkan".

Berkunjung ke Desa Lama sangat dianjurkan namun hanya dengan izin dan didampingi oleh sesepuh desa dari Jontona. Jontona berjarak kurang dari satu jam dengan mobil atau sepeda motor dari Lewoleba.

4 dari 4 halaman

5. Cara Mencapai Desa Terdekat di Gunung Lewotolo

Untuk mencapai Desa Lama diperlukan truk atau ojek yang kokoh dan bersedia melewati jalan yang sering bergelombang dan berbatu selama kurang lebih 45 menit. Alternatifnya adalah menambahkan waktu ekstra 90-120 menit sekali jalan ke pendakian Anda hanya dengan berjalan kaki ke Desa Lama.

Dari Desa Lama, jalan sempit mengarah ke belakang bangunan dan melewati ‘kebun’ termasuk pohon kelapa. Pada ketinggian sekitar 805m, perkebunan berakhir dan jalan setapak berlanjut, samar-samar, hingga ke lereng bukit berumput yang diselingi pepohonan eukaliptus yang indah.

Punggungan ini semakin curam, namun pemandangan hingga ke kerucut Ile Api itu sendiri dan kembali ke garis pantai di kedua sisi semenanjung sempit itu sungguh menakjubkan. Anda seharusnya bisa melihat puncak Ili Werung yang terbengkalai di selatan. Lebih jauh lagi, Anda akan mencapai bebatuan sebagai tempat yang sempurna untuk berhenti sejenak dan mengagumi pemandangan yang kini mencakup Ile Boleng di Pulau Adonara di sebelah barat.

6. Puncak Gunung Lewotolo

Anda bisa mencapai puncak utara yang sedikit lebih rendah (1.423 mdpl). Dibutuhkan sekitar 20 menit untuk sampai ke sana, melalui bagian tebing curam dan runtuh yang sedikit rumit, namun pemandangan ke Batu Tara dan Ili Uyelewun membuat usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Mungkin dari sinilah, pemandangan terbaik ke arah kerucut rokok itu sendiri bisa didapat. Puncak sebenarnya (1.455 mdpl menurut peta Bakosurtanal) nampaknya terlalu aktif sebagai titik tertinggi, lokasinya cukup berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini