Sukses

Gelandangan Lulusan ITB Enuh Nugraha Dijemput Teman Kuliah, Cerita Alasannya Depresi

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Enuh Nugraha, yang hidup jadi gelandangan, sudah ditemukan di Rembang, Jawa Tengah, setelah sempat dinyatakan menghilang.

Liputan6.com, Jakarta - Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Enuh Nugraha, yang hidup jadi gelandangan, sudah ditemukan di Rembang, Jawa Tengah, setelah sempat dinyatakan menghilang. Videonya viral saat pertama kali diunggah akun YouTube Sinau Hurip pada 12 Oktober 2023.

Sosoknya disorot karena hidup menggelandang, padahal dia adalah alumni salah satu kampus bergengsi di Tanah Air. Enuh, yang mengaku menderita depresi, membuat sejumlah kawan seperjuangannya ikut memberi atensi. Beberapa kawan lama Enuh datang langsung ke lokasi untuk menjemputnya.

"Yang datang itu teman-temannya dari ITB," terang sang pemilik video dalam unggahan Minggu, 12 November 2023. Ia langsung mempertemukan sejumlah pria itu dengan Enuh. Kendati demikian, Enuh ternyata butuh waktu beberapa saat untuk menyadari sejumlah orang di hadapannya.

Namun, tidak butuh waktu lama bagi Enuh menyambut hangat kawan-kawan lamanya dengan menyunggingkan senyuman. Teman-teman Enuh bahkan tidak segan memberi pelukan. Mereka mengobrol sambil bercanda dan tertawa.

"Kalau ini? Ini yang sering disebut namanya sama akang," tanya si pemilik video. "Ini Irfan Sandi," ungkap si pemilik video. "Mukanya merah, itu ekspresi bahagia lho."

Usai saling menyapa dan bertanya soal kabar, Enuh dan sejumlah pria itu duduk bersama. Diungkap si pemilik video, Enuh Nugraha tampak begitu bahagia kala mendapat dukungan dari teman-teman kuliahnya.

Di kesempatan itu, Enuh mengungkap bahwa hubungan asmara yang gagal dengan perempuan bernama Sri Endah jadi penyebab dirinya depresi. Ia mengaku pernah menjalin hubungan spesial dengan Endah, tapi kemudian putus. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Kawan Seperjuangan Enuh di ITB

Kandasnya hubungan mereka diduga membuat Enuh terguncang hingga jadi gelandangan. Namun, dugaan tersebut masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Yang jelas, momen pertemuan dari Enuh dengan kawan seperjuangan ITB turut menuai simpati.

Banyak dukungan hingga pujian yang tersemat di kolom komentar. "MasyaAllah ....begitu baiknya sahabat-sahabat kang nuh sampai netes air mata melihat pertemuan mereka," komentar seorang warganet.

"Ya Allah ikutan seneng bgt kang enuh bisa kumpul lagi sama temen2 masa kuliahnya, keliatan bgt raut sedih dan bahagianya ketemu temen2 lamanya," ujar warganet lainnya.

"Dari kisah ini kita belajar bahwa keluarga tidak hanya yang sedarah, tapi teman juga bisa lebih dari keluarga. Salut untuk alumni ITB '97 dan team sinau hurip,” tulis warganet yang lain.

"Sebagai orang Jawa Barat, saya terharu makasih orang baik semoga makin banyak orang yg peduli terhadap sesama mahluk allah. Untuk Sinaurip semoga Istiqomah & berjaya.hatur nuhun,” kata warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Enuh Nugraha Berpindah-pindah Tempat Tinggal

Salah seorang perwakilan Alumni ITB, Irfan Sandi Kusuma, mengaku sangat bersyukur bisa kembali bertemu Enuh Nugraha. Menurut Irfan, ia terakhir berkomunikasi intens dengan Enuh pada 2007.

Enuh diketahui berpindah-pindah tempat tinggal bersama saudaranya. Hingga pada 2019, teman dan keluarga mulai aktif mencari keberadaan Enuh yang diketahui meninggalkan rumah.

"Syukur Alhamdulillah ini hari yang membahagiakan buat kami dari Teknik Lingkungan 1997 bisa melihat lagi, ngobrol lagi, senda gurau lagi dengan Enuh," ungkap Irfan yang datang menjemput Enuh bersama Semedi dan Zulkarnain, dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, Minggu, 12 November 2023.

Kepada Adi dan Tim Youtube Sinau Hurip, Irfan berterima kasih atas semua bantuan hingga bisa menemukan Enuh. Setelah dijemput, Enuh akan tinggal sementara di salah satu rumah alumni ITB. Ia selanjutnya akan menjalani pemeriksaan medis guna mendapat penanganan yang tepat.

"Enuh anaknya cerdas, pintar, dan suka menolong. Di bidang akademik, Enuh salah satu yang terbaik di angkatan kami. IPK dia itu 2,97 waktu itu, dan itu tidak mudah didapat mahasiswa ITB, kecuali dia cerdas,” ungkap Irfan.

 

4 dari 4 halaman

Sosok Perempuan yang Disebut Enuh

Saat disinggung mengenai sosok perempuan bernama Sri Endah, Irfan tidak mengetahui secara pasti bagaimana kisah mereka berdua. Dihimpun dari percakapan Adi di konten Sinau Hurip, beberapa fakta mengenai identitas Enuh Nugraha terungkap, seperti lahir di Bandung, 1 November 1977 dan bertempat tinggal di Pasanggrahan, Ujungberung, Bandung.

Kedua orangtuanya, yang bernama Ikar Sukarna (ayah) dan Yiah Rapiah (ibu), sudah meninggal dunia. Ia diketahui bersekolah di SMA 10 Cikutra jurusan IPA dan S1 Teknik Kelautan ITB tahun 1997.

Sebelumnya, sosok Enuh diabadikan dalam video yang diunggah kanal YouTube Sinau Hurip pada 12 Oktober 2023. Video yang telah disaksikan lebih dari 427 ribu kali itu diawali dengan pria yang mengakui alumni ITB itu terekam kamera tengah duduk di tepi jalan merangkai sampah-sampah plastik.

Ketika ditanya, ia menyebut dirinya berasal dari Ujungberung, Bandung. Pria berpenampilan lusuh dan diduga ODGJ tersebut juga mengatakan ia berjalan untuk mencari mainan anak-anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.