Sukses

Babymonster Bakal Debut 27 November 2023, Diumumkan YG Entertainment di Hari Pahlawan

YG Entertainment menyatakan sedang mempercepat proses pengerjaan video musik Babymonster yang akan segera debut.

Liputan6.com, Jakarta - YG Entertainment akhirnya resmi mengumumkan tanggal debut girl group terbaru mereka, Babymonster, lewat akun media sosial mereka. Tepat pada Hari Pahlawan di Indonesia, Jumat (10/11/2023), grup yang beranggotakan tujuh orang itu akan debut pada 27 November 2023.

YG Entertainment memasang poster hitam dengan gambar berbentuk V berwarna merah di atasnya, kontras dengan latarnya yang bertekstur kasar. Setelah sebelumnya dikonfirmasi bahwa lagu debut mereka akan bergenre hip-hop yang intens, kemunculan poster itu memicu imajinasi para penggemar tentang bagaimana Babymonster akan meninggalkan kesan perdana mereka secara resmi.

Menurut YG, proses syuting video musik Babymonster telah diselesaikan. Lewat video tersebut, kepribadian masing-masing anggota serta identitas sebagai satu tim diharapkan bisa diungkapkan secara benar. 

Mengutip Kbizoom, kehadiran Babymonster telah dinanti-nanti para penggemar, tak hanya dari Korea Selatan, tetapi juga dari mancanegara. Dengan anggota multinasional, yakni Korea, Thailand, dan Jepang, media AS, Billboard, bahkan menggambarkan grup tesebut sebagai 'artis K-pop yang wajib ditonton' karena mereka akan 'menciptakan gelombang baru dalam genre K-pop'.

Mengantisipasi debut Babymonster, YG menyatakan, "Kami memberikan dukungan dan upaya terbaik untuk membalas penantian para penggemar kami," seraya menambahkan, "Kami berencana untuk mempercepat bagian akhir pekerjaan untuk mempersembahkan hasil terbaik pada hari debut resmi. Kami meminta banyak perhatian terhadap promosi yang akan diumumkan secara bertahap di masa depan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Molor dari Jadwal Awal

Bulan Juli lalu, YG Entertainment sesumbar bahwa grup bungsu alias maknae di agensi mereka, Babymonster, akan debut pada September 2023. Namun sampai September habis dan berganti menjadi Oktober, belum juga ada kejelasan dari agensi ini.

Akhirnya, YG Entertainment buka suara pada Selasa, 10 Oktober 2023. Agensi Blackpink ini merilis teaser poster bertuliskan “Babymonster Coming Soon” dan mengabarkan bahwa debut grup ini akan dihelat pada November.

Lantas apa alasan debut ini telat dari jadwal sebelumnya? "Kami begitu berhati-hai dalam menyeleksi title track demi membalas (penggemar) dengan hasil terbaik," begitu pernyataan YG Entertainment.

Ditambahkan, "Konsekuensinya, debut [grup ini] sedikit tertunda dari September seperti yang kami informasikan sebelumnya, dan memohon pengertian penggemar."

YG Entertainment juga menambahkan bahwa semua persiapan telah beres. Saat ini, member Babymonster sedang bersiap latihan koreografi untuk title track dan akan mulai syuting video musik pada akhir Oktober. "Begitu debut digelar pada November, mereka akan terus melaju dengan kecepatan tinggi, jadi kami mohon perhatiannya," begitu pernyataan YG Entertainment, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Line-up Member Babymonster

YG Entertainment merilis daftar anggota final Babymonster pada Jumat tengah malam, 12 Mei 2023, waktu Seoul. Melansir NME, klip berdurasi 11 menit ini dipandu pendiri YG Entertainment, Yang Hyun Suk, yang mengungkap personel grup satu per satu di sepanjang video.

Di paruh pertama klip, Yang menyebutkan lima trainee yang akan jadi member BABYMONSTER: Ahyeon, Ruka, Chiquita, Haram, dan Pharita. Melansir Koreaboo, Ahyeon adalah personel pertama yang diumumkan, dan Yang tidak bisa berhenti memujinya karena serba bisa. Ia menjelaskan bahwa keahlian Ahyeon membuatnya memiliki kemampuan untuk jadi seorang pemimpin.

Anggota berikutnya adalah Ruka. Selain popularitas, ia juga dipuji karena banyak pesona. Lalu, ada Chiquita. Meski ia adalah member termuda, yang saat itu masih berusia 14 tahun, dengan waktu pelatihan terpendek, perempuan Thailand ini dipuji atas perkembangan dan potensinya.

Personel selanjutnya yang diungkap adalah Haram. Ia dipuji karena menguasai semua lagu yang dibawakan dan menjadikannya miliknya sendiri. Selanjutnya, Pharita dinilai akan membantu citra global BABYMONSTER.

Produser itu kemudian mengeluarkan papan yang menampilkan ketujuh trainee BABYMONSTER dan mengonfirmasi bahwa semua anggota akan debut di grup idol K-pop yang akan datang. "Saya akan mengambil ketujuh dari mereka," katanya. Dua terakhir adalah Rora dan Asa.

4 dari 4 halaman

Penerus Kejayaan Blackpink?

BABYMONSTER akan jadi girl group pertama yang debut di bawah YG Entertainment sejak BLACKPINK pada 2016. Agensi itu mulai menggoda eksistensi grup ini pada awal 2023. Kala itu, pihaknya merilis foto mengenai girl band tersebut dan membuat publik terkejut, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Pasalnya, perilisannya bertepatan dengan informasi iKON tidak lagi memperpanjang kontrak. Pada 2 Januari 2023, YG Entertainment merilis beberapa video teaser dengan mereka akan memperkenalkan girl group tersebut dengan nama BABYMONSTER.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa artis YG Entertainment. Salah satunya BLACKPINK yang turut mengutarakan pendapat mereka mengenai grup ini. Lisa bahkan terlihat memberikan arahan dance pada grup tersebut. "Tidak perlu diragukan lagi bagaimana hebatnya keahlian mereka," kata Hoony WINNER.

"Mereka sangat bagus dalam ekspresi dan gerakan yang bisa mencuri perhatian banyak orang," kata Lee Suhyun AKMU. "Ketujuh personelnya sangat akrab satu sama lainnya," ujar Lisa BLACKPINK, sedangkan rekannya, Jennie, berkata, "Secara keseluruhan, mereka bagus banget."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini