Sukses

Sempat Bikin Heboh pada 2019, Para Pelaku Pencurian Toilet Emas Senilai Hampir Rp100 Miliar Akhirnya Didakwa

Kejaksaan Kerajaan Inggris akhirnya mengesahkan dakwaan terhadap empat pria sehubungan dengan pencurian toilet emas senilai Rp92,3 miliar yang terjadi pada 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Toilet emas 18 karat yang masih berfungsi dan digunakan sebagai sebuah karya seni bernilai 5,9 juta dolar AS atau setara Rp92,3 miliar dicuri pada 2019 dari pameran di sebuah rumah megah di Inggris. Kejadian empat tahun lalu itu terjadi saat pameran seni di Istana Blenheim, tempat kelahiran Winston Churchill, mendiang Perdana Menteri di era Ratu Elizabeth II.

Pada Senin, 6 November 2023 pihak berwenang akhirnya mengesahkan dakwaan terhadap empat pria sehubungan dengan pencurian toilet emas. Toilet yang merupakan karya seni dari seniman konseptual Italia Maurizio Cattelan, berjudul "Amerika" itu telah dipamerkan di istana yang berlokasi di Oxfordshire, Inggris.

Mengutip dari laman The New York Times, Selasa, 7 November 2023, Britain's Crown Prosecution Service mengatakan dalam rilis berita bahwa mereka telah mendakwa James Sheen (39), dengan perampokan, konspirasi untuk mentransfer properti kriminal dan mentransfer properti kriminal; Michael Jones (38), dengan perampokan; dan Fred Doe (35), dan Bora Guccuk, (39), dengan konspirasi untuk mengalihkan properti kriminal.

Keempat pria tersebut akan hadir di pengadilan di Oxford, Inggris, pada 28 November 2023 untuk tahap pertama dari proses pidana yang berpotensi memakan waktu lama. Sistem pengadilan Inggris mempunyai banyak kasus yang menumpuk. 

Toilet tersebut menjadi berita utama di seluruh dunia jauh sebelum dicuri. Pada 2016, Cattelan memasangnya di Museum Solomon R. Guggenheim di New York, dan menjadi sensasi media sosial, dengan pengunjung mengantre untuk melihatnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Seniman Saat Tahu Toilet Dicuri

Pada September 2019, toilet dipamerkan sebagai bagian dari pameran karya Cattelan di Istana Blenheim, rumah megah keluarga Churchill. Toilet sudah terpasang, sehingga ketika pembongkarannya saat penggerebekan dini hari, menyebabkan banjir kecil.

Tak lama setelah perampokan, Cattelan mengatakan kepada The New York Times melalui email bahwa reaksi pertamanya adalah menganggap itu hanya lelucon. "Siapa yang begitu bodoh mencuri toilet?" dia berkata. Dia "sesaat lupa bahwa itu terbuat dari emas," tambahnya.

Cattelan kemudian mengatakan toilet tersebut adalah salah satu dari tiga versi yang dibuat. Mengenai toilet emas, sebetulnya ada beberapa orang kaya di dunia yang memilikinya.

Salah satunya pemimpin Rusia, Vladimir Putin. Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, Selasa, 7 November 2023, ia telah berkuasa di Rusia selama 17 tahun dan telah mengumpulkan kekayaan pribadi seperti rumah, armada kapal pesiar, mobil, serta istana presiden rahasia senilai miliaran pound.

Bukan hanya itu saja, Putin dikabarkan memiliki toilet emas murni padahal gaji resmi sebagai presiden Rusia sangat sederhana sekitar 100 ribu Euro atau setara Rp2 miliar per tahun. 

3 dari 4 halaman

Kekayaan Putin hingga Punya Toilet Emas

Mantan penasihat pemerintah Rusia Stanislav Belkovsky pun memperkirakan kekayaan Putin ada di kisaran 51 miliar Euro. Sementara manajer hedge fund AS Bill Browder mengatakan kepada The Washington Post bahwa itu lebih seperti 147 miliar Euro.

Investigasi baru-baru ini oleh Forbes mengeksplorasi teori mengenai bagaimana Putin mengumpulkan kekayaan dengan cara memalukan. Mikhail Khodorkovsky, yang pernah diyakini sebagai orang terkaya di Rusia dengan kekayaan sekitar 11 miliar Euro, dijebloskan ke penjara oleh Putin pada 2003 atas tuduhan penipuan dan penghindaran pajak.

Khodorkovsky, yang selalu membantah tuduhan tersebut, menghasilkan uang lewat kepemilikan ladang minyak. Dia dipenjara hanya beberapa bulan setelah mengkritik Putin pada sebuah pertemuan, menyatakan bahwa Rusia korup.

Browder percaya kalau Putin mungkin menggunakan penangkapan ini untuk membuat kesepakatan dengan semua oligarki kaya Rusia lainnya. "Kesepakatannya adalah 'Anda memberi saya 50 persen dari kekayaan Anda dan saya akan membiarkan Anda menyimpan 50 persen lainnya," ungkap Browder kepada Forbes.

"Jika tidak, dia akan mengambil 100 persen kekayaanmu dan menjebloskanmu ke penjara," imbuh Browder.

4 dari 4 halaman

Sikat Toilet Bersepuh Emas

Tampaknya orang akan memerhatikan sesuatu yang terkait emas, lantaran dulu merupakan alat tukar dan berhubungan dengan kekayaan seseorang. Pada 18 Februari 2022, J-Hope BTS yang berulang tahun ke-29, mendapatkan kado dari Jin, anggota tertua Bangtan Boys.

Supaya diingat dalam waktu lama, kado yang dipilihkannya pun tak biasa. Ia menghadiahi penari utama BTS tersebut sebuah sikat toilet bersepuh emas. Sontak, kado itu membuat J-Hope tersenyum lebar sekaligus geleng-geleng kepala atas ulah sang hyung. Ia mengungkapkan perasaannya melalui Instagram Story.

"Sebuah (kado) yang bersinar seperti wajahnya. Tidak akan lagi khawatir soal membersihkan toilet... Terima kasih Jin," tulisnya sembari menunjukkan sikat toilet yang dimaksud.

Meski terlihat lucu-lucuan, harga sikat toilet emas itu tak murah. Mengutip dari laman meaww.com, sikat toilet yang dinamai Merdolino Gold itu didesain oleh Stefano Giovannoni.

Perabot kamar mandi itu adalah bagian koleksi sang desainer yang diluncurkan pada 1992. Sikat itu tersedia cuma sebanyak 999 buah di seluruh dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini