Sukses

Gelar Miss Grand International 2023 Disabet Aktris Peru Luciana Fuster, Wakil Indonesia Terhenti di Top 10

Gelar Miss Grand International 2023 sukses disabet oleh wakil dari Peru, Luciana Fuster. Penobatan pemenang ajang kontes kecantikan tersebut berlangsung di Phú Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Miss Grand International 2023 sukses disabet oleh wakil dari Peru, Luciana Fuster. Penobatan dalam kontes kecantikan tersebut berlangsung di Phú Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Pada malam penganugerahan Miss Grand International 2023, Luciana Fuster mantap mengungguli 68 kontestan lainnya dari seluruh dunia. Mahkota kemenangan diserahkan oleh Miss Grand International 2022 Isabella Menin yang berasal dari Brasil.

Posisi runner-up 1 diraih oleh Ni Ni Lin Eian (Myanmar), runner-up 2 Maria Alejandra Lopez (Colombia), runner-up 3 Sthephanie Miranda (Amerika Serikat), dan runner-up 4 Lê Hoàng Phương (Vietnam). Sementara, langkah wakil Indonesia Ritassya Wellgreat terhenti di Top 10.

Lantas, siapa Luciana Fuster? Pemilik nama lengkap Luciana Fuster Guzmán ini lahir di Callao, Peru pada 14 Januari 1999. Ia merupakan model sekaligus aktris yang pernah membintangi beberapa peran.

Dikutip dari IMDb, Kamis (26/10/2023), Luciana sempat memerankan karakter di film "Prohibido Salir" (2023) dan "Una Comedia Macabra" (2017). Ia juga tampil di TV series bertajuk "Esto es Guerra" dan "Combate".

Sementara dilansir dari Conan Daily, Luciana terjun sebagai model pada 2013 lalu. Ia juga akrab dengan kontes kecantikan dan pernah mengikuti beberapa ajang ini sebelumnya. Ia mewakili Callao di Miss Teen Model Peru 2015 dan memenangkan gelar tersebut. Kemudian, Luciana mewakili Peru di Miss Teen International 2015 di Kosta Rika, namun tidak memenangkan gelar itu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Miss Grand International 2023

TOP 5

Kolumbia

Peru

Amerika Serikat

Myanmar

Vietnam

TOP 10

Myanmar (Miss Popular Vote)

Belanda

Angola

Kolumbia

Thailand

Amerika Serikat

Vietnam

Indonesia

Republik Dominika

Peru

TOP 20

Myanmar

Amerika Serikat

Puerto Riko

Nigeria

Republik Ceko

Indonesia

Honduras

Laos

Republik Dominika

Kolumbia

India

Ukraina

Thailand

Peru

Angola

Belanda

Uzbekistan

Perancis

Spanyol

Vietnam

Special Awards:

Best in National Costume: Jepang, Nigeria, Vietnam

Country's Power of the Year: Myanmar

Best in Swimsuit: Republik Dominika

Miss Popular Vote: Myanmar

Best in Evening Gown: Rusia

Grand Voice: Ghana

Miss Grand International 2024 akan menjadi edisi ke-12 dari kontes Miss Grand International, akan diadakan di Yangon, Myanmar pada 25 Oktober 2024. Ini menjadikan momen kedua kali bagi Myanmar untuk menjadi tuan rumah kontes Miss Grand International.

Menurut Bright TV, setelah mahkota pemenang utama kontes generasi ke-4 dirilis pada Juni 2022, presiden kontes, Nawat Itsaragrisil, juga menyatakan bahwa negara tuan rumah Miss Grand International 2025 sudah diputuskan, tetapi belum dapat diumumkan saat ini karena beberapa perjanjian kontrak.

3 dari 4 halaman

Mahakarya The Goddess of the Sun untuk Ritassya Wellgreat dalam Miss Grand International 2023

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, Ritassya Wellgreat, yang dinobatkan sebagai Miss Grand Indonesia 2023, menjelma menjadi perwakilan Indonesia yang memukau dalam ajang Miss Grand International 2023. Perempuan asal Palembang ini berhasil mencuri perhatian dalam setiap sesi penilaian kompetisi kecantikan internasional tersebut, termasuk saat National Costume Competition yang berlangsung pada Jumat, 20 Oktober 2023 di Phú Thọ Indoor Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam.

Pada malam National Costume Competition, Ritassya berkilau di antara 68 peserta lainnya. Perempuan berusia 22 tahun ini mengenakan Kostum Nasional dengan tema "The Goddess of the Sun." Ivan Gunawan, pendiri Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, menjelaskan bahwa inspirasi untuk kostum ini berasal dari Dewi Matahari.

"Kita hidup di Indonesia yang diberkahi dengan kehangatan sinar matahari yang memiliki banyak manfaat. Dari sinilah muncul ide untuk membuat mahakarya budaya yang mempesona sekaligus mengangkat tema mitologi Indonesia tentang Dewi Matahari. Saya berharap, kostum ini bisa membuat Ritassya bersinar dan memberikan kehangatannya seperti Matahari di ajang Miss Grand International 2023," katanya melalui ketarangan resmi yang diterima Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Mahakarya Khusus

Kostum nasional "The Goddess of the Sun" untuk Miss Grand Indonesia 2023 dirancang oleh desainer aksesoris ternama dunia, Rinaldy Yunardi. Kostum ini merupakan persembahan untuk Indonesia, menampilkan kekayaan sejarah, keindahan alam, dan kehangatan sinar matahari yang abadi, menjadikannya sebagai sebuah mahakarya sejati di panggung dunia.

Setiap detail kostum ini dirancang sebagai karya seni yang penuh makna, dengan korset berhias pelat emas yang mencerminkan energi Matahari, serta alur gaun yang mengalir bagaikan sungai emas. Untuk aksesoris kostum dan kepala, Rinaldy juga menambahkan filigree dan kembang goyang khas Indonesia.

"Kita semua mengenal Rinaldy Yunardi, seorang desainer aksesoris yang karyanya sudah mendunia dan dipakai oleh selebriti di dunia. Kali ini di tangannya lahir sebuah mahakarya yang dipersembahkan khusus untuk penampilan Ritassya di ajang Miss Grand International 2023."

"Ngga cuma merancang kostum dengan aksesori yang bagus, di sini Rinaldy memberikan sentuhan khusus di mana setiap detail tuh ada maknanya, dan semuanya demi kebanggaan Indonesia," ujar Ivan.

Karya Rinaldy Yunardi banyak dipakai selebriti dunia, seperti Taylor Swift, Lady Gaga, Beyonce, Madonna, Paris Hilton, Katy Perry, Shakira, Nicki Minaj, Christina Aguilera, hingga Mariah Carey, telah mengenakan hasil karyanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini