Sukses

Garuda Indonesia Travel Fair 2023 Serentak Digelar di 7 Kota, Bisa Berburu Tiket Pesawat untuk Terbang Tahun 2024

Garuda Travel Fair (GATF) pertama kalinya diselenggarakan secara luring di tujuh kota. Pameran di Jakarta akan menghadirkan booth pengurusan paspor instan di lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) kembali digelar pada 27--29 Oktober 2023. Pada penyelenggaraan tahun ini, pameran perjalanan itu tidak hanya digelar di satu kota, melainkan tujuh kota sekaligus. 

Vice President Corporate & Channel Garuda Indonesia Arsena Permasadhie menyebutkan ketujuh kota dimaksud adalah Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Jayapura.

"Kita pilih tempat atau lokasi yang secara transaksi dan visitornya memang ramai. Di kota-kota ini, minatnya paling tinggi dan banyak terkoneksi ke banyak daerah," ia menjelaskan dalam jumpa pers GATF di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

GATF 2023 Jakarta digelar di Hall 3 dan 3A ICE BSD, Serpong, Tangerang. Maskapai pelat merah itu menggandeng Bank Mandiri dalam merancang acara dan penawaran terbaik untuk konsumen, termasuk kesempatan memperoleh diskon tiket pesawat hingga 80 persen. Tiket itu berlaku untuk terbang hingga Oktober 2024.

"Tidak hanya rute domestik, tetapi juga rute internasional dan rute konektivitas yang menjadi mitra kita," sambung Arsen.

Berbeda dari penyelengggaraan sebelumnya, GATF 2023 mengusung konsep one stop shopping experience. Selain tiket pesawat, konsumen juga bisa mencari akomodasi, koper, hingga mengurus paspor. Arsen mengungkapkan bahwa pihak Imigrasi akan membuka booth layanan paspor instan untuk mengakomodir pelancong yang membutuhkannya. 

"Kita baru spill, nanti update-nya akan disampaikan di Instagram Garuda Indonesia," ujar dia seraya menambahkan bahwa pengunjung bisa menikmati konser musik hingga wisata kuliner di lokasi. Harga tiket masuk ke venue GATF 2023 Jakarta adalah Rp25 ribu atau Rp1 bagi pengguna QRIS Livin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rute Domestik Diperkirakan Masih Paling Diminati

SVP Credit Cards Group Bank Mandiri Erin Young menyambut baik pameran yang sudah berlangsung sejak 2008. Berkaca pada pengalaman kerja sama pada tahun lalu, ajang tersebut dipandang memberi hasil yang luar biasa bagi kedua pihak. "Kita pilih partner yang tepat. Semoga jadi hal positif," ucapnya.

Erin mengungkapkan bahwa penjualan tiket pesawat rute domestik menjadi yang terbesar selama penyelenggaraan tahun lalu. Pertumbuhannya kurang lebih 63 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Karena itu, ia meyakini bahwa penjualan rute domestik juga masih akan dominan pada ajang tahun ini.

"Targetnya kalau secara visitor minimum dikunjungi 55 ribu orang. Transaksinya lebih besar, angkanya roughly di angka Rp80 miliar, itu hanya di Jakarta," imbuh Arsen.

Erin menambahkan penyelenggaraan di tujuh kota juga berdasarkan masukan para nasabahnya. Prospeknya pun menjanjikan. Jayapura, misalnya, memiliki pembelanjaan tiket lumayan tinggi. "Karena mereka sangat mobile," sahutnya.

GATF 2023 menyiapkan 30 ribu kursi untuk diperjualbelikan. Bank Mandiri menyiapkan beragam promo selain cicilan 0 persen hingga 12 bulan, di antaranya cashback hingga Rp4,25 juta untuk pengguna kartu kredit dan debit Mandiri, serta diskon 25 persen bagi pengguna Livin'.

3 dari 4 halaman

Dukung Wisata Domestik

Arsen menekankan bahwa pelaksanaan travel fair itu untuk mendukung industri pariwisata dalam negeri. Untuk itu, mereka memberi perhatian lebih pada lima destinasi super prioritas dengan memberikan harga-harga khusus di rute tersebut.

"Komitmen Garuda Indonesia diwujudkan bersama mandiri pada 2022 dengan 11 program. Tapi dari saat ini sampai 2024, kita akan membuat travel fair hingga 17 kali," ujarnya.

Selain pemberian penawaran menarik dalam mengakses tiket penerbangan, Garuda Indonesia juga memberikan Welcome Bonus 600 miles bagi anggota baru GarudaMiles junior yang mendaftar selama periode program, juga Welcome bonus 2023 miles bagi anggota baru GarudaMiles Regular yang mendaftar selama periode GATF 2023.

Sejumlah penawaran khusus untuk tiket penerbangan pada gelaran GATF adalah sebagai berikut:

  • Jakarta - Labuan Bajo pp mulai dari Rp2 jutaan
  • Jakarta - Denpasar pp mulai dari Rp1 jutaan
  • Jakarta - Makassar pp mulai dari Rp2 jutaan
  • Jakarta - Surabaya pp mulai dari Rp1 jutaan
  • Jakarta - Sorong pp mulai dari Rp3 jutaan
  • Jakarta - Melbourne pp mulai dari Rp7 jutaan
  • Jakarta - Hong Kong pp mulai dari Rp4 jutaan
  • Jakarta - Singapura pp mulai dari Rp2 jutaan
  • Jakarta - Seoul pp mulai dari Rp6 jutaan
4 dari 4 halaman

Tren Wisata 2023

Dalam kesempatan terpisah, Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, workation, sport tourism dan bleisure diprediksi jadi tren wisata 2023. Ia menambahkan, workation merupakan sebuah konsep yang menggabungkan bekerja dengan unsur liburan.

Sejak pandemi, sejumlah perusahaan menerapkan sistem kerja hibrida, atau yang lebih dikenal dengan bekerja dari mana saja. Hal tersebut memungkinkan seseorang tetap bisa liburan, meski sambil bekerja. Hal yang demikian diyakini bisa meningkatkan produktivitas, lantaran jauh dari kebosanan.

"Mereka yang workcation biasanya punya tiga pertimbangan utama dalam memilih hotel, yaitu jaringan internet atau Wi-Fi yang stabil, tempat bekerja, seperti meja kerja yang memadai, dan background yang bagus, yang Instagramable buat Zoom meeting," ungkap Shirley.

Kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat menjadikan sport tourism semakin diminati. Sport tourism merupakan wisata yang dikombinasikan dengan olahraga. Sport tourism ini termasuk kegiatan traveling dengan tujuan terlibat dalam suatu acara olahraga.

Sementara, bleisure merupakan gabungan antara business (bisnis) dan leisure (liburan). Konsep ini hampir mirip dengan workation, tapi bleisure lebih seperti perjalanan dinas yang memungkinkan pelakunya menjelajahi dan mencicipi kuliner khas di lokasi sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini