Sukses

Genki Sushi Academy Hadir dengan 3 Jenjang Kelas, Punya Misi Ajarkan Masyarakat Buat Sushi di Rumah

Genki Sushi menghadirkan tiga level kelas dengan beragam tingkat kesulitan. Ketiga kelas tersebut diberi label sebagai Junior (Rp128 ribu), Master (Rp148 ribu), dan Boss (Rp168 ribu).

Liputan6.com, Jakarta - Restoran makanan Jepang Genki Sushi kini menambahkan inovasi dengan meresmikan program baru yang diberi nama "Genki Sushi Academy". Program ini merupakan sebuah kelas memasak sushi yang ditujukan bagi para pengunjung yang ingin lebih mendalami seni pembuatan makanan ikonik dari Jepang ini.

Pada awalnya, Genki Sushi hanya menawarkan satu kelas "Sushi Class" yang mengajarkan dasar-dasar pembuatan sushi. Dalam kelas tersebut, pelanggan diberi kesempatan untuk belajar langsung dari chef Genki Sushi yang memiliki keahlian dan pengalaman panjang dalam bidang sushi.

Namun, melihat antusiasme yang besar dari para pelanggan, Genki Sushi tahun ini memutuskan untuk meningkatkan program mereka. Mereka menghadirkan tiga level kelas dengan beragam tingkat kesulitan, mulai dari level pemula, menengah, hingga mahir. Ketiga kelas tersebut diberi label sebagai Junior, Master, dan Boss.

"Tujuannya jelas, Genki Sushi ingin para penggemarnya tidak hanya sekadar menikmati makanan, tetapi juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat sushi. Masyarakat juga bisa membuat sushi di rumah," kata Siti Ayu Rakhmi, selaku Marketing Manager Genki Sushi ketika ditemui di Genki Sushi Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Oktober 2023.

Ayu menjelaskan bahwa di program baru ini, Genki Sushi punya tiga level yang bisa diikuti customer, dengan menu berbeda-beda dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula.

"Untuk kategori Junior, harga program dipatok sebesar Rp128 ribu, Master dengan harga Rp148 ribu, dan Boss sebesar Rp168 ribu. Setiap pelanggan wajib mengikuti level terendah atau Junior terlebih dahulu sebelum mencoba kelas di level lanjutan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Tingkatan Kelas

Melalui Sushi Academy, Ayu berharap para penggemar Sushi dan Genki Sushi akan mendapatkan pengalaman menarik dan berharga. Berikut ulasan mengenai tiga tingkatan kelas yang disediakan:

  • Junior

Junior adalah kelas dengan tingkat kesulitan terendah, para peserta akan menggunakan apron berwarna kuning dan akan membuat 3 menu yang terdiri dari Corn Gunkan, Egg Nigiri dan Supreme Crunchy Shrimp Tempura Roll.

  • Master

Master menjadi kelas yang memiliki tingkat kesulitan menengah, peserta akan menggunakan apron berwarna merah dan akan membuat 3 menu yaitu Supreme California Roll, Tamago Roll dan Tuna Salad Gunkan.

  • Boss

Level tertinggi dan terakhir adalah Boss, dengan tingkat kesulitan melebihi 2 kelas sebelumnya, Di level ini para peserta akan menggunakan apron hitam dan membuat 3 menu yang terdiri dari California Hand Roll, Twin Maguro dan Supreme Teriyaki Gyuniku Roll.

Sebagai bentuk apresiasi dan progres, setiap peserta yang telah menyelesaikan satu kelas akan diberikan report card dengan stempel stiker sebagai bukti bahwa mereka dapat melanjutkan ke kelas berikutnya.

Namun, agar kelas dapat berjalan, dibutuhkan minimal empat orang peserta dalam satu sesi. Bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti, perlu diingat untuk melakukan pemesanan atau booking setidaknya tujuh hari sebelum kelas dimulai di laman resmi Genki Sushi.

3 dari 4 halaman

Tips Pembuatan Sushi

Dalam hal pengakuan dan reward, setiap peserta yang telah menyelesaikan setiap level akan diberikan sertifikat elektronik dan resep dalam bentuk elektronik. Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan apron khusus sesuai dengan level yang mereka ikuti.

"Tidak ada batasan usia bagi pelanggan yang tertarik mengikuti program ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua dapat mengikuti kelas ini," ucap Ayu.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses pembuatan sushi:

1. Pisau yang Tajam

Pastikan Anda memiliki pisau yang sangat tajam khusus untuk memotong sushi. Ini penting untuk mendapatkan potongan ikan yang bersih dan rapi.

2. Teknik Gulungan

Gunakan mat (Makisu) untuk membantu menggulung sushi dengan tekanan yang merata. Pastikan tidak menggulung terlalu ketat atau terlalu longgar.

3. Pengaturan Nori

Ketika menggunakan lembaran nori, pastikan sisi yang kasar menghadap ke atas, sehingga nasi dapat menempel dengan baik.

4. Jangan Berlebihan dengan Isian

Hindari keinginan untuk memasukkan terlalu banyak isian ke dalam sushi. Lebih sedikit isian biasanya memberikan hasil gulungan yang lebih rapi dan seimbang.

5. Latihan

Seperti kebanyakan keterampilan, semakin Anda berlatih, semakin baik pula kemampuan Anda. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai isian dan teknik.

4 dari 4 halaman

Kampanye

Sementara itu, kampanye "From Japan to You" dari Genki Sushi memasuki pemberhentian terakhir di 2023, yakni Tokyo. Sebelumnya, kampanye tersebut telah menghadirkan menu dari dua wilayah lain di Negeri Sakura, yaitu Hokkaido dan Osaka.

Marketing Manager Genki Sushi Siti Ayu Rakhmi mengungkapkan bahwa kampanye yang disuguhkan di tahun ini untuk kembali menyoroti bahwa Genki Sushi asli dari Jepang. Melalui tagline "Every Stop Hits the Spot", restoran ini menyajikan deretan makanan khas Jepang dengan beragam sentuhan otentik dari Negeri Matahari Terbit.

"Makanan-makanan terinspirasi makanan Tokyo yang identik Jepang banget, seperti sushi. Menunya mostly sushi dan platter," kata Ayu saat ditemui di Genki Sushi Kuningan City, Jakarta Selatan, Rabu, 20 September 2023.

Pemilihan menu itu, dikatakan Ayu, karena santapan orang Jepang identik dengan platter atau moriawase. Maka itu, pihaknya membuat makanan dibuat aneka variasi dalam satu piring. "Moriawase itu istilah Jepang yang berarti platter atau satu piring ada macam-macam menu," kata Ayu.

Ia menambahkan, "Sushi menonjolkan freshness dan meminimalisir penggunaan mayo. Ini lebih ke selera lokal Jepang dengan freshness dan sushi."

Ada 16 menu terinspirasi Tokyo yang terdiri atas empat makimono roll, lima platter, tiga hand roll, dua gunkan, satu soba, dan satu dessert. Menu kampanye aneka sushi ini hadir dengan edisi terbatas yang dirilis pada 18 September 2023 dan akan berakhir pada 18 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini