Sukses

Penampilan Unik Pj Gubernur DKI Heru Budi di Istana Berbatik Sukses Bikin Jokowi Tertawa

Heru Budi Hartono tampak memakai kumis dan jenggot palsu ketika ikut melakukan catwalk di acara Istana Berbatik yang disaksikan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Istana Merdeka Jakarta menggelar acara Istana Berbatik untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2023. Para menteri, gubernur, hingga pejabat gubernur melenggang di catwalk dalam acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Para gubernur dan pejabat gubernur tampak mulai berjalan melakukan aksi catwalk ditemani dengan sang istri dan anak. Mereka kemudian memberikan salam atau penghormatan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'aruf Amin beserta istri yang duduk di kursinya.

"Parade batik nusantara yang menonjolkan keunikan dari Indonesia mulai dari Aceh sampai dengan Papua yang akan dibawakan oleh gubernur Indonesia," ucap host Raffi Ahmad, Minggu 1 Oktober 2023 dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi bersama Iriana Jokowi tampak tersenyum ketika melihat aksi catwalk para gubernur di acara Istana Berbatik.  Dalam satu kesempatan, ada gubernur yang membuat Jokowi dan Iriana sempat bingung melihatnya. Awalnya, keduanya penasaran dengan sosok pria yang tampil bersama istri dan kedua anaknya itu.

Pria itu ternyata Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Dia tampak memakai kumis dan jenggot palsu serta topi hitam dan memegang tongkat kecil ketika catwalk.

Dia memberikan hormat ke Jokowi dan istri. Ia juga melepas topinya menandakan penghormatan untuk Jokowi. Presiden Jokowi dan ibu Iriana pun tampak kaget dan kemudian tertawa melihat ulah Heru Budi Hartono.

Heru Budi sebenarnya telah memberitahukan identitasnya lewat atasan yang dikenakannya. Ia mengenakan batik berwarna silver dan cokelat dengan gambar ondel-ondel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batik Jadi Bagian dari Kehidupan Masyarakat

Melalui Istana Berbatik, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan Warisan Budaya Takbenda Dunia, dengan simbolisme, teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," kata Jokowi dalam kata sambutannya di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Istana Berbatik Angela Tanoesoedibjo turut menyampaikan laporan kegiatan terkait acara ini. "Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan ragam batik Nusantara yang sarat akan makna, filosofis, dan keindahannya tak lekang oleh waktu," terangnya pada kesempatan yang sama.

Angela mengungkapkan bahwa pada pagelaran ini dapat disaksikan batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari masa ke masa, generasi ke generasi. Batik juga telah menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia.

"Catwalk Istana Berbatik adalah sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. Istana Berbatik akan menampilkan koleksi-koleksi terbaik dari berbagai kerajaan, UMKM binaan Bank Indonesia dan BRI, serta batik karya-karya perancang busana Indonesia," terang Angela.

 

3 dari 4 halaman

Penampilan Para Artis Berbatik

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan, "Pergelaran busana malam ini melibatkan 503 peraga istimewa, termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri, wakil menteri, para ibu OASE, para gubernur, para pejabat kementerian/lembaga dan daerah serta BUMN, public figure, atlet, dan model."

Penampilan para selebritas juga ikut menarik perhatian seperti halnya para menteri dan gubernur. Salah satunya adalah Astrid Tiar. Bersama Raffi Ahmad, Astrid Tiar jadi pembawa acara.

Outer lengan balonnya, yang berlatar gelap berpadan motif warna emas dan abu, disebut merupakan batik tulis Kudus yang dipakai bersama inner putih brokat.  Penampilannya kian elegan dengan penataan rambut sanggul rendah dan makeup bernuansa merah muda nan segar.

Ada juga Chef Arnold Poernomo yang berdampingan dengan Aming dan Lukman Sardi. Chef Arnold tampil cukup mencolok dengan atasan batik yang dipakai di atas kemeja merah mudanya yang menyembul di bagian kerah. Ia juga melilit kain batik berwarna kontras di pinggangnya yang kemudian berpadan selaras dengan celana panjang gelap yang dikenakan.  

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Konsumsi Batik

Acara ditutup dengan peragaan busana oleh model-model profesional yang mengenakan koleksi busana karya dari para desainer ternama Indonesia, seperti Oscar Lawalata Culture, Danar Hadi, Bin House, Iwan Tirta Private Collection, dan Era Soekamto. Sementara, Hari Batik Nasional 2023 telah memasuki tahun ke-14 setelah batik Indonesia ditetapkan sebagai karya agung Warisan Budaya Takbenda untuk Kemanusiaan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Angela Tanoesoedibjo dalam keterangannya pada Jumat, 29 September 2023, menyebut bahwa adanya Istana Berbatik ini diharapkan menjadi bukti keperpihakan pemerintah pada perajin batik terutama UMKM ekonomi kreatif. Event itu juga sebagai ajang promosi ke dunia untuk meningkatkan konsumsi batik baik di dalam maupun luar negeri.

"Kami merancang (event) ini semua dengan pesan batik adalah warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu, terus relevan dari masa ke masa dengan dukungan masyarakat Indonesia yang senantiasa memakai batik dan mempromosikannya ke pasar Internasional," pungkas Angela.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini