Sukses

Jokowi Unggah Ilustrasi Hari Batik Nasional 2023, Gaya Kucing Oyen Bikin Warganet Salah Fokus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagikan unggahan di Instagram dalam menyambut Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada hari ini, Senin (2/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membagikan unggahan di Instagram pada hari ini untuk menyambut Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada hari ini, Senin (2/10/2023). Ilustrasi tersebut menggambarkan tiga buah pondok dengan kegiatan membatik di dalamnya.

Pada pondok pertama menunjukkan pameran kain dan baju batik dan dua pondok lainnya menampilkan para perajin tengah membatik. Ada pula aktivitas mencelup batik dan ilustrasi pepohonan hijau.

"Batik adalah jendela kebudayaan Indonesia. Melalui motif dan warnanya yang sarat filosofi, yang terpampang indah di atas bentangan kain dan telah diterapkan pula di berbagai medium, batik membawa wajah Indonesia ke hadapan dunia. Dengan segenap kelebihan dan keunikannya itu, keindahan batik bertahan melintasi zaman," bunyi keterangan dalam unggahan Jokowi.

Tepat di sisi kiri bawah, ada gambar tiga ekor kucing yang terlihat duduk saling bertumpuk. Masing-masing dari kucing ada yang menggunakan bandana yang mengalungi leher hewan berkaki empat yang tingkahnya kerap menggemaskan. Warganet salah fokus dan perhatian mereka langsung tertuju pada ketiga ekor kucing oyen itu.

 

Kolom komentar unggahan itu dibanjiri dengan beragam tanggapan kocak warganet. "Kucingnya ditumpuk gitu kayak "We Bare Bears" 😂," komentar salah seorang warganet.

Komentar lainnya berbunyi, "Kalian pasti cari oyen 🐈 😂."

"Oyeen berkumpul bareng sanak saudaranyaa ❤️ dan pake batik 🔥," komentar warganet lainnya.

Tanggapan lainnya tertulis, "oyen dkk lagi santai pake syal batik😍🥰."

"Pak @jokowi keren banget kucing2nya pake syal batik 😂😂😂," terang warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kucing Oyen Eksis di Ilustrasi Spesial Hari Kemerdekaan Indonesia

Sebelumnya, Jokowi meneruskan tradisi membagikan gambar ilustrasi, yang kali ini dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia hari ini, Kamis, 17 Agustus 2023. Seperti sebelum-sebelumnya, ada satu karakter yang membuat warganet salah fokus, yakni kucing oyen.

Di keterangan unggahannya, Rabu, 16 Agustus 2023, Jokowi menulis, "Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia besok (Kamis) akan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta. Anda bisa mengikutinya melalui tayangan langsung televisi dan media sosial. Bagaimana perayaan Hari Kemerdekaan besok di lingkungan Anda?"

Di kolom komentar, tidak sedikit pengguna yang membahas kucing oyen. "Tim yang udah menemukan kucing oyen," kata salah satunya, sementara yang lain menulis, "Ke sini cuma mau cari si (kucing) oyen."

Ada dua ekor kucing oyen yang terlihat di gambar ilustrasi tersebut. Pertama tampak "ikut" lomba kerupuk, sementara yang satunya berendam di dalam kolam bersama hewan yang tampaknya mirip belut.

"Mending si oyen ikut lomba tidur, jangan lomba makan kerupuk," kata salah satu warganet. "Oren ngapain renang bareng belut," sambung pengguna berbeda.

3 dari 4 halaman

Kucing Oyen di Ilustrasi Idul Adha

Ilustrasi serupa juga dibagikan Jokowi di momen Idul Adha yang sukses mencuri atensi dengan kehadiran kucing oranye yang akrab pula disapa kucing oyen. Ilustrasi tersebut hadir dengan gambaran suatu area tempat tinggal warga, lengkap dengan deretan bangunan rumah dan masjid. Tampak spanduk besar terikat di tiang lampu bertuliskan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H."

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," bunyi keterangan dalam unggahan Jokowi.

Potret kehidupan sehari-hari menyambut Idul Adha benar-benar terasa dalam ilustrasi itu. Ada bapak-bapak memegang sapi yang akan jadi hewan kurban, anak-anak di halaman, seorang perempuan menuntun sepeda, serta seorang anak laki-laki memberi makan kambing.

Seperti sebelumnya, ilustrasi Jokowi juga dikenal dengan kucing oyen yang ikut nampil. Aksi kucing oyen pun diilustrasikan tengah asyik rebahan di atas salah satu dari empat kambing dalam ilustrasi itu.

4 dari 4 halaman

Jokowi Bagikan Ilustrasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Tak ketinggalan, saat KTT ke-42 ASEAN, Jokowi membagikan sebuah ilustrasi terkait penyelenggaraan acara tersebut melalui akun Instagram Jokowi yang terverifikasi pada Minggu, 14 Mei 2023. Ilustrasi tersebut menampilkan beragam agenda yang terkait dengan gelaran KTT ke-42 ASEAN. Salah satu gambar yang mencuri perhatian warganet adalah adanya kucing oranye atau yang akrab disebut kucing oyen dalam ilustrasi yang dibagikan tersebut.

Kucing oyen terpantau berada di pojok kanan bawah ilustrasi tersebut. Gambar kucing oyen dihadirkan dekat ilustrasi laut dan berada di sekeliling kucing abu-abu di tengah laut, ikan pari, penyelam, koral laut, sampai ikan-ikan lainnya.

Warganet pun seketika salah fokus dengan gamabr kucing oyen. Mereka lantas memenuhi kolom komentar menanggapi kehadirin gambar hewan berbulu tersebut.

"Oyenn bisa menyelam gess," tulis seorang warganet. "Oyen ikut renang," lanjut lainnya. "oyen Salah Server," tulis warganet.

"Tim langsung nyari oyen," komentar warganet. "oyen freedive," lanjut akun lainnya. "Oyen paru2 mode off. Insang mode on," tulis warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.