Sukses

Mencicipi Aneka Kreasi Sushi di Satu Piring yang Terinspirasi Tokyo Jepang

Kampanye "From Japan to You" dari Genki Sushi memasuki pemberhentian terakhir di 2023, yakni Tokyo. Sebelumnya, kampanye tersebut menghadirkan menu dari dua wilayah lain diJepang, yaitu Hokkaido dan Osaka.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye "From Japan to You" dari Genki Sushi memasuki pemberhentian terakhir di 2023, yakni Tokyo. Sebelumnya, kampanye tersebut telah menghadirkan menu dari dua wilayah lain di Negeri Sakura, yaitu Hokkaido dan Osaka.

Marketing Manager Genki Sushi Siti Ayu Rakhmi mengungkapkan bahwa kampanye yang disuguhkan di tahun ini untuk kembali menyoroti bahwa Genki Sushi asli dari Jepang. Melalui tagline "Every Stop Hits the Spot", restoran ini menyajikan deretan makanan khas Jepang dengan beragam sentuhan otentik dari Negeri Matahari Terbit.

"Makanan-makanan terinspirasi makanan Tokyo yang identik Jepang banget, seperti sushi. Menunya mostly sushi dan platter," kata Ayu saat ditemui di Genki Sushi Kuningan City, Jakarta Selatan, Rabu, 20 September 2023.

Pemilihan menu itu, dikatakan Ayu, karena santapan orang Jepang identik dengan platter atau moriawase. Maka itu, pihaknya membuat makanan dibuat aneka variasi dalam satu piring. "Moriawase itu istilah Jepang yang berarti platter atau satu piring ada macam-macam menu," kata Ayu.

Ia menambahkan, "Sushi menonjolkan freshness dan meminimalisir penggunaan mayo. Ini lebih ke selera lokal Jepang dengan freshness dan sushi."

Ada 16 menu terinspirasi Tokyo yang terdiri atas empat makimono roll, lima platter, tiga hand roll, dua gunkan, satu soba, dan satu dessert. Menu kampanye aneka sushi ini hadir dengan edisi terbatas yang dirilis pada 18 September 2023 dan akan berakhir pada 18 November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Pilihan Sushi

Kampanye terinspirasi Tokyo didominasi dengan lima sajian platter atau moriawase, yakni Sushi Moriawase, Sashimi Moriawase, Ginza Platter, Shibuya Platter, dan Shinjuku Platter. Sushi Moriawase terdiri dari kombinasi sushi yang biasanya berisi nigiri sushi (irisan ikan atau topping lainnya di atas nasi) dan maki sushi (sushi gulung dengan bahan-bahan yang dibungkus nori dan nasi). Platter ini berisikan salmon sushi, tamago yaki, sushi ebi, tuna, dan inari.

Lalu, Sashimi Moriawase yang terdiri dari beberapa pilihan sashmi dalam satu piring yang diiris tipis, sering disajikan dengan hiasan seperti lobak daikon, daun shiso, dan wasabi. Platter ini berisi tamago yaki, sushi ebi, dan tuna.

Ginza Platter adalah platter sushi dan sashimi kerap dikaitkan dengan bahan-bahan premium dan penyajian berkualitas tinggi, mengingat reputasi kelas atas Ginza di Tokyo. Ada perpaduan salmon segar asal Norwegia, nigiri belut, dan telur.

Ada pula Shibuya Platter, sepiring sushi atau sashimi yang dinamai sesuai sebuah distrik Shibuya yang terkenal di Tokyo. Menu ini berisi campuran sajian lezat seperti grill river eel nigiri, egg, California roll, chuka wakame gunkan, dan salmon segar asal Norwegia.

 
3 dari 4 halaman

Makimono hingga Hand Roll

Tak ketinggalan Shinjuku Platter yang serupa dengan Shibuya Platter, namun Shinjuku Platter memiliki keunikannya sendiri dalam segi bahan maupun penyajiannya. Menu ini terdiri atas grill river eel nigiri, shrimp ebi nigiri, kulit tahu, telur goreng, dan Salmon segar asal Norwegia.

Selanjutnya kreasi empat makimono roll, terdiri atas Shiodome Roll, Akihabara Roll, Taishakuten Roll, dan Sunamachi Roll. Shiodome Roll berisi kombinasi bahan unik yang meliputi nori, nasi, tuna, kanimayo, alpukat, kyuri, dan mayomustard.

Serupa dengan Shiodome Roll, Akihabara Roll terdiri atas kombinasi bahan-bahan seperti salmon, kyuri, alpukat, ebiko, dan yogurt mayo. Lalu Taishakuten Roll, campuran bahan yang unik dan namanya pun merujuk pada makanan khas dan Genki Sushi menggunakan kulit salmon, salmon, kyuri, dan yogurt mayo. Ada pula Sunamachi Roll, salah satu kreasi koki sushi yang termasuk di dalamnya kanikama, alpukat, ebiko, crabcraze, dan yogurt mayo.

Untuk tiga menu hand roll terdiri atas Salmon Avocado Hand Roll, Unatama Hand Roll, dan Crunchy Spicy Salmon Hand Roll. Salmon Avocado Hand Roll adalah sushi gulung yang diisi dengan salmon segar dan alpukat. Unatama Hand Roll adalah sushi gulung yang diisi dengan belut bakar.

 
4 dari 4 halaman

Gunkan hingga Soba

Sedangkan, Crunchy Spicy Salmon Hand Roll, sushi gulung berisi salmon pedas dan topping renyah, dibungkus dengan nori dan nasi. Ini adalah menu yang sudah ada di Genki Sushi sebelumnya, namun dimasukkan ke dalam menu Trip to Tokyo karena banyak disukai konsumen.

Kreasi menu selanjutnya adalah Unatama Gunkan dan Salmon Belly Gunkan. Gunkan berarti kapal perang dalam bahasa Jepang, dan Unatama Gunkan terdiri dari nasi berbentuk oval yang dibungkus dengan potongan nori, di atasnya diberi belut panggang dan saus berbahan dasar kedelai manis.

Serupa dengan Unatama Gunkan, hanya saja Salmon Belly Gunkan berisi porsi perut salmon, bukan belut. Konsumen juga bisa menikmati Ten Zaru Soba, mi soba dingin disajikan dengan saus celup dan berbagai topping seperti tempura.

Terakhir, menu pencuci mulut, Castella Cake yang dikenal pula dengan nama kue Kasutera. Camilan ini sejenis kue bolu yang berasal dari Portugis, namun sangat populer di Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini