Sukses

Sisa Jasad Pria yang Meninggal 22 Tahun Lalu Terungkap akibat Mencairnya Gletser Austria

Seorang pemandu gunung menemukan sisa-sisa jasad seorang pria yang diyakini tewas dalam kecelakaan di gletser 22 tahun lalu di pegunungan Alpen Austria. Polisi menyebut pada Selasa, 22 Agustus 2023, bahwa jasad tersebut ditemukan pada Jumat, 18 Agustus 2023 di gletser Schlatenkees.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemandu gunung menemukan sisa-sisa jasad seorang pria yang diyakini tewas dalam kecelakaan di gletser pegunungan Alpen Austria pada 22 tahun lalu. Polisi menyebut pada Selasa, 22 Agustus 2023, bahwa jasad tersebut ditemukan pada Jumat, 18 Agustus 2023 di gletser Schlatenkees.

Dikutip dari AP, Kamis, 24 Agustus 2023, menurut pernyataan polisi, gletser tersebut berada di Taman Nasional Hohe Tauern di provinsi Tyrol timur, dekat perbatasan Italia dan pada ketinggian sekitar 2.900 meter. Pihak berwenang menambahkan bahwa jasad tersebut jelas sudah berada di sana dalam waktu yang cukup lama.

Pemandu tersebut kemudian memberi tahu polisi di Lienz dan menemukan jasad itu dengan bantuan helikopter. Beberapa meter di bawah tubuh korban, tim penyelamat menemukan ransel berisi uang tunai, kartu bank, dan SIM.

Polisi menetapkan bahwa jasad tersebut tampaknya adalah seorang pria berkebangsaan Austria yang saat itu berusia 37 tahun dan diyakini meninggal pada 2001. Pria tersebut memiliki peralatan ski lintas alam.

Perbandingan DNA dilakukan untuk memastikan identitas pria tersebut. Hasilnya disebut akan keluar dalam beberapa minggu.

Ketika gletser semakin mencair dan surut, semakin banyak pula penemuan sisa-sisa jasad pendaki, pemain ski, dan pendaki gunung lainnya yang hilang beberapa dekade lalu. Gletser Schlatenkees di Austria adalah lokasi penemuan jasad lain sebelumnya.

Tulang-tulang yang ditemukan di sana pada 2011 diyakini adalah milik seorang pria lokal yang hilang sejak 1957. Di negara tetangganya, Swiss, polisi mengatakan pada Juli 2023, tes DNA mengonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan di gletser dekat Matterhorn adalah milik seorang pendaki gunung Jerman yang hilang pada 1986.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gletser di Taman Nasional Hohe Tauern

Dikutip dari laman resmi Taman Nasional Hohe Tauern, taman nasional ini adalah rumah bagi kawasan glasial terbesar di Pegunungan Alpen Timur dan air terjun yang termasuk yang tertinggi di dunia. Banyaknya gletser besar menjadi ciri khas Taman Nasional Hohe Tauern.

Banyak puncak yang tertutup salju dan es sepanjang tahun. Gletser telah membentuk dan mengubah lanskap selama ribuan tahun.

Terdapat 332 gletser yang mencakup sekitar enam persen dari luas taman nasional. Meskipun permukaan es menyusut secara signifikan akibat perubahan iklim, es tersebut tetap menjadi sesuatu yang sangat istimewa.

Morain gletser yang mencair merupakan lanskap purba yang harus dihuni kembali oleh hewan dan tumbuhan terlebih dahulu. Gletser terbentuk ketika suhu musim panas tidak cukup untuk mencairkan salju yang turun di musim dingin.

Tahun demi tahun, lapisan salju berjatuhan satu demi satu. Salju berubah menjadi butiran salju dan kemudian menjadi es berkat tekanannya, massa yang bergerak lambat ini bergerak secara bertahap ke lembah karena gravitasi.

3 dari 4 halaman

Gletser Terbesar

Daerah yang saljunya lebih banyak turun pada musim dingin dibandingkan dengan salju yang mencair pada musim panas disebut zona akumulasi. Daerah di mana es mencair dari lidah gletser yang lebih rendah disebut zona ablasi.

Selama zaman es, gletser di Pegunungan Alpen memiliki cakupan yang jauh lebih luas dibandingkan saat ini. Es telah mengikis lembah yang tadinya berbentuk V menjadi lembah berbentuk U yang lebih lebar seperti yang lazim saat ini.

Kini, Anda masih dapat melihat bagaimana gletser selama jutaan tahun telah membentuk dan mengubah wilayah Hohe Tauern melalui banyaknya lingkaran dan lembah. Puncak khas berbentuk piramida -seperti puncak Grossglockner- muncul dari gletser cirque dan kadang-kadang disebut sebagai tanduk glasial dalam bentuknya yang paling ekstrem.

Gletser Pasterze di Grossglockner diperkirakan memiliki luas 16 km persegi dan lidah gletser sepanjang empat kilometer menjadikannya gletser terbesar di Pegunungan Alpen Timur. Sejak 1879, perubahan panjang Pasterze diukur setiap tahun.

4 dari 4 halaman

Perubahan Iklim

Dari 2006 hingga 2016, lidah gletser menyusut sekitar 40 meter setiap tahunnya. Pegunungan Alpen Timur berulang kali ditandai dengan kemajuan dan kemunduran gletser. Batang pinus batu berusia ribuan tahun yang ditemukan di sekitar Pasterze menunjukkan bahwa pepohonan tumbuh di wilayah lidah gletser saat ini lebih dari 10.000 tahun yang lalu.

Perubahan iklim telah menarik perhatian pada fenomena lain di kawasan puncak, yakni es di dalam tanah telah menyatukan batuan dan lapisan seperti semen selama ribuan tahun. Jika suhu tanah sepanjang tahun minus tiga derajat Celsius, maka hal ini disebut permafrost.

Daerah di mana lapisan es mencair akibat perubahan iklim, batu-batu besar tiba-tiba menjadi tidak stabil. Salah satu contohnya adalah Sattelkar di Obersulzbachtal (lembah Obersulzbach) atau gletser batu di Dösental (lembah Dösen).

Di dalam Taman Nasional Hohe Tauern ada 279 aliran sungai, 57 di antaranya bersumber dari gletser dan dicirikan setiap hari dan musiman oleh volume air lelehan masing-masing. Contoh air terjun yang airnya jatuh dari tebing ke kedalaman dengan kekuatan yang mengesankan termasuk Krimmler Wasserfälle (air terjun Krimml), Umfalfälle (air terjun Umbal) di Tyrol Timur dan Gössnitzfall (air terjun Gössnitz) di Carinthia. Setelah es menyusut, diperkirakan 500 danau pegunungan terbentuk di lingkaran Hohe Tauern yang menyerupai permata berkilauan di lanskap pegunungan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini