Sukses

Mengapa Minum Kopi Campur Susu Bikin Kebelet Buang Air Besar?

Penelitian menunjukkan bahwa kopi memicu buang air besar bagi sekurangnya sepertiga dari kita, dengan wanita cenderung lebih terpengaruh daripada pria.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sering merasa perlu ke kamar mandi setelah menikmati kopi pagi, Anda bukanlah satu-satunya. Ada berbagai faktor yang menjelaskan fenomena ini, dari bagaimana kopi mempengaruhi hormon dan aktivitas di usus besar hingga kapan Anda meminumnya. Banyak orang merasa perlu buang air besar (BAB) setelah mengonsumsi kopi, termasuk yang tidak mengandung kafein.

Dilansir dari Health.com pada 31 Juli 2023, meski tidak semua orang merasakan efek yang sama dari kopi, penelitian menunjukkan bahwa kopi memicu kebutuhan buang air besar bagi sekurangnya sepertiga dari kita. Riset juga menyebut wanita cenderung lebih terpengaruh daripada pria.

Sebuah studi bahkan menemukan bahwa konsumsi kopi bisa memicu kontraksi otot di usus besar dalam hanya empat menit, menyebabkan keinginan buang air besar. Kopi yang mengandung kafein tampaknya lebih mempengaruhi kontraksi otot usus daripada kopi dekafein.

Sebuah penelitian lama menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkafein memberikan dampak 23 persen lebih besar terhadap kontraksi usus besar dibandingkan dengan kopi dekafein. Dengan kata lain, kopi berkafein cenderung lebih mendorong seseorang untuk buang air besar dibandingkan dengan kopi tanpa kafein.

Selain efeknya pada otot usus besar, kopi juga memiliki beberapa mekanisme lain yang memicu kebutuhan buang air besar pada sebagian orang. Kopi bisa meningkatkan produksi hormon tertentu seperti gastrin dan cholecystokinin (CCK), yang berperan dalam respons refleks gastrokolik.

Respons ini merangsang kontraksi usus dan mendorong feses menuju rektum untuk dikeluarkan. Ini menunjukkan bahwa kopi dapat mendorong aktivitas di usus, yang berdampak pada keinginan seseorang untuk buang air besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Jumlah Kopi

Walaupun sudah diketahui bahwa kopi mempengaruhi beberapa hormon usus, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami bagaimana komponen di dalam kopi berinteraksi dengan sistem pencernaan kita. Sebuah penelitian lama menunjukkan bahwa dampak kopi yang merangsang usus tampak paling signifikan di pagi hari. Hal ini mungkin dikarenakan saat tidur, pengosongan perut oleh tubuh berlangsung lebih pelan dan kontraksi usus besar berkurang.

Ketika Anda terbangun dan mulai beraktivitas, usus besar Anda pun demikian. Mengonsumsi kopi di pagi hari dapat memberikan dorongan ekstra pada sistem pencernaan Anda, sehingga meningkatkan kebutuhan untuk buang air besar.

Meski kafein bukan satu-satunya penyebab dari kebutuhan buang air besar setelah minum kopi, tetapi berpotensi sebagai salah satu penyebabnya. Sebuah cangkir kopi berukuran delapan ons biasanya memiliki 80 hingga 100 miligram kafein. Kafein di dalam kopi memicu aktivitas otot usus besar dan menambah tekanan di rektum, yang mengintensifkan keinginan buang air besar.

Akan tetapi, kafein bukan satu-satunya komponen di kopi yang mempengaruhi usus besar. Konsumsi kopi dekafein juga bisa meningkatkan kontraksi otot usus besar, menandakan ada komponen lain di kopi yang berkontribusi pada efek merangsangnya terhadap usus.

3 dari 4 halaman

Produk Susu Mempengaruhi

Menyertakan susu sapi atau krim ke dalam kopi Anda bisa berpengaruh pada aktivitas usus Anda. Bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa, zat gula di dalam susu, konsumsi susu bisa menyebabkan kembung, diare, gas, mual, dan sakit perut. Ketidakmampuan untuk mencerna laktosa biasanya bertambah parah seiring pertambahan usia, dan sebagian besar orang mulai merasakannya saat mereka menua.

Bahan tambahan lain di kopi juga bisa mempengaruhi aktivitas usus. Pengganti gula seperti Splenda, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, kembung, dan gas.

Walaupun kopi tanpa kafein tidak sekuat kopi berkafein, ia tetap merangsang usus besar dan meningkatkan kebutuhan untuk buang air besar. Dipercayai bahwa komponen lain di kopi, seperti asam klorogenat dan melanoidin, berkontribusi pada efek merangsang dari kopi.

Asam klorogenat, misalnya, diketahui memiliki efek antioksidan dan juga mempengaruhi proses metabolik di tubuh, sementara melanoidin memiliki sifat anti-inflamasi. Kedua senyawa ini, ketika dikombinasikan dengan komponen lainnya di kopi, dapat mempengaruhi gerakan peristaltik usus, sehingga memicu kebutuhan buang air besar.

4 dari 4 halaman

Minum Kopi dengan Bijak

Jika Anda mudah terpengaruh oleh efek kopi yang merangsang usus, sulit untuk sepenuhnya menghindari efek tersebut. Mengingat makanan pun bisa merangsang usus besar, minum kopi bersama makanan mungkin tidak berdampak signifikan.

Namun, mengurangi bahan tambahan tertentu dalam kopi mungkin bisa mengurangi kebutuhan untuk buang air besar bagi beberapa orang. Sebagai contoh, bagi mereka yang kurang tahan terhadap produk susu, mencoba menghindari susu atau krimer dan beralih ke alternatif nabati mungkin bisa memberikan perbedaan.

Jika Anda menggunakan pemanis seperti Splenda yang bisa memicu gejala pencernaan, Anda mungkin ingin beralih ke pemanis alami lainnya seperti buah biksu atau stevia. Pemanis alternatif ini tidak dikaitkan dengan masalah pencernaan.

Anda juga bisa menyesuaikan jumlah kopi yang Anda konsumsi untuk menemukan takaran yang tidak memicu kebutuhan mendesak untuk buang air besar. Jika Anda biasanya merasa perlu buang air besar di saat-saat tidak tepat, seperti saat rapat pagi, cobalah menyesuaikan waktu Anda minum kopi.

Meskipun ada yang mendapatkan keuntungan dari efek stimulasi kopi di pagi hari, jika Anda merasa terganggu dengan kebutuhan buang air besar setelah minum kopi, Anda bisa mencoba menyesuaikan cara dan waktu Anda menikmati kopi untuk melihat apakah itu membuat perbedaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.