Sukses

Kualitas Udara Buruk di Dalam Ruangan Bisa Picu Ragam Penyakit, Apa Solusinya?

Kualitas udara yang buruk di dalam ruangan bisa jauh lebih parah dibandingkan luar ruangan, lho.

Liputan6.com, Jakarta Kualitas udara buruk tidak hanya terjadi di luar ruangan saja, akan tetapi di dalam ruangan pun bisa mengalami hal yang serupa. Bahkan, kualitas udara yang buruk di dalam ruangan bisa jauh lebih parah dibandingkan luar ruangan, lho.

Dilansir dari National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), terdapat lima hal yang menyebabkan kualitas udara di dalam ruangan menjadi buruk, seperti pencemaran bahan-bahan pembersih ruangan, pencemaran gas buang kendaraan bermotor, pencemaran yang disebabkan bahan bangunan, pencemaran akibat mikroba, dan kurangnya udara segar yang masuk. 

Penyebab kualitas udara yang buruk di dalam ruangan tersebut dapat memicu beragam gejala penyakit, seperti asma, fibrosis kistik, dan gangguan pernapasan lain. Hal itu terjadi karena adanya konsentrasi beberapa polutan, seperti spora jamur dan debu yang jauh lebih tinggi ketimbang di luar ruangan. 

Untuk meminimalisir kualitas udara buruk di dalam ruangan, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minimalisir Kualitas Udara Buruk

1. Fungsikan Ventilasi Rumah dengan Baik

Ventilasi menjadi kunci untuk Anda tetap mendapatkan udara yang sehat. Pasalnya, ventilasi di dalam ruangan dapat berfungsi sebagai pengalir udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya. Hal itu akan menciptakan sirkulasi udara yang sehat untuk dihirup.

Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga dapat menciptakan ketersediaan udara bersih yang rendah polutan dan berguna untuk menjaga kelembapan dan suhu di dalam ruangan. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik melalui ventilasi, kesehatan dapat terjaga dan produktivitas sehari-hari pun dapat meningkat.

2. Praktikkan Pola Hidup Bersih

Pola hidup bersih dapat menjaga kesehatan Anda tetap terjaga. Dan ketika Anda sudah menjaga kebersihan rumah dengan mempraktikkan pola hidup bersih, alergen yang menempel di benda-benda rumah, seperti karpet dan gorden pun akan hilang.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah membersihkan karpet agar debu tidak menumpuk di sana. Selain itu, jika Anda memiliki hewan peliharaan, ada baiknya untuk membersihkan secara teratur benda-benda yang bersinggungan dengan hewan tersebut agar bulunya tidak menempel dan memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan.

3 dari 3 halaman

3. Aplikasikan Complete Air Management System

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pendingin ruangan. Salah satu sistem pendingin ruangan yang bisa kamu pilih untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan tetap baik adalah dengan menggunakan Complete Air Management System (CAMS) dari Panasonic. 

Complete Air Management System (CAMS) bukan hanya pendingin udara semata, namun juga merupakan kesatuan manajemen sistem tata udara  yang membuat udara di dalam ruangan tidak hanya dingin, tapi juga sirkulasi udara akan baik dengan ada perangkat supply air fan yang membantu menarik udara masuk, mem-filter, dan membuang udara yang sudah kotor ke luar.

Dengan teknologi tersebut, kontrol temperatur di dalam ruangan tetap terjaga, kelembapan dalam ruangan juga terjaga, dan virus serta pertumbuhan jamur dapat terhambat dengan teknologi nanoe yang tersemat pada Complete Air Management System.

Ketiga hal itu dapat menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Ya, Complete Air Management System memiliki empat sensor untuk memonitor kondisi udara, seperti IAQ remote controller memiliki 4 sensor - temperatur, kelembapan, CO2, PM2.5 - dan memonitor secara konstan kualitas udara ruangan.

Selain itu, Complete Air Management System juga memiliki algoritma yang canggih. Pasalnya, data akan dianalisa secara konstan dan dikirimkan ke program Cloud. Algoritma unik tersebut dapat menterjemahkan dan mengirimkan perintah operasi untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

Tak hanya itu, Complete Air Management System juga memiliki kontrol otomatis. Maksudnya? Ya, Air Conditioner dan Supply fan serta aliran udara dikontrol oleh program Cloud yang berguna untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan tetap aman.

Dengan sistem yang sangat canggih karena adanya bantuan Artificial Intelligence (AI) untuk me-manage kualitas udara di dalam ruangan, Complete Air Management System dari Panasonic sangat dapat diandalkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan yang pasti, sangat tepat untuk menjaga kualitas udara tetap baik di dalam ruangan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini