Sukses

Kupas Tuntas Serum Pure Vitamin C Berbahan Dasar Gandum untuk Atasi Flek Hitam di Wajah

Alih-alih jeruk, gandum dipilih sebagai bahan dasar produk serum vitamin C murni dari Garnier karena dianggap lebih ramah lingkungan. Menambah faktor keberlanjutan, mereka juga mengklaim menggunakan proses Green Science dalam produksi skincare item tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menggenapi rangkaian Garnier Bright Complete, Garnier merilis serum pure vitamin C yang menargetkan masalah flek hitam di wajah. Alih-alih jeruk, konsentrasi vitamin C diklaim sebesar 10 persen dalam produk skincare ini didapatkan melalui ekstrasi gandum.

"Merujuk pada komitmen kami untuk menggunakan sumber daya terbarukan, gandum akhirnya ditetapkan (sebagai bahan utama serum)," sebut Head of Research and Innovations L'Oreal Indonesia, Nayana Dharsono, di acara peluncuran Garnier Bright Complete Overnight 10% Pure Vitamin C Serum di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, 28 Juli 2023.

Semula, Nayana bercerita, pihaknya mempertimbangkan antara memanfaatkan jagung atau gandum. "Tapi, setelah didalami lagi, untuk menghasilkan, misalnya 1.000 jagung, butuh lahan lebih luas daripada gandum, pun jeruk. Dengan begitu, energinya juga lebih banyak, pakai lebih banyak air, dan sebagainya," imbuhnya.

Setelah "menghubungkan banyak titik," mereka menilai produksi gandum lebih rendah energi, dan karenanya disimpulkan lebih ramah lingkungan. "Apalagi kami juga memproduksinya di bawah komitmen Green Science," ia mengklaim.

Dijelaskan bahwa sesuai visi Green Science, serum vitamin C murni ini diproduksi melalui konsep Green Transformation. "Selama 15 tahun, fasilitas manufacturer kami (berupaya) menurunkan penggunaan energi, emisi gas rumah kaca, dan limbah untuk mengurangi dampak lingkungan," ujar dia.

Selain secara formulasi, Brand General Manager Garnier Indonesia, Agung Panditanegara, menyebut bahwa produk serum pure vitamin C ini juga dikemas dalam botol kaca yang 25 persennya merupakan bahan daur ulang. "Karena ada stabilisasi (formula serum) yang harus dijaga, sekarang baru 25 persen saja (kaca daur ulangnya)," Nayana menimpali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederet Manfaat Vitamin C Murni

Dalam pembuatan serum wajah, Nayana menambahkan, gandum sebagai bahan utama akan difermentasi hingga jadi glukosa yang kemudian diekstrasi jadi pure vitamin C. Dijelaskan bahwa pure vitamin C adalah vitamin C dalam bentuk murni yang merupakan "salah satu molekul antioksidan terbaik," sebutnya.

Bahan aktif skincare ini disebut sebagai pelindung terbaik dalam melawan stres oksidatif. Kondisi ini disebabkan polusi dan sinar UV yang tidak hanya ada di siang hari, namun dapat berlanjut hingga beberapa jam setelah paparan, bahkan hingga malam hari.

"Bila hal ini terus terjadi, akan timbul masalah kulit, seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata, serta flek hitam yang merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak dikhawatirkan masyarakat Indonesia," ucapnya.

Vitamin C murni juga dinilai sebagai pertahanan efektif untuk melawan munculnya bintik-bintik hitam akibat produksi melanin berlebih. "Mengapa kulit  jadi gelap? Karena sinar UV, melanosit kulit jadi terlalu tertekan dan menghasilkan melanin berlebih," jelas Nayana.

"Hal ini menyebabkan munculnya bintik-bintik atau noda menggelap yang tidak merata pada permukaan kulit," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Rutinitas Perawatan Kulit di Malam Hari

Serum vitamin C murni ini disarankan dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit malam hari karena kekuatan antioksidan dalam bahan aktif ini katanya "salah satu teman terbaik saat malam." "Di malam hari, kulit menyerap manfaat pure vitamin C dengan lebih baik, yang berarti kulit dapat sepenuhnya fokus pada peningkatan warna kulit yang tidak merata," sebut Nayana.

Senada dengan itu, ahli dermatologi, dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV, menjelaskan, "Siklus sirkadian juga berpengaruh terhadap proses regenerasi sel-sel kulit. Sebagai dampak stres oksidatif yang terjadi di siang hari, proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak baru mencapai puncaknya pada malam hari, sehingga malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kita mengaplikasikan produk skincare untuk membantu mengatasi flek hitam."

"Bagi dermatologist, malam hari merupakan golden period untuk mengaplikasikan skincare dengan bahan aktif untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya menyamarkan flek hitam, karena pada malam hari, waktu kontak antara skincare lebih lama, daya serap kulit lebih tinggi, dan pH lebih rendah."

4 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

dr. Danar menyebut bahwa vitamin C murni merupakan salah satu kandungan yang terbukti efektif dalam menyamarkan flek hitam. Pasalnya, bahan aktif itu memiliki properti antioksidan melawan stres oksidatif dan mampu menghambat enzim tyrosinase yang berperan dalam proses pigmentasi yang bekerja lebih optimal pada pH rendah.

Ia juga mengingatkan bahwa hasil pemakaian skincare tidak akan langsung terlihat dalam semalam. "Setidaknya 28 hari merujuk pada siklus regenerasi kulit (dalam pemakaian rutin)," sebutnya. Selain, ia juga menjawab risiko gatal-gatal karena memakai serum pure vitamin C.

"Kondisi itu berarti menandakan ada kontak iritan atau alergi, dan harus diidentifikasi dulu. Tidak hanya karena bahan aktif, kontak alergi atau iritan juga bisa dari bahan bawaannya," ia menjelaskan.

Ia menyarankan menurunkan intensitas pemakaian produk. "Bisa sehari pakai, sehari enggak. Kalau masih bereaksi, kurangi jadi seminggu dua kali. Masih juga, bisa pakai seminggu sekali. Itu membantu mengidentifikasi sebenarnya apa yang membuat kulit jadi gatal," paparnya.

Duta merek Garnier Indonesia, Vanesha Prescilla, mengaku tidak sabar mengabarkan kehadiran produk ini. "Aku pakai sebagai bagian dari skincare routine malam. Lalu, paginya aku pakai Garnier Bright Complete Vitamin C Day Serum," kata aktris yang mengaku selalu mengawali rutinitas perawatan kulitnya dengan double cleansing tersebut.

Garnier Bright Complete Overnight 10% Pure Vitamin C Serum sudah tersedia di e-commerce dan drug store di Indonesia dengan harga retail Rp145 ribu untuk kemasan 30ml.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini