Sukses

Setelah Kecelakaan Kereta Api di Semarang, Jalur Kini Dapat Dilalui

Kecelakaan kereta api atau KA Brantas dengan truk terjadi pada Selasa, 18 Juli 2023 pukul 19.32 WIB. Kecelakaan melibatkan KA 112 Brantas jurusan Pasar Senen-Blitar dengan truk tronton di titik JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah-Semarang Poncol.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan kereta api atau KA Brantas dengan truk terjadi pada Selasa, 18 Juli 2023 pukul 19.32 WIB. Kecelakaan melibatkan KA 112 Brantas jurusan Pasar Senen-Blitar dengan truk tronton di titik JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah-Semarang Poncol.

Akibat kecelakaan kereta api tabrak truk itu, lokomotof KA 112 terbakar. Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengungkapkan bahwa pada pukul 22.18 WIB, salah satu jalur KA telah berhasil dilakukan normalisasi.

"Bakalan truck tronton yang menghalangi jalur hilir kereta api sudah dievakuasi, sehingga perjalanan KA dapat kembali normal," katanya dalam keterangan tertulis dalam siaran pers, Rabu (19/7/2023).

Jalur satunya, yaitu jalur hulu tengah dalam proses evakuasu dengan membebaskan lokomotif dari bakalan sisa truk yang ada di depan lokomotif. KA 112 Brantas sudah diberangkatkan kembali dari Stasiun Jerakah pukul 22.23 WIB dengan keterlambatan yang terjadi sebanyak 147 menit.

Meski jalur telah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, masih terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan karena menunggu antrean. Berikut 10 KA yang mengalami keterlambatan:

  1. KA 178 Kamandaka sebanyak 126 menit,
  2. KA 199F Kaligung 140 menit,
  3. KA 111 Brantas 86 menit,
  4. KA 129 Gumarang 115 menit,
  5. KA 220 Kertajaya 87 menit,
  6. KA 20F Argo Merbabu 107 menit,
  7. KA 160 Joglosemarkerto 74 menit,
  8. KA 58 Brawijaya 66 menit,
  9. KA 125 Harina 2 menit,
  10. 200F Kaligung 2 menit.

Seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan kereta api. KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Evakuasi

Selain itu, KAI juga mengevakuasi menggunakan bus dan minibus selama terjadinya gangguan kepada seluruh pelanggan yang perjalanan KA nya terganggu. Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman dan makanan ringan kepada para pelanggan yang perjalanan KA nya terdampak.

"KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan kereta api atas keterlambatan yang terjadi. Saat ini KAI sedang berupaya secara maksimal agar jalur KA dapat dilalui normal dan perjalanan kereta api kembali normal," tutup Ixfan.

Sebelumnya, dikutip dari Bisnis Liputan6.com, petugas gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian dan PT KAI mengevakuasi lokomotif serta rangkaian gandengan truk usai terjadinya tabrakan antara Kereta Api Brantas dan truk di Semarang.

Kecelakaan KA Brantas dan truk terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa 18 Juli 2023 malam ini. Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengatakan bahwa lokomotif dan kepala truk terjebak di jembatan di atas Kanal Banjir Barat Semarang yang berada di sisi timur pelintasan.

"Akan geser tronton dan lokomotif yang masih ada di atas sungai," kata Kapolrestabes melansir Antara.

3 dari 4 halaman

Informasi Saksi

Informasi awal dari saksi-saksi, kata dia, truk trailer mogok saat melintas di atas rel. Sopir dan kernet truk, sudah berupaya meminta tolong, namun tidak sempat hingga terjadi kecelakaan.

"Posisi truk tiba-tiba mogok, tidak menerobos perlintasan," katanya.

Sementara itu, sisa gerbong KA Brantas ditarik ke arah barat menuju Stasiun Jerakah. Kepala Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo mengatakan bahwa gerbong ditarik ke Stasiun Jrakah sambil menunggu jalur bersih untuk kembali melanjutkan perjalanan.

"Untuk penumpang, ditawarkan jika akan melanjutkan dengan moda transportasi lain, kami sediakan," katanya.

Sebelumnya, Kereta Api Brantas tujuan Jakarta-Blitar menabrak sebuah truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam. KA menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah utara ke selatan.

Sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak kepala truk. Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu.

4 dari 4 halaman

Ledakan Dahsyat dan Api Yang Menyeramkan

Kecelakaan kereta api dengan truk menimbulkan ledakan dahsyat terjadi di jalur Semarang, pada malam 1 Suro, Selasa, 18 Juli 2023. Kecelakakan antara KA Brantas vs truk ini terekam jelas dari kamera smartphone milik pengendara yang melintas di palang pintu kereta, Jalan Madukoro Semarang.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 19.50 dan mengakibatkan truk pengangkut alat berat tercebur ke sungai Banjir Kanal Barat. Kecelakaan maut antara kereta api dengan truk tronton pengangkut alat berat perlintasan rel jembatan Madukoro Semarang sekitar pukul 19.50 WIB. 

Dikonfirmasi terkait insiden kecelakaan, Manager Humas PT Kai Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko membenarkan insiden kecelakakan yang terjadi di perlintasan jembatan Madukoro, Kota Semarang. "Betul mas. Baru saja," kata Ixfan.

Ledakan dahsyat dan kobaran api menyebabkan kereta api Brantas seperti menembus lorong api. Meski demikian kondisi masinis KA Brantas dikabarkan selamat.

Agus Setiawan, petugas penjaga palang pintu perlintasan Madukoro mengungkapkan, kecelakakan terjadi lantaran truk trailer menerobos palang pintu perlintasan. "Upaya untuk memberi peringatan sudah dilakukan. Tapi tidak berhasil dan terjadi kecelakaan," kata Agus dalam vidio nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.