Sukses

Arti Inses dan Sejarah Hubungan Sedarah di Keluarga Firaun Mesir Kuno

Kasus inses di dalam negeri menarik perhatian menyusul temuan tujuh janin hasil hubungan sedarah antara ayah dan anak di Banyumas. Faktanya, praktik itu sudah berlangsung di zaman Mesir Kuno.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah hubungan sedarah alias inses sedang jadi buah bibir. Dalam waktu hampir bersamaan, dua kasus inses mengemuka di Indonesia. Satu terjadi di Banyumas yang diduga dilakukan ayah dan anak perempuannya yang tinggal serumah. Sementara, kasus di Bukittinggi disebutkan melibatkan ibu dan putra kandungnya. Namun, kasus tersebut dibantah sang ibu yang berujung pada pelaporan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar ke polisi.

Terlepas dari dua kasus tersebut, apa sebenarnya arti incest alias inses? Mengutip laman idas.org.uk, Selasa (27/6/2023), inses adalah hubungan seksual antar-anggota keluarga dekat. Inses termasuk tindakan kriminal meski kedua belah pihak melakukannya atas dasar suka sama suka, berdasarkan Undang-Undang Pelanggaran Seksual Tahun 2003 yang berlaku di Inggris dan Wales.

Aturan yang sama juga tercantum di Skotlandia dalam Undang-Undang Pelanggaran Seksual 2009. Sementara, Irlandia Utara mengaturnya dalam Perintah Pelanggaran Seksual pada 2008. Tujuan undang-undang itu adalah melindungi anak-anak hingga usia 18 tahun dari segala bentuk aktivitas seksual atau perilaku tidak senonoh yang dilakukan orang lain.

Pelaku hubungan sedarah yang melanggar bisa dihukum maksimal berupa penjara seumur hidup bila korbannya adalah anak di bawah usia 13 tahun. Sementara, hukuman maksimal yang dapat diberikan untuk pelaku inses dengan korban di atas usia 13 tahun adalah tujuh tahun penjara.

Bagaimana dengan aturan hukum di Indonesia? Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) di Indonesia, pasal yang menyebutkan perbuatan cabul antar-orang yang mempunyai hubungan keluarga hanyalah Pasal 294 ayat (1) KUHPidana. 

Jenis hubungan yang diancam pidana dalam pasal tersebut, yaitu hubungan antara seseorang dengan anaknya, anak tirinya, dan anak angkatnya. "Barang siapa melakukan perbuatan cabul dengan anaknya, anak tirinya, anak angkatnya, anak di bawah pengawasannya yang belum dewasa atau dengan orang belum dewasa yang pemeliharaannya, pendidikan atau penjagaannya diserahkan kepadanya ataupun dengan bujangnya atau bawahannya yang belum dewasa, diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun" bunyi lengkap pasal dimaksud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab dan Macam Inses

Menurut Kartini Kartono dalam buku Psikologi Abnormal dan Abnormalitas Seksual, dikutip dari Jurnal Persetubuhan dengan Kekerasan yang dilakukan dengan Saudara Sekandung (Sedarah) dalam Kualifikasi Tindak Pidana, ada lima penyebab inses terjadi. Pertama adalah incest yang dilakukan tidak sengaja karena adik dan kakak tidur sekamar.

Kedua adalah incest akibat psikopatologi berat. Hal itu terjadi karena ayah suka mengonsumsi minuman beralkohol atau psikopatik dengan anak perempuannya sehingga otak ayah tidak sadar saat menyetubuhi anak perempuannya.

Ketiga adalah incest akibat pedofilia. Hal itu terjadi karena haus akan seksual sehingga melakukan hubungan seks dengan anak di bawah umur. Berikutnya, incest akibat contoh buruk dari ayah yang terjadi akibat faktor keturunan. Terakhir, incest akibat patologi keluarga dan hubungan perkawinan yang tidak harmonis.

Secara umum, ada dua kategori inses, yaitu Parental dan Sibling Incest. Kategori incest dapat diperluas dengan orang-orang yang memliki kekuasan dan masih merupakan saudara sedarah maupun saudara sekandung dari keturunan ayah dan ibu.

Bentuk-bentuk inses tidak hanya berupa kekerasan seksual secara fisik, namun juga psikis dan mental yang mencakup rayuan dan iming-iming. Contohnya antara lain ajakan atau rayuan dengan cara melakukan sentuhan, rabaan dan penunjukan alat kelamin, memasukkan benda atau jari ke dalam vagina, serta mengambil foto tanpa busana.

3 dari 4 halaman

Praktik Hubungan Sedarah di Mesir Kuno

Salah satu jejak hubungan inses yang paling terkenal di dunia mungkin adalah hubungan sejenis di keluarga firaun Mesir kuno. Mengutip laman Scientific American, sebuah studi baru tentang mumi keluarga Tutankhamen yang diterbitkan pada 16 Februari 2010 di JAMA The Journal of American Medical Association, telah memberikan wawasan biologis tentang garis keturunan kerajaan inses raja dan kematian dininya.

Sekretaris Jenderal Zahi Hawass dari Dewan Tertinggi Purbakala Mesir bekerja sama dengan ahli paleogenetik Carsten Pusch dari Universitas Tübingen di Jerman untuk memeriksa Tutankhamen dan 10 mumi kerajaan, termasuk dua janin yang dianggap berkerabat dengannya karena hubungan kekerabatan, kelainan bawaan, dan penyakit menular. Lima mumi yang dianggap tidak berkerabat berperan sebagai pengendali morfologi dan genetik.

Hawass, Pusch, dan 15 ilmuwan lain terus melakukan studi antropologis, radiologis, dan genetika terperinci pada mumi berharga di laboratorium yang dibangun di ruang bawah tanah Museum Barang Antik Mesir di Kairo.

Setelah mengekstraksi sejumlah kecil DNA purba dari tulang mumi, para peneliti memperkuat 16 pengulangan tandem pendek (urutan pendek dalam DNA yang membuat sidik jari genetik) dan delapan mikrosatelit polimorfik (penanda molekuler herediter) ke jumlah yang dapat diuji menggunakan teknik yang biasa digunakan dalam invstigasi kasus kriminal. Mereka juga mencari urutan DNA dari patogen malaria.

4 dari 4 halaman

Jejak Studi Inses di Kalangan Keluarga Firaun

Berdasarkan hasil studi sejauh ini, para peneliti dapat menyebutkan beberapa mumi yang sebelumnya anonim (disebut hanya dengan nomor makam), termasuk nenek Tut "Tiye" dan ayah Tut, mumi KV55 mungkin bernama "Akhenaten." "Ini adalah penemuan terpenting sejak ditemukannya makam Tutankhamen pada 1922," kata Hawass.

Tim juga mengidentifikasi mumi yang kemungkinan besar adalah ibu Tut sebagai KV35YL, bukan Ratu Nefertiti seperti yang diperkirakan sebelumnya. "Sekarang saya yakin itu tidak mungkin Nefertiti, dan karena itu, ibu dari Raja Tut adalah salah satu putri Amenhotep III dan Tiye, dan ada lima," kata Hawass, menambahkan bahwa ia berencana menyelidiki ini lebih lanjut.

"Semakin banyak data yang kami kumpulkan, semakin banyak spesimen museum yang hidup kembali," kata Pusch, yang mengaku khawatir bekerja dengan DNA "firaun" kuno seperti itu. "Kami memiliki 16 mumi," jelas Pusch. "Banyak yang harus dilakukan di lab ketika Anda memiliki satu mumi!" Tapi, proses pembalseman yang digunakan untuk mengawetkan sisa-sisa kerajaan ini menguntungkan Pusch. "Beberapa pembalseman benar-benar meningkatkan pelestarian materi genetik," katanya.

Studi tersebut mengungkap bahwa orangtua Raja Tut adalah saudara kandung, sebuah tren yang mungkin berlanjut dalam pernikahan Tut. "Ada desas-desus bahwa istri Tut adalah saudara perempuan atau saudara tirinya. Jika ini benar, kita memiliki setidaknya dua generasi berturut-turut yang memiliki pernikahan antar keluarga, dan ini bukan hal yang baik," kata Pusch.

"Kami cukup sering melihat di keluarga kerajaan bahwa mereka menikah satu sama lain. Mereka berpikir: 'Lebih baik tetap dekat.' Saya pikir kita tidak bisa menilai dari wawasan yang kita miliki saat ini." Karena hanya sebagian DNA yang diambil dari janin mumi, masih belum jelas apakah mereka keturunan Tut atau hanya persembahan seremonial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.