Sukses

Trik Jitu Bikin Usaha Kuliner Semakin Laris, Kuncinya Ada di Promosi!

Nah, biar usaha semakin dikenal luas dan bertambah laris, begini trik jitu yang bisa dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Bidang kuliner menjadi salah satu sektor bisnis yang masih digandrungi oleh banyak orang hingga saat ini. Yup, makanan memang menjadi kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi sehari-hari. Baik itu makanan pokok harian, makanan ringan atau camilan, hingga makanan khas yang hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu saja.

Menariknya, dalam mengembangkan sebuah bisnis kuliner, tentu harus memiliki wawasan serta kreativitas yang baik. Ini semua diperlukan agar calon pembeli bisa merasa tertarik dan mau membeli produk yang dijual. Selain itu, taktik promosi yang tepat juga jadi salah satu kunci suksesnya sebuah usaha kuliner. Sebab, semakin bagus promosi yang dilakukan, maka semakin banyak orang yang akan tahu jualanmu.

Nah, biar usaha semakin dikenal luas dan bertambah laris, begini trik jitu yang bisa dicoba.

Survei Jenis Makanan yang Populer Saat Ini Beserta Target Pasarnya

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya jika kamu melakukan survei untuk mencari tahu jenis makanan apa yang sedang populer di kalangan masyarakat. Biasanya, ketertarikan orang-orang akan makanan dapat berubah tergantung pada kondisi dan situasi pada saat itu. 

Ada yang mencari menu makanan tertentu karena melihat selebriti kesayangan mempromosikannya di laman media sosial. Di sisi lain, bisa pula banyak yang tertarik karena memang rasanya enak dan punya ciri khas yang tak dimiliki oleh hidangan lain.

Selain melakukan survei jenis makanan, kamu pun juga wajib mengetahui target pasar apa yang ingin dituju. Biasanya, para pengusaha akan mencari tahu dulu hal ini dengan meninjau langsung ke lapangan atau bisa juga bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar. 

Terus Lakukan Inovasi agar Pelanggan Tidak Bosan

Sebagai seorang pebisnis, sudah sepatutnya untuk memiliki inovasi terbaru agar kreasi makanan yang dihasilkan tak membosankan dan terus menarik perhatian dari calon konsumen. Pasalnya, di dunia ini sudah terlalu banyak usaha kuliner yang berdiri. Jika kamu tak bisa menemukan ciri khas pada jualan sendiri, maka bisa saja bisnis yang dibangun akan kalah bersaing dengan yang lain.

Dengan terus berinovasi, kamu juga bisa membuat dagangan semakin laris dan bahkan mengembangkan usaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena itu, teruslah berinovasi dan hasilkan produk-produk terbaik serta unggulan.

Gencar Melakukan Promosi di Platform Online

Jika ditanya apa kunci sukses sebuah usaha kuliner, maka jawaban utamanya adalah promosi. Gencar melakukan promosi akan membantu kamu dalam memperkenalkan usaha kuliner ke banyak orang. Adapun metode promosi ini bisa dilakukan secara offline atau online. Namun, jika ingin menembus pasar yang lebih luas, maka melakukan promosi secara online bisa menjadi pilihan tepatnya.

Untungnya, platform online untuk mempromosikan produk dagangan semakin banyak di era ini. Salah satunya adalah ManisdanSedap.com, sebuah platform kuliner online yang dapat membantu para seller untuk mempromosikan jualan mereka secara gratis. Menariknya lagi, ManisdanSedap.com ini akan menghadirkan program khusus untuk para seller bernama Seller of The Month 2.0. 

Lalu, apa sih yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ini? Buat kamu yang terpilih menjadi Seller of The Month 2.0, nantinya akan mendapatkan tambahan modal usaha dengan total Rp2 juta untuk 4 orang. Cara ikut program ini juga gampang banget.

Untuk langkah awal, pastikan jika kamu sudah mendaftar dan terkonfirmasi menjadi seller di ManisdanSedap.com. Kemudian, kumpulkan minimal 25 invoice selama periode berlangsung, yaitu dari tanggal 26 Juni - 26 Juli 2023. Ingat, transaksi yang dihitung hanya yang berlangsung di ManisdanSedap.com saja, ya!

 

Sebagai tips untuk menang, kamu juga bisa lho mencontoh Endowati, owner dari Chickin Yummy sekaligus salah satu pemenang di program Seller of The Month periode sebelumnya. Ia mengatakan bahwa untuk menjadi seller pemenang, maka wajib banget mengenalkan ManisdanSedap.com ke calon pembeli. Setelah itu, dekati para calon konsumen tersebut secara proaktif agar mereka semakin tertarik untuk membeli jualanmu.

Semakin banyak jumlah transaksi yang dilakukan, kesempatan menangmu pun akan jadi semakin besar. Bagi yang berminat, kamu juga bisa mengecek syarat dan ketentuan lainnya dengan klik di sini. Yuk, daftar jadi seller di ManisdanSedap.com dan ikuti challenge-nya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini