Sukses

7 Ide Wisata Kuliner Saat ke Solo, Makanan Favorit Jokowi yang Ulang Tahun ke-62

Jalan-jalan ke Solo tak lengkap rasanya bila belum menyicipi ragam sajian lezat setempat. Beberapa kuliner Solo ternyata menjadi makanan favorit Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ulang tahun ke-62 pada hari ini, Rabu (21/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Jalan-jalan ke Solo tak lengkap rasanya bila belum menyicipi ragam sajian lezat setempat. Beberapa kuliner Solo ternyata menjadi makanan favorit Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ulang tahun ke-62 pada hari ini, Rabu (21/6/2023).

Rekomendasi makanan favorit Jokowi ini sempat dibagikan melalui channel YouTube orang nomor satu di Indonesia ini. Deretan wisata kuliner ini juga dapat masuk dalam daftar liburan ketika mengunjungi Solo, Jawa Tengh.

Lantas, apa saja ide wisata kuliner ketika ke Solo yang juga jadi favorit Jokowi? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Dalam video, seorang kerabat Jokowi, yakni Haryanto menyampaikan bahwa sate kambing menjadi salah satu makanan favorit Jokowi. Nama destinasi wisata kuliner, Sate Kambing Bu Hj. Bejo, tak jarang dikunjungi Jokowi ketika ke kampung halamannya.

Rumah makan yang berlokasi di Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Solo ini menjual sate daging, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng biasa, dan gulai. Hj. Bejo, selaku pemilik rumah makan menyebut bahwa ada banyak yang disajikan ketika Jokowi datang, mulai dari sate buntel, tengkleng, tengkleng tongseng, hingga tongseng biasa.

2. Gudeg Mbak Yus

Pemilik Gudeg Mbak Yus, Yustina menyebut menyajikan bubur, ketan, lontong, ceker pedas, hingga ceker manis. Ia menambahkan, sajian favorit Jokowi saat ke sini adalah bubur. Gudeg Mbak Yus berlokasi di Jl. RA Kartini No.12, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. RM Adem Ayem

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No. 340--342, Solo. Pemiliknya, Emmy Lies Rosmijati menyebut bahwa rumah makan sudah berdiri sejak 1969.

Ada beragam sajian yang disuguhkan di sini, mulai dari nasi gudeg adem ayem, ayam goreng, timlo, rawon, sampai soto. Untuk nasi gudeg istimewa sendiri berisi lauk gudeg, sambal goreng, ayam opor, telur, dan opor.

Emmy menjelaskan bahwa makanan favorit Jokowi ketika bertandang ke rumah makan ini adalah gudeg, timlo, dan bakmi goreng.

4. Timlo Maestro

Berlokasi di Jalan Raya Grogol No. 174, Solo, Timlo Maestro masuk dalam daftar kuliner Solo favorit Jokowi. Haryanto menyebut ketika malam hari Jokowi ingin makan, timlo menjadi pilihannya.

Pemilik Timlo Maestro Yunanto Adhi Prasetyo menyebut bahwa timlo sebenarnya sejenis sup ayam yang isinya sudah dimodifikasi. Ada empat macam isian, mulai dari telur, telu bebek kecap, sosis dari tepung terigu, dan ampela ati ayam.

3 dari 4 halaman

5. Ayam Goreng Mbah Karto

"Keistimewaannya kalau di sini mah, fresh. Memasak langsung digoreng nggak dikasih (dimasukkan ke) kulkas. Masak pakai santan kurang lebih 1,5 jam, baru dapat digoreng," kata Sri Sukarni, pemilik Ayam Goreng Mbah Karto dalam video.

Ada beberapa bagian yang tersedia mulai dari kepala, rempela ati, dada, dan paha. Setelah ayam sudah empuk dan bumbu sudah meresap baru diangkat. "Lalu santanya tadi dikeringkan nanti kalau sudah kental, baru dikasih bumbu untuk sambalnya itu," lanjutnya.

Saat mendapat kabar Jokowi akan mampir ke warungnya, Sri yang masih tak percaya pun seketika bersih-bersih. "Senang bercampur-campur nggak bisa menggambarkannya saya. Langsung besok itu tamunya banyak sekali pada ke sini," ucap Sri.

6. Soto Gading

Jokowi juga selalu menyempatkan diri untuk mampir ke warung Soto Ayam Gading yang menjadi favoritnya. Sang pemilik, Toni menyebut resep soto miliknya hampir sama dengan soto pada umumnya.

"Apa itu, bawang merah, bawang putih, garam, sama saja kan. Tapi lauk pauknya yang paling banyak. Makanan menunya satu, lauknya banyak. Orang tinggal milih," ucap Toni.

Warung ini berada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75 Solo ini menyediakan soto tanpa nasi seharga Rp12 ribu dan nasi putih Rp6 ribu. "Penggemar warung itu salah satunya Bapak Presiden, seringkali datang didatangi itu penilaian tertinggi," tambahnya.

4 dari 4 halaman

7. Soto Triwindu

Tak ketinggalan, Soto Triwindu yang jadi favorit Jokowi ketika pulang ke kampung halaman. Pemilik soto, Murwani menyebut asal nama soto ini karena lokasinya yang berada di area Pasar Triwindu, tepatnya berada di Jl. Teuku Umar, RT.001/RW.001, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah dan buka dari pukul 05.30--15.30 WIB.

"Soto itu kan memang banyak, soto itu macamnya di mana-mana ada. Tapi soto kami itu kan benar-benar sotonya dari daging yang pilihan. Terus kita semuanya itu buatan sendiri tidak ada yang titipan dari orang lain," ungkapnya.

Murwani menyampaikan yang paling istimewa dari Soto Triwindu adalah kuahnya. Sedangkan satu porsi soto terdiri atas nasi, taoge, seledri, daging, kemudian ditaburi bawang goreng.

"Kalau lauknya dari daging, empal, paru, otak, lidah, tempe, tahu, lento. Bapak itu kesukaannya lauknya tempe daun garing. Biasanya lidah goreng ya sama paru goreng," demikian jelas pemilik dari Soto Triwindu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini