Sukses

Adegan Merokok Saat Sauna di The Idol Picu Kemarahan Warganet, Mengapa Begitu?

The Idol sejauh ini masih menuai rating rendah sejak episode pertamanya ditayangkan di HBO. Salah satu yang memicu kemarahan warganet adalah adegan merokok di sauna yang dianggap tak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta - Serial The Idol terus menuai perhatian setelah debut episode pertamanya ditayangkan di layar kaca. Setelah acara itu diputarkan pertama kali di Festival Film Cannes 2023, HBO menayangkan episode pertama drama tersebut pada Minggu, 4 Juni 2023, dan di Sky Atlantic untuk wilayah Inggris Raya, pada hari berikutnya.

Serial ini adalah proyek baru dari kreator Euphoria Sam Levinson. Ceritanya berkutat pada karakter bintang pop bermasalah bernama Jocelyn yang diperankan Lily-Rose Depp.

Dalah beberapa minggu terakhir, serial itu terus dikritik karena konten grafisnya dan saat ini menjadi salah satu acara dengan rating terendah di Rotten Tomatoes, yakni hanya 25 persen. Meski begitu, The Independent berargumen bahwa pemutaran perdana itu adalah "wawasan mendalam tentang zaman kita".

Namun setelah episode pertama, banyak pemirsa tidak bisa tidak memperhatikan – dan menghitung – berapa kali Jocelyn menyalakan rokok. Salah satunya bahkan membuat penonton marah, yakni saat karakter yang diperankan Depp merokok di sauna.

"Tak mungkin perempuan ini merokok di dalam sauna #THEIDOL," cuit seorang warganet.

"Jocelyn telah merokok 5 batang dan kita hanya sekitar 30 menit menonton episode ini #THEIDOL," imbuh yang lain.

Adegan itu terbilang tak masuk akal karena faktanya merokok dilarang saat sauna. Bahkan, pengelola sauna memberi peringatan khusus bagi mereka yang merokok saat sauna.

Di formulir yang diisi pengunjung sauna dijelaskan bahwa bau rokok akan terserap ke permukaan kayu. Selanjutnya, bau itu dirilis dan masuk ke tubuh dan akan menimbulkan kerusakan pada sauna. Asap rokok juga bisa menimbulkan reaksi alergi bagi pengunjung lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Kritik Buruk dari Kritikus Film

Dikutip dari Allkpop, Kamis, 25 Mei 2023, The Idol yang berurusan dengan sisi gelap industri musik, diproduksi dan dibintangi oleh The Weeknd bersama Lily-Rose Depp, Troye Sivan, Jennie, dan lainnya. Serial ini menjadi sorotan setelah diundang ke bagian non-kompetitif Festival Film Cannes ke-76.

Usai dua episode dirilis melalui festival, ekspektasi terhadap The Idol berubah menjadi kekecewaan.  Secara khusus, kritikus terus menyoroti serial tersebut, dan The Idol akhirnya mencapai skor rendah 9 persen di Rotten Tomatoes.

Kritik tentang karya tersebut terutama tentang adegan eksplisit dan seksual yang terang-terangan yang tampaknya tidak perlu untuk cerita tersebut. Kritikus David Fear dari Majalan Rolling Stone mendeskripsikan karya tersebut sebagai "cerita yang mengerikan".

Ia berkata, "Ini kotor, brutal, dan jauh lebih buruk dari yang diharapkan. Itu salah mengartikan kesengsaraan sebagai kedalaman, dan sindiran itu kasar daripada tajam."

Peter DeBrouge dari Variety, outlet budaya pop, juga mengkritik serial HBO tersebut. Ia mengatakan, "Penggambaran seksualitas terasa seperti fantasi laki-laki yang berantakan," dan menunjukkan bahwa penjelasan dan narasi karakter tidak meyakinkan.

3 dari 4 halaman

Turut Dibintangi Jennie BLACKPINK

Robbie Collin dari The Telegraph, sebuah outlet media Inggris, berkata, "Ini adalah drama dengan kalimat terburuk yang dapat Anda dengar tahun ini, dan bahkan musiknya buruk."

Collin menambahkan, "Satir tidak dapat ditemukan dan perilaku karakternya tidak disukai. Karya tersebut sudah berbau kegagalan." Di tengah kritik luas terhadap karya tersebut, The Idol akan dirilis ke publik melalui HBO pada 4 Juni 2023. Melalui trailer yang telah dirilis serial ini turut dibuat oleh Sam Levinson yang dikenal dengan serial terkenalnya Euphoria.

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, serial The Idol mengikuti kisah seorang idola pop bernama Jocelyn diperankan oleh Lily-Rose Depp, yang berhubungan dengan ketua sekte akibat suatu insiden. Jocelyn harus membatalkan konser turnya karena mengalami gangguan saraf.

Ia kemudian terlibat hubungan yang rumit dengan seorang self-help guru, Tedros diperankan oleh Abel Tesfaye. Tedros ternyata merupakan seorang ketua sekte misterius.

Dalam serial ini turut menampilkan bintang asal Korea Selatan, Jennie BLACKPINK sebagai Angel. Jocelyn pun harus menghadapi sejumlah kebimbangan apakah akan ada kebangkitan kisah romantis yang membawanya tinggi ataukah ia justru membawanya ke dalam jiwanya yang terdalam dan tergelap?

4 dari 4 halaman

The Weeknd Sampai Lupa Cara Bernyanyi

The Weekend, pelantun lagu “Can’t Feel My Face” tampaknya tidak bisa merasakan suaranya sebagai seorang penyanyi di atas panggung konser, setelah berperan sebagai pemimpin sekte di serial The Idol. Dalam sebuah wawancara dengan Majalah W, The Weekend yang bernama asli Abel Tesfaye berterus terang mengatakan berulang kali ia harus beralih dari bernyanyi ke akting saat syuting serial drama tersebut.

"Sulit untuk berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya," katanya.

The Weeknd juga menyebut pengalaman itu belum pernah terjadi, "Kemudian, setelah konser, saya kehilangan suara. Tidak ada suara yang keluar sama sekali. Itu belum pernah terjadi sebelumnya."

"Saya lupa cara bernyanyi karena saya memerankan Tedros, karakter yang tidak tahu cara bernyanyi. Saya mungkin melihat terlalu dalam ke peran ini, tapi itu menakutkan," pungkasnya. Dilansir dari HuffPost pada Selasa, 16 Mei 2023, pemenang Grammy ini mengatakan keinginannya menghilangkan identitasnya sebagai The Weeknd, agar bisa mengeksplorasi bakat kreatif di luar identitasnya sebagai bintang pop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini