Sukses

Catat Tanggal Merah Bulan Juni 2023, Bisa Berwisata di Long Weekend

Sebelum menyusun agenda berwisata, Anda dapat catat dahulu tanggal merah bulan Juni 2023 yang terdiri atas libur nasional dan cuti bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah punya rencana untuk jalan-jalan di bulan Juni 2023? Sebelum menyusun agenda berwisata, Anda dapat catat dahulu tanggal merah bulan Juni 2023 yang terdiri atas libur nasional dan cuti bersama.

Daftar libur nasional dan cuti bersama ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri. SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Simak tanggal merah bulan Juni 2023 berikut ini:

  • Kamis, 1 Juni 2023: Libur Nasional Hari Lahir Pancasila
  • Jumat, 2 Juni 2023: Cuti Bersama Hari Raya Waisak
  • Minggu, 4 Juni 2023: Libur Nasional Hari Raya Waisak 2567 BE

Daftar lengkap libur nasional 2023:

  • Minggu, 1 Januari: Tahun Baru 2023 Masehi
  • Minggu, 22 Januari: Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili
  • Sabtu, 18 Februari: Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
  • Rabu, 22 Maret: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945
  • Jumat, 7 April: Wafat Isa Al Masih
  • Sabtu--Minggu 22-23 April: Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Senin, 1 Mei: Hari Buruh Internasional
  • Kamis, 18 Mei: Kenaikan Isa Al Masih
  • Kamis, 1 Juni: Hari Lahir Pancasila
  • Minggu, 4 Juni: Hari Raya Waisak 2567 BE
  • Kamis, 29 Juni: Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah
  • Rabu, 19 Juli: Tahun Baru Islam 1445 Hijriah
  • Kamis, 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
  • Kamis, 28 September: Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Senin, 25 Desember: Hari Raya Natal

Daftar cuti bersama 2023:

  • Senin, 23 Januari: Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili
  • Kamis, 23 Maret: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945
  • Rabu, 19 April: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Kamis, 20 April: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Jumat, 21 April: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Senin, 24 April: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Selasa, 25 April: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Jumat, 2 Juni: Hari Raya Waisak 2567 BE
  • Selasa, 26 Desember: Hari Raya Natal
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Long Weekend

Awal Juni pekan depan jadi salah satu momentum libur panjang di tahun ini, bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak 2023. Sebelumnya, pemerintah telah menyepakati dan menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama pada 2023.

Kamis, 1 Juni 2023 merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila dan Minggu, 4 Juni 2023 merupakan Hari Raya Waisak 2567 BE yang jadi hari libur nasional. Sedangkan Jumat, 2 Juni 2023 ditetapkan sebagai libur cuti bersama Hari Raya Waisak.

"Setiap libur panjang, termasuk harpitnas, kita menyiapkan program dan aktivasi destinasi baru yang salah satunya desa wisata," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno," Senin, 22 Mei 2023 yang digelar secara hybrid.

Sandi, begitu ia akrab disapa, melanjutkan di momen liburan tersebut ia juga mengajak masyarakat untuk ikut menikmati ragam event, sebut saja Java Jazz 2023. Salah satu festival jazz terbesar di dunia tersebut bakal terlaksana pada 2--4 Juni 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

3 dari 4 halaman

Java Jazz 2023

Menampilkan line up dengan lebih dari 125 musisi Indonesia dan internasional, pihak Java Jazz Festival mengaku telah hampir matang mempersiapkan acara musik bergengsi yang tinggal menghitung hari ini. "Pas lagi Java Jazz. Ini jadi salah satu momentum yang kita arahkan untuk berwisata di Indonesia Aja, enggak usah ke luar negeri fokus di Indonesia Aja," lanjut Sandiaga.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Java Festival Production, Dewi Gontha, menyatakan, "Kita sekarang sudah 80 persen persiapannya karena minggu depan artis asing sudah mulai berdatangan."

Terdapat empat special shows tahun ini, yakni penampilan dari MAX, Stephen Sanchez, The Chicago Experience Feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey, dan gitaris nominasi Grammy, Corry Wong. Selain itu, ada juga penampilan dari Bob James Trio, Laufey, Sister Sledge, Stacey Ryan, Brian Simpson, Grace Kelly, dan Sezairi dari jajaran musisi internasional.

Musisi dalam negeri yang turut memeriahkan Java Jazz Festival, yakni Andien, Ardhito Pramono, Endah n Rhesa, Alonzo Brata, Lalahuta, Bilal Indrajaya, Vina Panduwinata, dan pianis kebanggaan Joey Alexander. Menambah keseruan, akan ada juga sejumlah kolaborasi antara musisi lokal dan internasional.

 
4 dari 4 halaman

Berwisata di Indonesia Aja

Sandiaga Uno menambahkan berwisata di Indonesia juga terwujud dalam suguhan menarik dengan sejumlah event kelas dunia, seperti Java Jazz. Di samping, ada pula destinasi-destinasi yang tengah aktif dipromosikan pihaknya, mulai dari Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

"Saya ingin masyarakat Indonesia betul-betul memberikan prioritas kepada berwisata di Indonesia Aja," tegasnya lagi.

Simak kemasan storynomic tourism di 5 Destinasi Super Prioritas:

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba tercatat sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar nomor dua di dunia. Di balik kemegahannya, ada storynomics tourism menarik yang bisa dikembangkan, seperti legenda terbentuknya Danau Toba yang jarang diketahui wisatawan.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

Destinasi Super Prioritas selanjutnya yang dikemas dengan storynomics tourism adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Buddha ini merupakan candi terbesar di dunia yang ada sejak 750 Masehi.

Candi Borobudur juga memiliki 2.672 panel relief sepanjang 4 kilometer yang menjadikannya sebagai "Relief Candi Terpanjang di Dunia." Berkat kemegahannya, Candi Borobudur dinobatkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada 1991.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Storynomics tourism selanjutnya berasal dari Mandalika. Di balik keindahan Mandalika, ternyata ada salah satu tradisi unik, yaitu Bau Nyale. Tradisi ini biasanya digelar pada bulan Februari--Maret yang dibuat untuk mengenang pengorbanan Putri Mandalika.

Likupang, Sulawesi Utara

Di balik keindahan bawah laut yang memukau, Likupang memiliki storynomics tourism yang tak kalah indah. Konon Likupang adalah tempat sembilan bidadari surga turun untuk mandi.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Labuan Bajo memang sangat istimewa. Selain surga bawah laut, Labuan Bajo juga menjadi gerbang utama menuju Pulau Komodo, salah satu tujuh keajaiban dunia versi New 7 Wonders.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini