Sukses

Serba-serbi Pegagan, Bahan Pembuat Jamu yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Pegagan, bahan pembuat jamu yang juga dikenal dengan nama Centella asiatica, dapat berfungsi sebagai pelembab, perawatan luka, dan krim anti-penuaan.

Liputan6.com, Jakarta - Segudang manfaat jamu didapat dari perbaduan rempah dan tanaman herbal yang jadi bahan pembuatnya. Di antara banyak, daun pegagan telah jadi salah satu bahan populer untuk dibuat jadi jamu Indonesia.

Dalam kasus daun pegagan, bahan ini sudah lama dikenal baik untuk kesehatan kulit. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Centella asiatica ini dapat berfungsi sebagai pelembab, perawatan luka, dan krim anti-penuaan, catat Medical News Today, Kamis, 18 Mei 2023.

Pemanfaatannya dapat membantu beberapa masalah kulit yang umum, tapi dapat menyebabkan efek samping dalam dosis tinggi. Dijelaskan bahwa pegagan adalah tanaman herbal yang muncul dalam pengobatan Ayurveda, pengobatan tradisional Afrika, dan pengobatan tradisional Tiongkok.

Dalam ulasan tahun 2013, Centella asiatica dalam penggunaan kosmetik menyatakan bahwa ramuan tersebut telah berperan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Beberapa populasi menggunakan tanaman tersebut sebagai obat untuk semua obat hingga tiga ribu tahun lalu.

Secara historis, orang telah menggunakannya untuk beberapa kondisi, termasuk epilepsi, penyakit Hansen, gatal ringan, dan gigitan serangga. Para peneliti saat ini sedang menyelidiki penggunaannya dalam mengobati sejumlah kondisi kulit lain.

Pegagan mengandung berbagai zat aktif, seperti triterpenoid, flavonoid, dan asam fenolik, yang menurut studi tahun 2016 memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Penelitian dari 2018 juga menunjukkan bahwa daun pegagan mungkin memiliki sifat antikarsinogenik karena asam asiatik yang dikandungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segudang Manfaat Daun Pegagan

Selain itu, menurut penelitian tahun 2013, potensi penggunaan Centella asiatica dapat meliputi:

  • Penyembuhan luka dan luka bakar
  • Mengobati psoriasis
  • Mengobati skleroderma
  • Mengurangi pembengkakan pada keloid dan bekas luka hipertrofik
  • Mengurangi selulit dan photoaging pada kulit

Daun pegagan juga menawarkan beberapa manfaat untuk kulit seseorang karena berbagai bahan kimia di dalam. Ini termasuk madecassoside, asam madecassic, asiaticoside, dan asam asiatic yang dapat membantu penyembuhan luka. Senyawa tersebut disebut meningkatkan jumlah kolagen dan lapisan sel fibronektin di kulit.

Antioksidan alami, senyawa antiinflamasi, dan karbohidrat di daun pegegan juga dapat membuat ramuan tersebut efektif dalam meningkatkan hidrasi kulit dan memberikan tindakan anti-penuaan, menurut penelitian 2016 di atas tentang efek pelembap dari tanaman itu.

Akibatnya, produsen sering memasukkan ramuan tersebut ke dalam pelembap yang menargetkan kulit kering dan sensitif. Namun, seperti bahan lain, pemanfaatan daun pegagan juga bukan berarti bebas efek samping sama sekali.

3 dari 4 halaman

Potensi Efek Samping Pemanfaatan Daun Pegagan

Merujuk studi tahun 2010, efek samping dari penggunaan ramuan daun pegagan jarang terjadi. Pun ada, itu meliputi:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Mual
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Iritasi kulit

Namun, penulis penelitian menambahkan bahwa jika seseorang mengonsumsi daun pegagan dalam dosis tinggi, mereka mungkin mengalami rasa kantuk yang ekstrem. Mereka juga menulis bahwa seseorang tidak boleh meminum ramuan daun pegagan jika mengonsumsi obat untuk membantu mereka tidur atau mengurangi kecemasan.

Penulis penelitian juga memperingatkan bahwa jika seseorang mengonsumsi Centella asiatica dalam jumlah tinggi, mereka mungkin berisiko mengalami sakit kepala, bahkan pingsan. Beberapa senyawa dalam ramuan juga menunjukkan sejumlah efek antifertilitas pada tikus dalam penelitian sebelumnya.

Penelitian ini merekomendasikan agar seseorang tidak mengonsumsi daun pegagan selama lebih dari enam minggu pada satu waktu dan menyarankan pengguna beristirahat setidaknya dua minggu di antara setiap enam minggu penggunaan. Studi ini juga merekomendasikan untuk menghindari penggunaan ramuan saat menyusui.

4 dari 4 halaman

Skinminimalism ala Indonesia

Dalam ulasan publikasi Amerika Serikat (AS), Women's Health, dikutip 9 Mei 2023, jamu juga disebut sebagai "skinminimalism Indonesia yang cocok untuk kulit sensitif." Dituliskan bahwa membuat jamu tidak rumit, kontras akan kepercayaan perawatan kulit yang terlalu bersemangat hingga menganggap rutinitas 10 langkah perawatan harian adalah cara terbaik untuk melihat hasilnya.

"Semakin banyak produk yang Anda tumpuk secara acak, semakin rentan Anda mengalami iritasi," kata dokter kulit Francisca Kartono, yang merupakan kelahiran Indonesia, namun tinggal di Michigan, AS.

Faktanya, penggunaan produk perawatan pribadi telah berkontribusi pada peningkatan dermatitis kontak alergi dan iritan, menurut penelitian selama satu dekade di Journal of American Academy of Dermatology. Ini bisa menjelaskan mengapa tren seperti "skinimalisme" dan "kecantikan lambat" menerangi media sosial.

Dr. Kartono biasanya merekomendasikan hanya tiga atau empat produk kecantikan pada pasiennya. Itu adalah produk dasar seperti pembersih yang lembut, pelembab sederhana, dan tabir surya.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.