Sukses

Iriana Jokowi Bersanggul Saat Temani Pendamping Negara ASEAN Jalan-Jalan di Labuan Bajo

Ibu Negara Iriana Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan para pendamping pemimpin ASEAN di Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023). Iriana juga turut menemani beberapa agenda menarik lainnya di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan para pendamping pemimpin ASEAN di Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023). Iriana Jokowi juga turut menemani beberapa agenda menarik lainnya di Labuan Bajo.

Beberapa potret Iriana menemani para pendamping pemimpin ASEAN jalan-jalan di Labuan Bajo diabadikan dalam unggahan @jokowi, Rabu (10/5/2023). Dalam potret tampak ibu tiga anak itu tampil bersanggul dan mengenakan kebaya merah muda.

Ia melengkapi tampilannya dengan selendang dan kain bernuansa senada serta tak ketinggalan selop hitam. Aksesori seperti anting-anting turut mempermanis tampilan sang Ibu Negara.

"Saat para pemimpin negara ASEAN menggelar pertemuan di ajang KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Ibu Negara juga menemui para pendamping pemimpin ASEAN di Puncak Waringin, Kab. Manggarai Barat, NTT," bunyi keterangan dalam unggahan di Instagram Jokowi.

Ia juga menjelaskan bahwa sang istri turut mengajak Bun Rany Hun Sen (Kamboja), Vandara Siphandone (Laos), Wan Azizah Wan Ismail (Malaysia), Louise Araneta Marcos (Filipina), dan Ho Ching (Singapura) menyaksikan demo menganyam dan menenun kain. Di sela KTT ASEAN itu, rombongan tersebut juga menonton tarian Dundundake, permainan tradisional Rangku Alu, hingga persembahan lagu daerah NTT.

"Mereka juga melihat sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Provinsi NTT mulai dari kerajinan tangan hingga makanan khas NTT. Kegiatan para pendamping pemimpin ASEAN diakhiri dengan jamuan minum teh bersama," lanjut keterangan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iriana Berkebaya

Penampilan Iriana Jokowi berhasil mencuri perhatian, salah satunya Chef Arnold Poernomo. Ia bahkan membagikan potret Ibu Negara yang diabadikan dari jarak jauh melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu (10/5/2023).

"Ibu Negara anggun banget. Sehat selalu Ibunya Mas Wali, Mas Pisang dan Mbak Kahiyang #ASEANSummit42 #ASEANIndonesia2023," cuit Chef Arnold.

Sementara, Presiden Jokowi resmi membuka gelaran KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. Pantauan via daring, pemimpin negara ASEAN hadir dan disambut langsung oleh Jokowi dan diajak berfoto bersama sebelum sesi pidato pembuka.

"Selamat pagi, Yang Mulia para pemimpin ASEAN selamat datang di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo Indonesia," kata Jokowi kepada para kepala negara ASEAN, seperti dikutip Rabu (10/5/2023), dikutip News Liputan6.com.

Ia kemudian menyoal tentang ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, pasca-pandemi Covid-19. Jokowi menilai, rivalitas semakin tajam dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi

"Menjadi pertanyaan, apakah ASEAN hanya akan jadi penonton? Apakah hanya akan diam? Serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan? Saya yakin ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya, persatuan," tanya Jokowi.

3 dari 4 halaman

Pesta Rakyat Sambut KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Sebelumnya Selasa, 9 Mei 2023 menjadi hari pertama puncak penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dan Labuan Bajo terpilih sebagai tuan rumah. Sebelas kepala negara akan bersua membahas sejumlah isu penting di kawasan, khususnya dalam memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN yang sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Berkumpulnya para delegasi dari berbagai negara itu menjadi kesempatan Labuan Bajo untuk mempromosikan diri. Salah satunya dengan menggelar pesta rakyat bertajuk Labuan Bajo Street Carnival pada Minggu, 7 Mei 2023, di Lapangan Waekasambi Labuan Bajo. Acara itu merupakan bagian dari side event KTT ASEAN 2023 yang diikuti 67 UMKM.

"Ada 67 UMKM yang terlibat dan ini juga berasal dari Nagekeo, Sikka, dan Lembata, jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk ikut Pesta Rakyat," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina di acara Pesta Rakyat, Labuan Bajo, Manggarai Barat, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 8 Mei 2023.

Selain pameran produk, pesta rakyat juga dimeriahkan dengan konser musik. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Shana menyebut antusiasme para pelaku UMKM lokal untuk terlibat dalam gelaran itu cukup besar. "Awalnya dari 30 UMKM, ternyata banyak yang berminat, tambah jadi 67," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Melebihi Target

Menurut Shana, perlu ruang yang lebih luas untuk menampilkan produk-produk UMKM lokal. Terlebih, ia menilai daerah juga memiliki produk yang berkualitas baik dan layak untuk dijual ke publik. "Ini (pesta rakyat) jadi barometer, kalau buat acara harus ada ruang lebih besar karena sudah banyak pelaku usaha yang siap menampilkan karya dan ditunjukkan ke publik," ujarnya.

Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf, Masruroh mengatakan lewat pasar rakyat, pemerintah ingin KTT ASEAN tidak hanya sukses substansi penyelenggaraan, tapi juga memberi manfaat bagi masyarakat lokal. Di samping, menjadi ajakan agar masyarakat lebih mengetahui tentang ASEAN Summit dan merasa memilikinya.

"Kurang lebih 4.000 sampai 5.000 orang dari pagi tadi sampai malam ini," ujar Masruroh.

Angka itu melebihi target 3.000 yang sempat disebutkan Menparekraf Sandiaga Uno beberapa waktu lalu. Pesta Rakyat yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf hanya berlangsung selama satu hari dimulai dari pukul 15.00 WITA sampai pukul 23.00 Wita. Pesta Rakyat itu terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini