Sukses

Rekomendasi Wisata Kuliner di Jalur Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, dari Malang hingga Banyuwangi

Momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023 tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik yang kini rekomendasi bergeser ke Malang, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta - Momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023 tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik. Setelah sebelumnya dibahas di kawasan Cilegon, Serang, Karawang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Semarang, Salatiga, Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, Surabaya, dan Pasuruan, kini rekomendasi bergeser ke Malang, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi.

Dikutip dari Buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Selasa, 25 April 2023, berikut rangkuman selengkapnya:

Malang

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang.

Rekomendasi kuliner:

1. Warung Tahu Lontong Lonceng

Tahu lontong lonceng ini terdiri dari tahu telor, bisa pakai lontong maupun nasi juga. Ada kecambah, bumbu, kacang, acar, koya kelapa, petis, kecap.

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Operasional: Minggu-Jumat, 10.45-22.00 WIB, Sabtu, 11.00-22.00 WIB

2. Bakso President Malang

Bakso adalah penganan favorit banyak orang. Pembeda bakso malang dengan bakso biasa adalah isi mangkuknya. Dalam mangkok bakso Malang, selain bakso yang dibuat dari daging sapi juga dilengkapi beragam isian lainnya.

Lokasi: Jl. Batanghari, Rampal Celaket, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Operasional: Senin-Jumat, 08.00-21.30 WIB, Sabtu-Minggu, 08.45-21.30 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Probolinggo

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro. Kota Probolinggo, memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Di kota ini sendiri terdapat banyak makanan asli Probolinggo khas dengan cirinya sendiri.

Rekomendasi kuliner:

1. Bakso Eddy

Satu porsi di Bakso Eddy berisi urat berbentuksegitiga, ati, telur serta tahu isi dan bakwan goreng. Aneka menu tersebut makin nikmat dengan siraman kuah bening yang aromanya semerbak. Apalagi ditambah dengan daun seledri serta sambal khas racikan Pak Eddy.

Lokasi: Jl. Soekarno - Hatta, Pilang, Kota Probolinggo, Jawa Timur

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-21.00 WIB

Situbondo

Kabupaten ini terletak di daerah pesisir utara Peta Kuliner dan Wisata Jalur Lebaran Pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif.

 

 
3 dari 4 halaman

Rekomendasi Kuliner:

1. Nasi Sodu

Nasi sodu merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang diberi campuran wortel dan buncis. Intinya nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan tidak lupa cengek alias sambal terasi toge.

Lokasi: Awar-Awar, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo, Jawa Timur

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-18.00 WIB

2. Sate Olean

Sate Olean adalah salah satu kuliner Indonesia yang tak susah dijumpai, tak terkecuali di Situbondo. Di Situbondo, ada sate legendaris milik Hj. Ilmi Mufiddah.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat, Mimbaan Tengah, Kab. Situbondo, Jawa Timur

Jam Operasional: Minggu Tutup, Senin-Sabtu, 07.00-14.00 WIB

3. Lele Bakar Situbondo

Lele bakar bisa langsung dinikmati dengan nasi hangat. Tetapi jika dicocolkan dengan sambal tentu lebih nikmat lagi. Uniknya, sebagian besar bahan lele tersebut dibudidayakan secara organik.

Lokasi: Jl. Raya Banyuwangi Situbondo, Curahlaci, Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-21.00 WIB

4 dari 4 halaman

Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Posisinya sebagai ibu kota kabupaten menjadikan banyaknya gedung-gedung pemerintahan, cabang-cabang perusahaan, dan pusat keramaian yang berdiri di wilayah ini.

Rekomendasi kuliner:

1. Sego Cawuk Warung Bu Mantih

Sego Cawuk terdiri dari nasi dengan campuran kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan dicampur dengan timun serta dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih dan sedikit asam sehingga rasanya pedas segar.

Lokasi: Jl. Kh. Wahid Hasyim, Pancoran Kulon, Rogojampi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00-12.00 WIB

2. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto, bisa soto daging (daging sapi)atau soto babat.

Lokasi: Dusun Kepatihan, Cluring, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: Minggu Tutup, 10.00-16.00 WIB

3. Sego Tempong Mbok Wah

Arti kata tempong itu sendiri adalah tampar, makanan khas banyuwangi yang satu ini memang memiliki rasa yang nampar alias enak sekali.

Lokasi: Jl. Gembrung, Lingkungan Watu Ulo R Bakungan, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-21.00 Wib

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.