Sukses

Fakta-Fakta Perceraian Kwon Hyuk Bin Orang Terkaya ke-4 di Korea Selatan dengan Aset Senilai Rp75 Triliun

Perceraian Kwon Hyuk Bin, yang merupakan orang terkaya ke-4 di Korea Selatan, disebut bakal jadi salah satu kasus perceraian termahal di Negeri Ginseng.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Korea Selatan tengah ramai membahas kasus perceraian pendiri perusahaan gim Smilegate, Kwon Hyuk Bin, dengan istrinya, Lee Hwa Jin. Salah satu topiknya tentang pelibatan aset yang ditaksir senilai 6,72 triliun won (sekitar Rp75 trilliun).

Melansir Yonhap, Minggu, 23 April 2023, orang terkaya ke-4 di Korea Selatan itu telah memulai langkah hukum untuk mengakhiri pernikahannya, industri dan sumber hukum mengatakan Rabu, 19 April 2023. Ini diperkirakan akan jadi salah satu kasus perceraian termahal di Negeri Ginseng.

Secara lebih lengkap, berikut fakta-fakta perceraian Kwon:

1. Mulai langkah legal

Pengadilan Keluarga Seoul telah mengadakan pertemuan praperadilan untuk perceraian Kwon dan istrinya, pertengahan pekan kemarin. Itu merupakan langkah pertama dalam gugatan cerai, menurut sumber tersebut. Lee telah mengajukan gugatan cerai terhadap Kwon pada November tahun lalu, menuntut setengah saham di Smilegate Holdings Inc. yang dimiliki Kwon.

2. Dilarang jual saham

Melansir Korea Times, menurut orang dalam industri pada November 2022, Pengadilan Keluarga Seoul sebelumnya telah mengabulkan perintah yang diajukan istri Kwon untuk melarang pengusaha itu menjual saham miliknya. Perintah seperti itu biasanya dilihat sebagai langkah sebelum gugatan cerai yang akan datang yang mencakup divisi properti dan aset skala besar.

Kedua belah pihak dikabarkan sedang mempersiapkan gugatan cerai dengan berbagai firma hukum. Perusahaan induk milik Kwon, Smilegate Holdings, yang memiliki anak perusahaan pengembang gim, seperti Smilegate RPG dan Smilegate Entertainment, membukukan penjualan 1,58 triliun won dan laba operasi 643 miliar won pada tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Perkiraan Kekayaan

Perusahaan induk milik Kwon jadi pengembang gim terbesar kedua di Korea Selatan dalam hal penjualan tahunan setelah Nexon Korea Corp., yang mencatat penjualan 2,5 triliun won tahun lalu.

Kwon terdaftar sebagai orang terkaya ke-4 di Korea Selatan dalam daftar miliarder terbaru Forbes, dengan kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 5,1 miliar dolar AS. Ia berada di belakang pendiri MBK Partners Michael Kim Byung Ju, juga dikenal sebagai Michael Kim, Ketua Samsung Electronics Co. Lee Jae Yong, dan pendiri Celltrion Seo Jeong Jin.

4. Catatan pernikahan

Setelah lulus dari Universitas Sogang pada 1999, Kwon menikah dengan Lee pada 2001 dan pasangan tersebut memiliki dua anak. Sejak Kwon mendirikan Smilegate pada 2002, setahun setelah menikah, Smilegate Holdings telah berkembang jadi perusahaan raksasa.

Pendiri memegang 100 persen saham di Smilegate Holdings. Karena nilai perusahaan perusahaan gim diprediksi melampaui 10 triliun won, istri Kwon diperkirakan akan mendapat aset hingga 5 triliun won dari perceraian tersebut tersebut.

3 dari 4 halaman

Kasus Perceraian Miliarder Dunia

Kasus perceraian belakangan ini di Korea Selatan cenderung memberi bagian yang lebih besar dari aset pasangan pada ibu rumah tangga, terutama ketika kekayaan suami didapat setelah menikah. Dalam sebuah wawancara media pada 2009, Kwon memuji istrinya karena mendorongnya mengejar impian bisnisnya.

Ini tentu bukan kali pertama publik mendapati kasus perceraian yang melibatkan aset bernilai fantastis. Pada 2019 lalu, pendiri Amazon, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie, telah menyelesaikan seluruh proses perceraian. Berakhirnya seluruh proses pada 4 April 2019 itu disebut-sebut sebagai salah satu kasus perceraian termahal yang pernah ada, rangkum kanal Global Liputan6.com.

Usai berakhirnya proses ini, MacKenzie disebut menuturkan bahwa ia akan memberikan seluruh sahamnya di The Washington Post dan Blue Origin pada Bezos. Meski demikian, ia masih mempertahankan saham di Amazon.

Itu setidaknya sampai MacKenzie dilaporkan menjual 2,5 juta saham raksasa ritel online Amazon miliknya sepanjang 2021, menurut pengajuan SEC. Saham yang ia jual bisa bernilai hingga 8,5 miliar dolar AS (sekitar Rp121 triliun) tergantung pada tanggal pasti transaksi itu terjadi.

4 dari 4 halaman

Wanita Terkaya ke-3 di Dunia

Setelah cerai dari Bezos, MacKenzie jadi wanita terkaya ke-3 di dunia. Ia berada di bawah pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers dan anak pendiri Walmart Alice Walton.

MacKenzie sempat membuat unggahan di Twitter berisi akhir penyelesaian pernikahan mereka. "Bersyukur telah menyelesaikan proses perpisahan perkawinan saya dengan Jeff dengan dukungan satu sama lain termasuk semua orang yang memberi perhatian, " tulis MacKenzie.

Dari pernikahannya selama 25 tahun, keduanya dikaruniai empat orang anak. Sementara tahun lalu, ia dikabarkan telah mengajukan gugatan cerai dari suami barunya, Dan Jewett, setelah kurang dari dua tahun menikah.

Ia menikah dengan guru sains yang berbasis di Seattle itu pada 2021 setelah resmi bercerai dari Bezos pada 2019. MacKenzie mengajukan gugatan perceraian di Pengadilan Tinggi King County di Negara Bagian Washington pada 26 September 2023, menurut keterangan kantor panitera Pengadilan.

Pada 2021, pasangan itu mengumumkan pernikahan mereka tanpa banyak keriuhan dan melalui pesan di halaman web mereka untuk Giving Pledge, sebuah organisasi filantropi yang mendorong orang-orang terkaya di dunia memberi sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.