Sukses

Rekomendasi Wisata Kuliner di Jalur Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, dari Cilegon hingga Karawang

Momentum mudik ke kampung halaman akan kian terasa menyenangkan dengan menikmati beragam hal dalam perjalanannya. Anda dapat mampir ke beberapa rekomendasi peta kuliner dan wisata jalur mudik Lebaran Idul Fitri 2023 mulai dari kawasan Cilegon, Serang, dan Karawang.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum mudik ke kampung halaman akan kian terasa menyenangkan dengan menikmati beragam hal dalam perjalanannya. Anda dapat mampir ke beberapa rekomendasi peta kuliner dan wisata jalur mudik Lebaran Idul Fitri 2023 mulai dari kawasan Cilegon, Serang, dan Karawang.

Dikutip dari Buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Rabu (19/4/2023), berikut rekomendasinya:

Cilegon

Cilegon, salah satu kota yang ada di Provinsi Banten. Cilegon berada di ujung barat laut Peta Kuliner dan Wisata Jalur Lebaran Pulau Jawa, yakni di tepi Selat Sunda. Kota Cilegon dikenal juga sebagai kota industri dan kota penghasil baja.

Rekomendasi kuliner:

1. Pondok Sate Asmawi

Salah satu pondok sate fenomenal di Kota Cilegon. Pilihan menunya cukup beragam, disajikan dengan cepat, sertaharganya cukup murah dan bersahabat.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Jam operasional:

Senin--Jumat, 08.30--22.00 WIB

Sabtu--Minggu, 08.30-22.30 WIB.

2. Nasi Gonjleng

Pada dasarnya, kuliner ini memiliki bumbu mirip dengan nasi kebuli yang beraroma pekak dan kapulaga dan dihidangkan dengan acar dan emping.

Lokasi: Jalan RA. Kartini RT 003/005, Jombang Wetan, Cilegon, Banten.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00--22.00 WIB.

3. Rumah Makan Bu Entin

Di daerah Banten, Rumah Makan Ibu Entin menawarkan ikan bakar yang lezat, serta otak-otak nan gurih untuk oleh-oleh.

Lokasi: Jalan Raya Serang - Pandeglang, Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Jam operasional: Setiap hari, 07.30--22.00 WIB.

Rekomendasi wisata:

1. Villa Ternak Cikerai

Lokasi: Jalan Cikerai Pasir Angin, Cikerai Cibeber, Bagendung, Kota Cilegon, Banten.Jam operasional:Senin--Jumat, 10.00--16.00 WIBSabtu--Minggu, 08.00--17.00 WIB.

2. Pantai Florida Anyer

Lokasi: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Serang, BantenJam operasional: Setiap Hari, 05.00--19.00 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serang

Kota Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten sekaligus mempunyai kedudukan sebagai pusat pemerintahan Provinsi Banten. Kota Serang adalah salah satu dari delapan kabupaten/kota yang berada di wilayah Provinsi Banten. Kota ini berada di bagian utara Provinsi Banten.

Rekomendasi kuliner:

1. Sate Bandeng RM Sampurna

Dalam olahan sate bandeng, daging ikan setelah dihancurkan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian dimasukkan kembali ke dalam ikan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Cipare, Serang, Banten.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00--22.00 WIB.

2. Nasi Sumsum Mang Puri

Nasi bakar sumsum dikenal dengan rasa gurih dan sensasi sedikit pedas. Nasi bakar sumsum disajikan beralaskan piring bambu dan daun pisang dengan aroma rempah yang kuat.

Lokasi: Jl. Kapten Swardo, Kotabaru, Kota Serang, Banten.

Jam operasional: Setiap hari, 17.00--23.00 WIB.

3. Rabeg H. Naswi Magersari

Rabeg merupakan kuliner khas Banten yang wajib dicicipi setelah sate bandeng. Rabeg adalah hidangan makanan yang umumnya berbahan dasar daging kambing ini mempunyai citarasa manis yang gurih dan sedikit pedas.

Lokasi: Jl. Mayor Safei, Kotabaru, Kota Serang, Banten.

Jam operasional: Setiap hari, 12.30--22.00 WIB.

Rekomendasi wisata:

1. Pantai Karang Bolong

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten. Jam operasional: Setiap hari, 08.00--18.00 WIB

2. Rumah Hutan Cidampit

Lokasi: Sayar, Kec. Taktakan, Kota Serang, Banten. Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00--18.00 WIB.

 
3 dari 4 halaman

Karawang

Kota Karawang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota Kabupaten Karawang, wilayah yang termasuk dalam kota ini terdiri dari Karawang Barat, Karawang Timur, Telukjambe Barat, dan Telukjambe Timur.

Rekomendasi kuliner:

1. Pepes Jambal Walahar Cabang H. Dirja

Bila sedang singgah di kota Karawang maka jangan lewatkan wisata kuliner yang aduhai menggoda selera, yakni pepes jambal karawang yang bertempat di samping Bendungan Walahar yang merupakan peninggalan zaman Belanda.

Lokasi: Jl. Raya Kosambi, Duren, Kec. Klari, Karawang, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00--18.00 WIB

Dikutip dari laman Desa Walahar, warung makan ini sudah berdiri sejak 1994. Sejak 1986, Hj. Dirja hanya berjualan ikan patin. Namun karena ikan jualannya sering tidak habis, akhirnya dia memutuskan untuk mencoba berjualan pepes jambal dari ikan patin.

Rekomendasi wisata:

1. Taruma Leisure Waterpark

Lokasi: Perum Grand Taruma, Jl Raya Tol, Sukamakmur, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00--18.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Imbauan Menparekraf Sandiaga Uno soal Mudik Lebaran 2023 yang Aman dan Nyaman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau agar para pemudik memastikan beragam hal sebelum melakukan mudik Lebaran 2023. Salah satu yang paling utama adalah kesiapan kendaraan yang akan digunakan untuk menuju kampung halaman.

"Untuk para pemudik, pastikan mudik 2023 ini kendaraan yang digunakan adalah kendaraan andal, kalau menggunakan bus pariwisata pastikan sudah lolos ramp check dan pengemudinya tidak menyetir lebih dari 12 jam, istirahatlah setelah lewat 12 jam," kata Menparekraf dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin, 3 April 2023.

Sandi, begitu ia akrab disapa, mengingatkan pada para pengemudi untuk tidak beristirahat di mobil. Namun, mereka disarankan mencari tempat istirahat, seperti di desa wisata dan fasilitas lain.

"Diharapkan dengan istirahat yang cukup, (pengemudi) bisa melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman. Utamakan keselamatan," tambahnya.

Selain itu, Sandi juga mengajak para pemudik untuk berwisata di sekitar kampung halaman. "Setelah sampai di kampung halaman, bergeraklah ke destinasi-destinasi wisata setempat dan berkontribusi pada ekonomi lokal dengan mengonsumsi kuliner daerah juga produk-produk ekonomi kreatif lainnya," lanjut Sandi.

"Selamat mudik di Lebaran 1444 Hijriah, mohon maaf lahir batin," katanya lagi.

Dalam rangka menyambut libur Lebaran 2023, dihadirkan pula video kampanye Keselamatan Berlalu Lintas. Video tersebut merupakan sinergi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Kementerian Perhubungan, dan Jasa Raharja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini