Sukses

Imbas Serangan Brutal dengan Kapak di Sekolah, Brasil Batasi Konten Kekerasan di Media Sosial

Pemerintah Brasil menerapkan pembatasan baru pada media sosial, untuk menangani serangan kekerasan di sekolah yang terjadi baru-baru ini. Hal ini dilakukan setelah seorang penyerang menggunakan kapak membunuh empat anak di sebuah prasekolah di Blumenau.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Brasil pada Rabu, 12 April 2023 mengumumkan pembatasan baru pada media sosial untuk menangani serangan kekerasan di sekolah yang terjadi baru-baru ini. Hal ini dilakukan setelah seorang penyerang menggunakan kapak membunuh empat anak di Cantinho Bom Pastor day care center di Blumenau pada 5 April 2023 yang mengejutkan seluruh negara Amerika Selatan.

Dikutip dari South China Morning Post pada Kamis, 13 April 2023, Menteri Kehakiman Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, Flavio Dino, menyatakan bahwa situs web media sosial akan diperintahkan untuk melarang konten dan pengguna yang "mempromosikan atau mendukung serangan atau kekerasan terhadap sekolah”.

Selain itu, perusahaan media sosial juga diminta untuk mengirimkan data ke polisi tentang semua pengguna yang membagikan konten kekerasan. Pemerintah juga memblokir pengguna yang telah dilarang karena membagikan konten kekerasan untuk membuat profil baru.

Kebijakan Brasil ini diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi ancaman serangan kekerasan dan kepanikan di antara keluarga dan sekolah. Platform media sosial yang tidak mematuhi dapat didenda hingga 12 juta real Brasil atau setara dengan Rp35 miliar dan situs mereka dapat ditangguhkan oleh otoritas federal.

Dalam situasi darurat seperti ini, Dino berjanji akan memberlakukan "peraturan ketat" pada media sosial untuk mengatasi ancaman serangan di sekolah. Tindakan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kekerasan di sekolah dan memastikan lingkungan yang lebih aman bagi anak-anak di Brasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waswas Akan Ada Serangan Kembali

Pada situs media sosial dan grup percakapan seperti WhatsApp, pengguna telah berspekulasi tentang kemungkinan kekerasan baru di Brasil pada 20 April, hari peringatan pembantaian di Amerika Serikat pada tahun 1999, yang menewaskan 12 siswa dan seorang guru di Columbine High School, Colorado. Karena alasan ini, pemerintah Brasil meminta polisi untuk memperkuat patroli mereka dalam beberapa hari ke depan.

Mereka juga meminta Twitter untuk mengambil tindakan untuk mengurangi konten yang menghasut kekerasan terhadap sekolah. Sebelumnya, diketahui bahwa seorang pria berusia 25 tahun membawa kapak ke taman kanak-kanak di kota Blumenau di Brasil selatan dan membunuh empat anak kecil dan melukai empat lainnya.

Polisi lokal dan federal sedang menyelidiki kasus tersebut. Kasus ini membuat banyak orang khawatir dan ingin memastikan bahwa tindakan keras diambil untuk mencegah kekerasan di sekolah. Pemerintah Brasil dan otoritas lainnya bekerja sama untuk menjaga keamanan dan mencegah kekerasan di sekolah di seluruh negara.

 

3 dari 4 halaman

Pembunuhan 4 Anak Dengan Kapak

Polisi telah memberitahu media lokal bahwa pelaku serangan telah menyerah dan saat ini berada di tahanan polisi. Menurut pernyataan dari polisi militer, pelaku telah menyerahkan diri di pos mereka di kota tersebut.

Dikutip dari BBC, petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa tiga anak laki-laki dan seorang anak perempuan meninggal dunia di taman bermain. Usia mereka diperkirakan antara empat hingga tujuh tahun.

Ada sekitar 40 anak yang berada di dalam sekolah taman kanak-kanak Cantinho Bom Pastor, yang berarti "Gembala yang Baik", pada saat serangan tersebut terjadi. Pelaku diyakini telah melompati tembok untuk masuk ke taman kanak-kanak swasta tersebut dan menyerang para korban secara acak.

Seorang guru bernama Simone Aparecida Camargo menggambarkan peristiwa tersebut sebagai "pemandangan yang tidak pernah Anda bayangkan akan Anda lihat dalam hidup Anda".

"Seorang kolega datang berlari sambil berkata 'tutup pintu, tutup jendela, karena ada yang masuk ke dalam gedung. Awalnya kami mengira itu perampokan karena dia mencoba masuk, jadi saya mengunci bayi di kamar mandi, lalu seseorang datang ke pintu mengatakan 'dia datang untuk membunuh'."

 

4 dari 4 halaman

Bukan Pembantaian di Sekolah yang Pertama

Menurut Camargo, semua anak dari kelas pra-sekolah sedang berada di taman bermain ketika serangan terjadi. Pria itu membawa kapak dan senjata lain, meskipun jenis senjata itu tidak dijelaskan olehnya.

Ketika berita tentang serangan itu menyebar, orang tua mulai berlari ke taman kanak-kanak untuk mencari tahu keadaan anak-anak mereka. Pejabat kota telah menangguhkan kelas di Blumenau setidaknya sampai besok, dan gubernur negara bagian Santa Catarina, tempat Blumenau berada, telah mengumumkan tiga hari berkabung.

Ini bukan yang pertama kalinya taman kanak-kanak di negara bagian itu menjadi target serangan. Pada 2021, seorang pria berusia 18 tahun membunuh dua staf dan tiga balita di sebuah tempat penitipan anak di kota Saudades.

Presiden Luiz Inácio Lula da Silva mengungkapkan duka cita melalui cuitannya, bahwa "tidak ada rasa sakit yang lebih besar daripada keluarga yang kehilangan anak atau cucunya, terlebih lagi ketika itu melalui tindakan kekerasan terhadap anak-anak yang tidak bersalah yang tidak dapat membela diri".

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.