Sukses

Curhat Penumpang Ketinggalan Pesawat Tokyo-Jakarta karena Tidak Dikabari Perubahan Jadwal oleh OTA, Begini Nasibnya

Penumpang yang ketinggalan pesawat Tokyo - Jakarta itu mengira penerbangannya tetap di jam 4 sore, ternyata pesawat sudah terbang sejak jam 8 pagi. Ia berusaha mengajukan refund, tetapi ditolak OTA. Lalu, bagaimana kelanjutan nasibnya?

Liputan6.com, Jakarta - "Bisa bayangin enggak bagaimana rasanya jadi aku?" begitu keterangan unggahan video yang dituliskan akun TikTok @slaygoldenlady, baru-baru ini. Lewat klip bedurasi 2 menit dan 21 detik itu, mahasiswa Indonesia yang studi di Jepang ini curhat ketinggalan pesawat karena tidak diinformasikan perubahan jam penerbangan oleh online travel agent (OTA).

"Batal pulang ke Indonesia karena booking di Traveloka," ucapnya mengawali narasi video tersebut. "Setiap hari mendekati hari H (penerbangan), pasti cek email terus, takutnya ada perubahan jadwal atau cancelation. Ternyata, seperti manusia jomlo pada umumnya, tidak dapat notifikasi apa-apa. Jadi aku pikir, 'Wah hidup aku mulus-mulus aja nih kayak hidupnya Sisca Kohl.'"

Ia pun bertolak ke Bandara Narita di hari kepulangan ke Indonesia. Sesampainya, ia bertanya ke bagian informasi tentang lokasi check-in penerbangan. "Mbanya berkali-kali lihat komputer, lihat tiket aku, lihat komputer, lihat tiket aku, gitu aja terus, sampai akhirnya diberitahukan bahwa pesawat aku sudah terbang tinggi di udara," katanya, seraya memperlihatkan tangkapan e-ticket pesawat.

Tertera di sana bahwa penerbangan rute Tokyo-Jakarta yang transit di Singapura itu terjadwal pada 29 Maret 2023 pukul 16.00, waktu Tokyo. "Mbanya bilang, waktu yang tertera di tiketku tidak sama dengan jadwal penerbangan yang mereka punya," imbuhnya.

"Aku minta tolong sama teman, dia di Indonesia untuk tolong teleponin pihak Traveloka karena aku kan di Jepang, enggak bisa hubungin pihak Traveloka (biar fast respond)," sebutnya. "Akhirnya dapat balasan dari pihak Traveloka bahwa memang terdapat perubahan jadwal penerbangan yang harusnya aku berangkat jam 4 sore, jadi jam 8 pagi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengajukan Pengembalian Dana, tapi ...

Namun demikian, si pemilik akun TikTok itu mengaku tidak mendapat email konfirmasi terkait perubahan jam penerbangan tersebut dari Traveloka. Karena merasa dirugikan, ia meminta pengembalian dana.

"Tapi ternyata, refund aku ditolak oleh pihak maskapai, padahal menurutku yang salah itu Traveloka karena enggak menginformasikan sama sekali (tentang perubahan waktu penerbangan)," sambungnya.

Di video lanjutan, ia berkata, "Batal flight kemarin itu bikin aku takut karena period of stay aku udah tinggal beberapa hari lagi. Akhirnya aku transfer ke teman untuk tolong cariin tiket. Atas bantuan dan saran dari teman-teman semua di kolom komentar, ya udah deh langsung beli ke (situs web) maskapainya."

"Aku sedih banget bacain kolom komentar, ternyata banyak di antara kalian yang bernasib serupa, dan semoga dengan video aku ini bisa jadi pelajaran, tanpa kalian mengalami hal yang aku alami," imbuhnya.

Ia menyambung. "Teman aku yang bantuin aku dapat telepon dari pihak Traveloka bahwa refund aku langsung disetujui dan akan dikembalikan dalam waktu cepat, langsung tuh aku isi nomor rekening aku, dan besoknya sebelum aku boarding, aku cek rekening, ternyata langsung masuk."

3 dari 4 halaman

Permintaan Maaf Traveloka

Sebagai permintaan maaf dari pihak Traveloka, si pemilik akun TikTok mengaku mendapat kupon. "Ya ampun, harusnya udah dari kemarin-kemarin aku bisa naik pesawat ini. Alhamdulillah aku sampai di Indonesia dengan selamat dan bisa banggain orangtua bahwa aku pulang dari Jepang dengan prestasi."

"Ibu aku kangen banget sama aku, dan rasanya senang banget bisa kumpul lagi sama keluarga," imbuhnya. "Terima kasih ya kepada netizen Indonesia yang benar-benar peduli terhadap sesama. Sekali lagi, aku benar-benar berterima kasih banget sama kalian. Terima kasih. Case closed."

Video curhat ketinggalan pesawat yang mencatat 500 ribu-an penyayangan di TikTok saat artikel ini ditulis juga dibawa ke Twitter, salah satunya oleh akun @indsane. Di sana, tidak sedikit warganet yang akhirnya memberikan saran untuk mengatasi kondisi tersebut.

Akun @thepan_316 menulis, "I have an explanation for this since gue pernah ngalamin juga. Ada plus minusnya kalo beli tiket via 3rd party (ie. Traveloka, tiket.com, Via, etc). Plusnya, potensi lebih murah dengan benefit sama kayak beli direct dari website maskapai. Minusnya flight update ga realtime."

4 dari 4 halaman

Tips untuk Menghindari Ketinggalan Pesawat karena Tidak Ada Informasi dari OTA

Si pengguna Twitter menulis, "Tips yang gue lakuin adalah sejak ketiban kejadian serupa, pertama, bikin account di website maskapai. Kedua, masukin detil penerbangan yang lo beli di 3rd party ke 'manage my booking' situs itu. Since udah masukin detil + no HP + e-mail address, lo dah PASTI dapet update real-time dari maskapai."

Sedangkan akun @hujanbulanjun menyarankan, "Baiknya kalo beli tiket di OTA setelah dapet eticket langsung masukin kode booking di apps maskapai, jadi semisal ada perubahan waktu udah auto ganti di apps, dan klo bisa h-1 check-in online biar tau waktu persisnya."

Di kolom komentar, banyak juga yang mengatakan bahwa masalah ini tidak hanya dialami pengguna Traveloka, namun OTA lainnya. Akun Twitter Traveloka pun membalas utas tersebut, menulis, "Hi Kak @indsane, terima kasih untuk atensi dan masukannya. Saat ini kami sudah terhubung langsung dengan Kak Amane dan masalah sudah terselesaikan."

"Kami akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan kami dan jadi lebih baik bagi semua konsumen kami di manapun berada," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.