Sukses

Berlin Izinkan Perempuan Berenang Telanjang Dada di Kolam Renang Umum

Perempuan akan segera diizinkan untuk berenang telanjang dada di kolam renang umum Berlin, setelah keputusan otoritas kota. Itu terjadi setelah seorang perempuan yang diusir dari kolam renang terbuka karena berjemur telanjang dada mengambil tindakan hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan bakal akan segera diizinkan untuk berenang telanjang dada di kolam renang umum di Berlin. Hal tersebut ditetapkan setelah keputusan otoritas kota tersebut.

Dikutip dari BBC, Jumat (10/3/2023), ini menyusul setelah seorang perempuan yang diusir dari kolam renang umum karena berjemur telanjang dada menempuh tindakan hukum. Perempuan kedua mengatakan dia disuruh menutupi tubuhnya saat berada di kolam renang dalam ruangan pada Desember 2022.

Pihak berwenang setuju bahwa para perempuan tersebut telah menjadi korban diskriminasi. Pihaknya juga mengatakan semua pengunjung kolam Berlin kini berhak untuk bertelanjang dada.

Keputusan tersebut akan disambut baik oleh mereka yang memperjuangkan apa yang dikenal sebagai Freikörperkultur, yakni free body culture. Menurut Cambridge Dictionary, Freikörperkultur berarti 'praktek tidak memakai pakaian biasanya karena dianggap sehat'.

BBC menulis, pengunjung asing ke Jerman sering terkejut dan terkadang benar-benar bingung saat melihat orang Jerman telanjang bermain-main di danaunya. Bahkan ada orang yang telanjang sembari mendengkur di tamannya, atau berkeringat di sauna.

Tapi, Jerman adalah negara yang menganggap ketelanjangan publik di beberapa tempat pantas dan sehat. Meski hal itu diperbolehkan di kolam renang kota, tetapi nyatanya telah mengganggu banyak otoritas lokal.

Musim panas lalu, Göttingen di Lower Saxony dan Siegen di North Rhine Westphalia, Jerman mengizinkan perempuan berenang telanjang dada. Operator kolam renang Berlin, Berliner Bäderbetriebe (BBB), sebenarnya tidak mengubah peraturannya, yang bersikeras bahwa pakaian renang menutupi alat kelamin. BBB hanya mengklarifikasi bahwa ini berlaku untuk setiap pengunjung, terlepas dari jenis kelaminnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederet Manfaat Berenang

Berenang memiliki sederet manfaat baik bagi tubuh. Simak rangkumannya seperti dikutip dari Healthline, Jumat (10/3/2023), berikut ini:

1. Menggerakkan seluruh tubuh

Salah satu manfaat terbesar berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh Anda, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Berikut manfaatnya:

  • Meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh stres
  • Membangun kekuatan 
  • Membangun daya tahan

Ada berbagai macam gaya renang yang dapat Anda gunakan untuk menambah variasi pada latihan renang Anda, antara lain:

  • Gaya dada
  • Gaya renang punggung
  • Gaya renang samping
  • Gaya kupu-kupu
  • Gaya bebas

Masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda, dan air memberikan ketahanan yang lembut. Tidak peduli gaya renang apa yang Anda gunakan, Anda menggunakan sebagian besar kelompok otot Anda untuk menggerakkan tubuh Anda di dalam air.

2. Bagian dalam tubuh juga bekerja

Saat otot Anda mendapatkan latihan yang baik, sistem kardiovaskular Anda juga demikian. Berenang membuat jantung dan paru-paru Anda kuat.

Berenang sangat baik untuk Anda sehingga para peneliti membagikannya bahkan dapat mengurangi risiko kematian Anda. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

3 dari 4 halaman

3. Cocok untuk penderita cedera, artritis, dan kondisi lainnya

Penting untuk mendapatkan persetujuan dokter Anda sebelum memulai atau melanjutkan program olahraga apa pun. Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang aman bagi kebanyakan orang dengan:

  • Radang sendi 
  • Cedera
  • Disabilitas
  • Masalah lain yang membuat latihan berdampak tinggi menjadi sulit

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit Anda atau meningkatkan pemulihan Anda dari cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, dan mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah beraktivitas seperti berenang dan bersepeda.

Yang lebih menarik lagi, ada sedikit atau bahkan tidak ada perbedaan manfaat antara kedua kelompok tersebut. Jadi, berenang tampaknya memiliki banyak manfaat yang sama dengan olahraga darat yang sering diresepkan.

4. Pilihan bagus untuk penderita asma

Lingkungan yang lembap di kolam dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga, seperti menahan napas, dapat membantu Anda memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan risiko asma karena bahan kimia yang digunakan untuk merawat kolam. Bicaralah dengan dokter Anda tentang potensi risiko berenang jika Anda menderita asma, dan jika memungkinkan, carilah kolam yang menggunakan air asin, bukan klorin.

4 dari 4 halaman

7. Meningkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Di sebuah belajar pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah latihan aerobik secara teratur.

Hampir 50 persen orang lanjut usia mengalami insomnia pada tingkat tertentu, jadi ini kabar baik. Studi ini berfokus pada semua jenis latihan aerobik.

Berenang dapat diakses oleh banyak orang yang berurusan dengan masalah fisik yang membuat latihan lain, seperti berlari, menjadi kurang menarik. Itu bisa membuat berenang menjadi pilihan yang baik untuk orang dewasa yang ingin meningkatkan kualitas tidur mereka.

8. Meningkatkan mood

Peneliti mengevaluasi sekelompok kecil penderita demensia, dan melihat peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu. Berenang dan olahraga air tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi penderita demensia. Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati pada orang lain juga.

9. Membantu mengelola stres

Para peneliti mensurvei sekelompok perenang sebelum dan sesudah berenang di YMCA di New Taipei City, Taiwan. Dari 101 orang yang disurvei, 44 dilaporkan mengalami depresi ringan dan merasa stres terkait dengan kehidupan yang serba cepat.

Setelah berenang, jumlah orang yang masih merasa stres berkurang menjadi hanya delapan orang. Sementara lebih banyak penelitian perlu dilakukan di bidang ini, para peneliti menyimpulkan bahwa berenang adalah cara yang berpotensi ampuh untuk menghilangkan stres dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.