Sukses

Lion Air Tambah Rute Baru Sambut Libur Lebaran 2023

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran 2023 menjadi salah satu momen yang banyak dinantikan. Menyambut perayaan tersebut, ada beragam persiapan dan agenda yang dilakukan berbagai pihak, tidak terkecuali dengan dunia penerbangan.

Sebut saja maskapai penerbangan Lion Air yang mempersiapkan penerbangan saat musim libur Lebaran 2023 dengan memerhatikan posisi strategis dinamika pasar di industri penerbangan di Indonesia. Pada periode ini, Lion Air akan menyediakan kesempatan bagi pebisnis, wisatawan dan masyarakat dengan menawarkan berbagai rute penerbangan berjadwal (regular flight) yang menarik.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, persentase peningkatan permintaan pasar selama musim Lebaran dapat bervariasi. Proyeksi tren pasar terhadap angkutan udara periode Lebaran 2023 tumbuh atau meningkat dari periode sebelumnya.

Secara historis, permintaan pasar transportasi udara selama musim Lebaran selalu tinggi, terutama di Indonesia. Lion Air memandang sangat perlu untuk mengantisipasi peningkatan permintaan periode musim ramai. Peningkatan pasar selama libur Lebaran 2023 dipengaruhi oleh:

1. Libur Panjang: banyak karyawan di Indonesia mendapat libur selama Lebaran dan ini memberikan kesempatan untuk bepergian ke kampung halaman atau destinasi pilihan lainnya.

2. Tradisi: merayakan Lebaran bersama keluarga dan teman-teman merupakan bagian penting dari budaya Indonesia, serta banyak orang yang merasa penting untuk menjadwalkan perjalanan jauh untuk merayakan Lebaran bersama.

3. Keuangan: selama musim Lebaran, banyak orang yang menerima bonus termasuk hadiah dalam bentuk uang, yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan udara.

4. Penawaran Khusus: maskapai sering menawarkan program khusus dan menarik selama musim Lebaran, sehingga mendorong orang melakukan penerbangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaringan Potensial Pergi-Pulang

Pada masa liburan dan Lebaran 2023, Lion Air akan menambahkan rute baru dan meningkatkan frekuensi penerbangan ke kota-kota tertentu untuk memenuhi permintaan yang pasar tinggi. Beberapa jaringan potensial pergi pulang (PP) domestik antara lain:

  1. Jakarta – Surabaya
  2. Jakarta – Bali
  3. Jakarta – Medan
  4. Jakarta – Makassar
  5. Jakarta – Yogyakarta
  6. Jakarta – Padang
  7. Jakarta – Palembang
  8. Jakarta – Batam
  9. Surabaya – Bali
  10. Surabaya – Makassar
  11. Surabaya – Lombok
  12. Bali – Labuan Bajo
  13. Bali – Lombok
  14. Balikpapan – Yogyakarta
  15. Balikpapan – Surabaya
  16. Balikpapan – Semarang
  17. Banjarmasin – Surabaya
  18. Banjarmasin – Yogyakarta
  19. Banjarmasin – Semarang
  20. Makassar – Manado
  21. Makassar – Semarang
  22. Makassar – Yogyakarta
  23. Makassar – Kendari
  24. Makassar – Gorontalo
  25. Makassar – Jayapura
  26. Medan – Batam
  27. Medan – Pekanbaru
  28. Batam – Padang
  29. Batam – Palembang
  30. Batam – Surabaya

Penerbangan Lion Air melalui jejaring Lion Air Group, juga berencana untuk meningkatkan rute penerbangan ke destinasi internasional yang terhubung langsung dari Indonesia seperti Singapura, Bangkok, Penang dan Kuala Lumpur dan terkoneksi ke Vietnam (Hanoi, Ho Chi Minh, Da Nang); Taipei; Jepang (Narita, Osaka, Sapporo), India (Mumbai, New Delhi, Amritsar), Australia (Sydney, Brisbane, Melbourne, Perth) dan rute-rute penerbangan lainnya.

3 dari 4 halaman

Persiapan Mudik Libur Lebaran 2023 di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut pihaknya telah mempersiapkan dan mengantisipasi libur Lebaran 2023. Salah satu langkahnya dengan menyiapkan 15 titik posko mudik.

"Termasuk di jalur alternatif, Jalur Lintas Selatan. Kita akan buat tim monitoring karena inilah the mother of all movement of domestic tourist," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar hybrid pada Senin, 13 Februari 2023.

Sandi, begitu ia akrab disapa, melanjutkan bahwa pihaknya harus memastikan setengah dari 1,4 miliar pergerakan wisata Nusantara dapat dicapai dengan momentum libur Lebaran 2023. Guna menunjang hal tersebut, Sandiaga Uno juga menjelaskan terkait protokol-protokol.

"Kami akan mengeluarkan Surat Edaran untuk protokol-protokol yang harus dipatuhi, termasuk protokol kesehatan, keselamatan, dan penyelenggaraan usaha pariwisata serta keberlanjutan lingkungan," lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan berbagai pihak sudahbersiap menjelang libur Lebaran 2023. "Karena walaupun masih bulan April, tapi persiapannya harus dari sekarang," terang Sandiaga Uno.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Pesawat Lebih Murah

Harga tiket pesawat lebih murah, menurut Sandiaga Uno, telah "didoakan selama beberapa bulan terakhir." "Alhamdulillah (harga tiket pesawat sudah turun), walau promosinya tidak sama rata dan belum berlaku di semua provinsi (di Indonesia)," katanya dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin, 20 Februari 2023.

Ia melanjutkan, harga tiket pesawat bisa berangsur turun dan lebih terjangkau seiring meningkatkan ketersediaan kursi transportasi udara tersebut. "(Demi mencapai) 1,4 miliar pergerakan wisnus (wisatawan nusantara) tahun ini, (upaya tersebut) memang harus ditopang semua stakeholders," sebut Menparekraf.

Sandi menjelaskan bahwa pihaknya berharap penurunan harga tiket pesawat bisa lebih merata jelang musim libur Lebaran pada April mendatang. Ia menyebut bahwa harga tiket pesawat ke destinasi-destinasi, seperti Labuan Bajo, Bali, dan Sorong sudah mulai turun.

"Tapi, ke Manado masih mahal tiketnya (pesawat). Kemarin saya dikomplain sama teman-teman yang ke Likupang," ucapnya. "(Karena itu), kami mengajak semua pihak mendukung lebih banyak pesawat untuk beroperasi, menurunkan harga avtur, dan menopang gerakan bangga berwisata di dalam negeri."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.