Sukses

17 Pancake Terenak di Dunia, dari Rusia hingga Venezuela yang Teksturnya Lembut

Pancake di berbagai belahan bumi disajikan dengan beragam cara, berikut adalah beberapa pancakes terenak di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pancake dalam segala bentuk, dibuat dari berbagai bahan telah menghiasi meja makan di seluruh dunia selama ribuan tahun, di setiap budaya dan kepercayaan. Meskipun sulit untuk menemukan definisi pancake yang pasti dan perdebatannya bisa menimbulkan kontroversi.

Pancake diketahui berasal dari daerah Provence di Prancis dan Liguria di Italia. Kuliner ini dikenal sebagai panekuk yang dibuat dari tepung buncis, air, minyak zaitun, dan berbagai bumbu. Secara tradisional pancake dimasak dalam panci minyak tembaga besar yang ditempatkan di oven berbahan bakar kayu, suguhan yang tak tertahankan ini merupakan alternatif bebas gluten yang bagus untuk pizza.

Berikut adalah beberapa pancake terenak di dunia yang dirangkum dari laman CNN, Kamis (23/2/2023).

1. Blinis, Rusia

Di Rusia dan negara-negara Slavia lainnya, panekuk tipis dan bundar yang dibuat dengan tepung soba dan ragi ini biasanya tersedia dalam versi yang lebih besar daripada yang terlihat di banyak restoran mewah. Panekuk sering diberi kaviar atau salmon asap di atasnya. Sebagai makanan pokok Rusia, Blini bisa ditemukan di saat momen Shrove Tuesday dalam minggu perayaan yang disebut Maslenitsa atau "Pekan Pancake".

2. Pancake Protein Rami, Switzerland

Pembatasan dan preferensi diet telah membuat pancake yang tak terhitung jumlahnya, tetapi hanya sedikit yang dapat menyaingi kreativitas lezat pancake protein rami dari koki berbintang Michelin Sven Wassmer di Verve by Sven di Swiss Grand Resort Bad Ragaz.

Swiss terkenal dengan sarapannya yang sehat dan panekuk bebas gluten dari Wassmer menyuguhkan protein rami alih-alih tepung. Topping yang tersedia termasuk pisang, almond, sirup maple dan mungkin hanya sedikit krim kocok.

3. Fluffy pancakes, Japan

Nama Jepang untuk suguhan populer ini adalah "Hottokeki". Tekstur pancake Jepang yang lembut, dibuat dengan menggunakan putih telur dalam meringue yang ditambahkan ke adonan. Taburi pancake dengan apa saja mulai dari beri hingga krim segar, sirup maple hingga bacon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Scallion pancakes, China

Tidak seperti kebanyakan panekuk, Scalion Pancake dari China ini sebenarnya terbuat dari adonan yang menghasilkan tekstur yang renyah dan kenyal. Cukup mudah dibuat di rumah, beberapa orang suka mencelupkannya ke dalam saus dengan kecap atau cabai.

Tapi sajian ini enak apa adanya ketika disajikan panas dari wajan. Variasi regional termasuk versi Shanghai yang menonjolkan lemak babi untuk dekadensi ekstra.

5. Crepes, Prancis

Crepes Prancis yang ultra-tipis ini berasal dari Brittany di Prancis barat laut, jauh di abad ke-13 tetapi sejak itu menjadi favorit di seluruh dunia. Menu ini bisa manis dengan isian seperti pengawet buah, sirup atau cokelat, atau gurih, terkenal dengan ham dan keju, dilelehkan dengan sempurna. Menyaksikan mereka sedang dipersiapkan adalah teater kuliner sejati, karena adonan dibuat perlahan hingga konsistensi sempurna sebelum dilipat.

6. Buttermilk Pancakes, USA

Kental dan halus, disiram sirup maple dan sering disajikan dengan daging asap yang asin dan renyah, hanya sedikit pancake yang menyaingi dekadensi tumpukan klasik pancake Amerika. Saat ini, penggunaan buttermilk dalam masakan klasik ini menghasilkan remah yang lebih halus, kelembutan ekstra, dan bau yang halus. Di mana pun mereka disajikan, pastikan untuk menumpuknya tinggi-tinggi.

7. Latkes, Israel

Hidangan terkenal dari masakan Yahudi Ashkenazi, Latkes mengandung bahan lain yang tidak biasa dalam bentuk kentang. Namun tidak selalu demikian, karena hingga popularitas kentang tumbuh di Eropa Timur pada abad ke-19 resepnya adalah tentang keju. Saat ini kentang parut, bawang bombay, dan telur digabungkan untuk membuat gorengan yang sangat renyah dengan taburan krim asam, saus apel, lox, dan banyak lagi.

8. Masala Dosa, India

Kentang juga disajikan dalam panekuk India yang luar biasa ini dan dapat mencapai ukuran yang luar biasa. Sajian sarapan yang populer di India selatan ini juga dinikmati sepanjang hari di tempat lain.

Adonan dibuat dari beras dan lentil yang difermentasi, sedangkan isiannya yang harum menampilkan kentang dengan biji sesawi, kelapa, kunyit, dan ketumbar. Masala Dosa disajikan dengan chutney, yang bervariasi di seluruh negeri, seperti kelapa, tomat, ketumbar, atau kacang tanah, menjadikannya santapan komunal yang brilian.

3 dari 4 halaman

9. Pancake Gula dan Lemon, Inggris

Pancake tradisional di Inggris sangat mungkin membuat orang Amerika meringis. Kecil dan tipis, disajikan bersama sirup maple yang sangat disukai di AS.

Tapi tidak ada yang meragukan hidangan sederhana dan elegan ini. Hanya ada satu cara untuk menyajikannya pada Pancake Tuesday, sebagaimana orang Inggris menghidangkannya dengan perasan jus lemon dan taburan gula pasir.

10. Pancakes with Peking duck, China

Di China pancake juga hadir dalam bentuk panekuk tepung transparan tipis klasik yang digunakan untuk membungkus bebek Peking yang diolah slow cooking. Tepung terigu, air dan garam adalah bahan sederhana yang digunakan untuk membuat adonan, sebelum pancake dimasak dengan lembut di dalam keranjang pengukus. Kemudian lapisi bebek Anda, tambahkan daun bawang dan saus hoisin atau kacang manis. 

11. Injera, Etiopia

Secara teknis ini lebih seperti roti pipih tidak beragi, tetapi injera adalah makanan pokok di Ethiopia. Kreasi kenyal dan sedikit asam yang terbuat dari tepung teff, juga mencentang kotak pancake kami. Di sini tepung dicampur dengan air dan ersho, yang mirip fungsinya untuk fermentasi. Campuran ini kemudian dituangkan ke dalam wajan atau ke wajan bundar tradisional yang disebut mitad, memastikan bagian bawah yang halus dan bagian atas yang berpori sempurna. 

12. Galettes, Brittany, Prancis

Dari wilayah Brittany yang liar dan indah di Prancis barat laut, Galettes Breton adalah hidangan panekuk yang membuat penduduk setempat sangat bangga. Makanan lezat ini dibuat dengan tepung soba sehat yang dilipat menjadi kotak untuk membungkus isian gurih yang tidak terlalu sehat seperti ham, telur, bacon, atau keju. Jenis pancake ini sangat cocok dipadukan dengan segelas sari apel, tetapi jangan lupa bahwa di Prancis, galettes mengandung alkohol.

4 dari 4 halaman

13. Dutch Baby, USA

Sangat populer di negara bagian Washington, pancake dengan nama yang tidak biasa ini juga dikenal sebagai Bismarck atau popover - sementara orang Inggris akan dimaafkan jika menyebutnya puding Yorkshire. Tapi tidak ada kebingungan tentang metode memasaknya, hidangan dipanggang dalam panci logam di dalam oven. Di AS, panekuk ini sering diberi mentega, gula, dan perasan lemon atau sirup.

14. Cholermus, Switzerland

Canton of Obwalden berada tepat di jantung Swiss dan merupakan rumah bagi pancake yang tidak biasa ini yang diparut sebelum disajikan, biasanya saat makan malam. Cholermus dimasak dengan mentega dan ketika hampir matang, suguhan dipotong dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan sempurna. Sajikan dengan gula, taburan kayu manis dan saus apel. 

15. Pikelet, Australia

Pancake kecil lembut ini kebanggaan orang Australia seperti Vegemite. Namun, jangan bingung akan hidangan Inggris dengan nama yang sama. Di bawah, baking powder ditambahkan ke adonan untuk membuatnya mengembang. Setelah berwarna keemasan, pancake ditumpuk dan secara tradisional diberi krim, gula, dan stroberi segar atau jeli stroberi.

16  Kimchi Pancakes, Korea Selatan

Salah satu panekuk gurih terlezat di dunia berasal dari Korea dan kombinasi bahan-bahannya yang panas, pedas, dan renyah akan membuat Anda menginginkannya lagi. Kimchi adalah lauk tradisional Korea favorit dari sayuran fermentasi, ditambahkan ke tepung, telur, dan lainnya untuk membuat adonan. Setelah digoreng, cita rasa unik berpadu menjadi panekuk yang mendesis dan renyah, cocok untuk dicelupkan atau dimakan begitu saja.

17. Cachapas, Venezuela

Venezuela memiliki panekuk jagung mereka yang tipis dan keju yang luar biasa yang dikenal sebagai cachapas. Penggunaan jagung segar atau beku memberikan rasa manis yang khas pada adonan, sedangkan keju dan mentega segar membuat isian yang tak tertahankan.

Kuncinya, seperti hampir semua pilihan panekuk global, terletak pada cara memasaknya. Goreng sampai berwarna keemasan dan renyah sebelum membiarkan keju queso de mano meleleh di tengahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.