Sukses

Mengintip Kreasi Cantik De'dapoer e.so.ya, Deretan Menunya Jadi Daya Tarik yang Disukai Pelanggan

Passion dalam mendekorasi dan mempercantik sesuatu ternyata mendorong Emanita menciptakan berbagai kreasi cantik yang hadir lewat De'dapoer e.so.ya. Intip cerita selengkapnya, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Selain cita rasa yang lezat, penampilan berbagai kuliner yang terlihat cantik juga menjadi daya tarik yang menarik perhatian para pencintanya. Tak dipungkiri, butuh kreativitas tinggi dalam menciptakan makanan yang terlihat cantik dan Instagenic. Modal inilah yang dimiliki oleh Emanita Soraya yang kemudian dimanfaatkan untuk membangun usaha kulinernya sendiri di Palangkaraya.

Passion dalam mendekorasi dan mempercantik sesuatu ternyata mendorong Emanita menciptakan berbagai kreasi cantik yang hadir lewat De'dapoer e.so.ya. Intip cerita selengkapnya, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pandemi Dimanfaatkan untuk Mulai Membangun Usaha Kuliner

Diakui Emanita, kuliner bukanlah usaha pertamanya. Sejak tahun 2019 ia memang sudah mencoba berjualan berbagai barang seperti daster, masker, hingga strap masker yang diproduksi sendiri. Memasuki tahun 2020, baru ia mulai mencoba fokus membangun usaha kuliner.

"Tahun 202 mulai jual kuliner sepetti dimsum, puding, donat dan lain-lain. Sampai sekarang masih ditekuni via online. Sistemnya menerima pesanan sesuai request customer dan jual hampers di momen besar seperti Idul Fitri atau Natal. Bisa Juga untuk ultah," ceritanya saat diwawancarai tim ManisdanSedap.com.

Ternyata, inspirasi utama Emanita adalah passionnya dalam hal mendekorasi dan mempercantik sesuatu. "Aku suka banget sama yang namanya menghias-hias gitu. Jadi paling suka sama sejenis makanan yang dihias cantik gitu. Seperti ada nilai jual dan nilai seni tersendiri aja buat aku pribadi," ungkapnya.

De'dapoer e.so.ya menjadi nama usaha yang dipilih yang diambil dari singkatan namanya sendiri. “Nama usaha dr singkatan nama saya sndiri ‘e.so.ya’ atau Emanita Soraya. Sekarang depannya dikasih De'dapoer, supaya ada ciri khas kulinernya,” lanjut Emanita.

3 dari 4 halaman

Menu Pre Order yang Jadi Andalan

De'dapoer e.so.ya menghadirkan berbagai macam menu pre order mulai dari dimsum, puding, hingga donat yang jadi andalan dan banyak disukai pelanggan. Emanita tidak membuka jadwal pre order khusus, semuanya bisa dipesan maksimal H-1, kecuali untuk donat yang memang biasanya ready setiap hari.

Selain itu, De'dapoer e.so.ya juga menghadirkan berbagai varian puding yang bisa dikreasikan sesuai dengan request customer. Untuk ukurannya juga beragam, mulai dari diameter 20-24 cm. Puding cup juga tersedia jika memang ada customer yang memesan. Jadi, menu-menu yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

4 dari 4 halaman

Tantangan dan Harapan Usaha Kuliner di Masa Depan

Yang namanya usaha pasti mengalami pasang surut. Berbagai tantangan pun hadir seperti yang dialami oleh Emanita. Misalnya saja soal bahan baku yang makin lama makin naik, sehingga sebagai penjual harus pandai memutar otak agar tidak membuat pelanggan kecewa.

“Sebagian orang ada yang paham perhitungan kita di biaya kemasan, listrik, kreativitas, tenaga, dan lainnya. Tapi sebagian orang hanya memandang dari segi bahan bakunya aja. Jadi kita harus menyesuaikan pangsa pasar atau target pembeli. Kalau masalah saingat pasti banyak banget, tapi Insya Allah sudah diatur semuanya. Semakin banyak saingan, tantangan juga biar tambah semangat jualannya, biar nambah lagi kreativitasnya,” jelas Emanita.

Selain itu, dari segi konsistensi juga merupakan tantangan tersendiri yang membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi Emanita juga merupakan ibu dari 1 anak yang masih balita sehingga semua harus dilakukan sendirian tanpa ada asisten.

Ketika ditanya tentang harapan ke depan, Emanita tentu saja memiliki keinginan untuk terus memajukan usaha kuliner tersebut. “Bisa semakin maju, membuka peluang usaha untuk orang-orang yang butuh kerjaan. Karis manis, berkah untuk penjual maupun pembeli, lancar selalu, Aamiin.” Pungkasnya.

Rencana pengembangan usaha yang dilakukan Emanita pun mendapatkan dukungan penuh dari ManisdanSedap.com. Sesuai dengan visinya, ManisdanSedap.com memberikan dukungan kepada para seller UMKM lokal untuk mempromosikan usaha mereka lebih luas, dengan berperan sebagai ‘etalase’ online yang memajang produk jualan seller secara gratis.

Platform ini sendiri merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. Untuk melakukan pemesanan juga mudah banget, tinggal klik saja tombol order yang tersedia. Nantinya kamu akan terhubung ke nomor WhatsApp sang seller langsung. Pemesanan pun dilakukan di luar platform sehingga lebih praktis!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini