Sukses

Kate Middleton Akui Sulit Membesarkan Anak Saat Ini, tapi...

Kate Middleton semakin gencar mengampanyekan program pendidikan anak usia dini, program dari The Royal Foundation Center for Early Childhood.

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton baru-baru ini berbicara tentang kegembiraan dan tantangan membesarkan anak. Princess of Wales (41), berbicara dengan pembawa acara radio Inggris Roman Kemp tentang bagaimana kesehatan mental, hubungan, dan masa kanak-kanak merupakan bagian dari kampanye barunya, "Shaping Us".

Mengutip dari People, Sabtu (4/2/2023), dalam video baru yang dirilis Jumat, 3 Februari 2023, Putri Kate dan pembawa acara Capital Breakfast berjalan dan berbicara di pedesaan Hertfordshire, Inggris. Saat itu, Kemp menyinggung soal krisis biaya hidup saat ini menambah tingkat stres lainnya.

"Yang harus Anda lakukan adalah melihat-lihat, terutama, Anda tahu, di pedesaan dan melihat orang-orang tidak hanya berjuang membesarkan anak-anak, mereka berjuang memasang atap di atas kepala mereka, untuk dapat menghangatkan rumah mereka," kata pembawa acara radio berusia 30 tahun dan advokat kesehatan mental itu. 

"Ya, tentu saja," Putri Kate setuju. "Dan inilah masalahnya, setiap keluarga berbeda," sambung ibu tiga anak itu.

Menurut Kate, tekanan yang dihadapi orangtua berbeda, sambil memberi perhatian pada anak usia dini. "Ini bukan tentang tekanan ekstra pada keluarga, sebab sebenarnya mereka membutuhkan dukungan dan bantuan untuk memprioritaskan kembali kehidupan keluarga, kehidupan rumah tangga, dan semua yang diperlukan dalam membesarkan anak hari ini karena itu sulit," papar Kate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan Anak Usia Dini

Kate menyambung bahwa hubungan dalam keluarga atau yang mengelilingi seorang anak sangat penting. Lingkungan tempat membesarkan seorang anak sama pentingnya.

"Ini bukan tentang jumlah mainan yang mereka miliki atau jumlah perjalanan yang Anda lakukan bersama mereka. Ini hanya memastikan bahwa mereka mendapat dukungan emosional yang tepat di sekitar mereka dan itu datang dari orang dewasa dalam hidup mereka," tambah Kate.

Kate dan sang pembawa acara berbagi tawa, mereka merasa beruntung karena tumbuh dengan dukungan orangtua dan cinta. Percakapan tulus Kate dan Kemp yang direkam pada Januari 2023 adalah bagian kampanye "Shaping Us", yakni sebuah kampanye baru bagian dari The Royal Foundation Center for Early Childhood, yang diluncurkannya pada Juni 2021.

Inisiatif jangka panjang memulai debutnya minggu ini. Di situs web Royal Foundation, kampanye didefinisikan sebagai peningkatan kesadaran baru yang besar untuk meningkatkan pemahaman publik tentang pentingnya lima tahun pertama kehidupan seorang anak. 

3 dari 4 halaman

Turun ke Masyarakat

Mengangkat percakapan, Putri Kate memberikan pidato penting di London pada Senin, 30 Januari 2023, diikuti dengan peluncuran film Claymation yang menyoroti bagaimana bayi dan anak kecil berkembang dengan respons terhadap pengalaman awal mereka. Sang putri menjalankan misinya di jalan pada Selasa, membawa kampanye "Shaping Us" ke Pasar Leeds Kirkgate.

Di sana, dia mengobrol dengan penjual tentang tahun-tahun awal dan berhubungan dengan anggota masyarakat yang sedang berbelanja. Kepentingan anak-anak dan remaja berada di jantung kehidupan di Leeds, sebuah kota dengan ambisi untuk menjadi tempat terbaik di Inggris bagi anak-anak dan remaja untuk tumbuh dewasa.

Untuk menyebarkan pesan lebih lanjut, Putri Kate juga membuat halaman Instagram baru untuk Royal Foundation Center for Early Childhood, mengunggah video dan foto bersama Champions kampanye Shaping Us. Kemp termasuk di antara kelompok itu, menulis di Instagram Story-nya bahwa dia "sangat beruntung" untuk berbagi obrolan empat mata dengan kerajaan tentang kesehatan mental.

4 dari 4 halaman

Kesehatan Mental

Pada 2021, Kemp merilis film dokumenter BBC Three Our Silent Emergency tentang krisis kesehatan mental yang memengaruhi pria muda di Inggris — alasan utama pekerjaan publik Pangeran William. Kemp membuat film tersebut setelah sahabatnya dan produser pertunjukan Joe Lyons meninggal dengan cara bunuh diri setahun sebelumnya.

"Saya membuatnya hanya untuk menceritakan kisah saya sendiri tentang bagaimana saya menghadapinya, dan kisah orang lain," kata Kemp kepada Men's Fitness of Our Silent Emergency.

"Saya benar-benar berharap itu membantu, dan tentu saja dalam kelompok teman saya sendiri," sambungnya lagi.

Relasi Kate dengan anak-anak sudah terjalin panjang. Bukan rahasia lagi bila calon Ratu Inggris itu punya minat besar terhadap pola asuh dan perkembangan anak. 

Pada Rabu, 18 Januari 2023, istri Pangeran William juga terlihat mengunjungi pusat pendidikan anak usia dini Foxcubs Nursery di Luton, yang menawarkan programnya secara gratis. Diwartakan People, ini adalah kegiatan solo sang Princess of Wales pertama pada tahun ini.

Meski tampil tanpa Pangeran William, Kate Middleton tetap terlihat luwes menjalankan tugasnya. Ia bahkan bercengkrama dengan hangat dengan anak-anak usia 2-5 tahun di tempat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.