Sukses

Sulit Dapat Pekerjaan? Anda Bisa Asah 5 Soft Skills yang Dibutuhkan Perusahaan!

Liputan6.com, Jakarta Kini, gelar sarjana tidak akan menjamin Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Merujuk data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2022, tingkat pengangguran Indonesia tercatat sebesar 5,83 persen dari total penduduk usia produktif yang berjumlah 208,54 juta orang. 

Ironisnya dari 5,83 persen tersebut, sebanyak 14 persennya adalah lulusan jenjang diploma atau sarjana (S1). Bagaimana mungkin mereka yang notabene mengenyam pendidikan tinggi malah banyak yang menganggur?

Nah, untuk Anda semua para fresh graduate yang baru saja lulus, perlu ingat bahwa ijazah S1 pun tak cukup di kondisi yang serba kompetitif seperti saat ini. Anda harus memiliki soft skills yang dapat menunjang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1. Keterampilan Komunikasi

Skill utama yang harus dimiliki oleh fresh graduate adalah komunikasi. Memang banyak yang menganggap bahwa komunikasi itu hal yang mudah, akan tetapi untuk mendapatkan keterampilan komunikasi ternyata sulit lho. 

Keterampilan komunikasi bisa terasah ketika Anda sudah mengikuti beragam organisasi saat di bangku kuliah. Pasalnya, saat mengikuti organisasi, Anda akan dihadapkan oleh banyak orang dan banyak kepentingan. 

Dari kondisi tersebut, Anda diharuskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan komunikasi yang baik. Anda juga harus ingat, tidak sedikit perusahaan mencari karyawan yang pandai berkomunikasi, baik verbal atau nonverbal.

2. Manajemen Waktu

Selain keterampilan komunikasi, manajemen waktu juga penting dimiliki oleh seorang fresh graduate. Dalam bekerja, Anda dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. 

Tak hanya itu, kadang kala Anda akan dihadapkan dengan lebih dari satu pekerjaan. So, Anda harus cerdik dalam melakukan manajemen waktu, ya!

3 dari 3 halaman

3. Pemikiran Kritis

Soft skill satu ini sangatlah penting di dunia kerja. Pemikiran kritis dapat berguna ketika Anda dihadapkan oleh sebuah kondisi yang mengharuskan membuat keputusan secara logis dan cepat.

Pemikiran kritis dapat diasah melalui berbagai cara, salah dua yang termudah adalah dengan selalu membaca dan berdiskusi dengan orang lain.

4. Problem Solving

Salah satu soft skills yang wajib dimiliki fresh graduate adalah problem solving. Pasalnya, Anda akan dihadapkan dengan suatu masalah dan diharuskan menyelesaikan masalah tersebut tanpa menimbulkan masalah baru. 

Anda juga perlu melihat sesuatu dari perspektif yang lebih luas agar keputusan yang diambil mampu terlihat secara holistik.

5. Keterampilan Interpersonal

Soft skills yang juga perlu Anda miliki saat ini adalah keterampilan interpersonal. Keterampilan ini berkaitan erat dengan etika yang Anda bangun dalam suatu perusahaan. 

Keterampilan interpersonal dapat diejawantahkan melalui penghargaan dan penghormatan kepada orang yang ada di sekitar Anda, entah itu rekan kerja hingga cleaning service.

Itulah lima soft skills yang wajib Anda miliki agar mendapatkan pekerjaan impian. Jika Anda belum memiliki kelima soft skills tersebut, ada baiknya untuk melatih diri dari sekarang. Good luck!

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS