Sukses

Fakta Menarik Sakra, Film Terbaru Donnie Yen yang Tayang Jelang Imlek

Film Sakra yang dibintangi aktor Donnie Yen menjadi tayangan menarik untuk liburan Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Donnie Yen kembali pamer kemampuan aktingnya dalam film Sakra yang jadwal tayang pada 18 Januari 2023. Mengutip dari The South China Morning, Rabu (18/1/2023), Yen berperan sebagai Qiao Feng, pemimpin Geng Pengemis setia yaitu sebuah organisasi seni bela diri di dinasti Song Utara yang didominasi Han China (960-1127) di Tiongkok.

Karakter tersebut adalah salah satu pahlawan tragis yang paling berkesan. Qiao, diambil sebagai bayi terlantar dan dibesarkan oleh pasangan suami istri yang kemudian jadi orangtua angkatnya.

Ia tumbuh menjadi seniman bela diri yang sangat kuat yang telah berulang kali memimpin sektenya menuju kemenangan dalam pertempuran untuk mempertahankan tanah air mereka melawan penjajah asing dari utara. Di awal film nasib Qiao sebagai pahlawan disalahpahami ketika identitasnya sebagai keturunan pengembara Khitan terungkap.

Kemudian Qiao dijebak atas pembunuhan komandan kedua Geng Pengemis, orangtua angkatnya sendiri dan gurunya di Kuil Shaolin. Ada banyak adegan aksi dalam film Sakra dari trailer yang sudah beredar di lini masa. Sebelum menonton filmnya di bioskop, simak dulu fakta menarik Sakra yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu (18/1/2023) dari berbagai sumber.

1. Donnie Yen Sebagai Aktor dan Sutradara 

Hebatnya film ini, aktor seni bela diri Hong Kong Donnie Yen membintangi dan menyutradarai sendiri adaptasi novel Demi-Gods and Semi-Devils yang merupakan karya Louis Cha alias Jin Yong. Sementara momen-momen terkenal tertentu dari buku itu dihidupkan dengan jelas, Sakra kewalahan oleh banyaknya karakter dalam daftar pemerannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Adaptasi Novel Terlaris

Adaptasi adegan aksi dari novel epik karya Louis Cha berjudul Demi-Gods and Semi-Devils merupakan salah satu novel terlaris di tahun 1960-an. Pria yang akan berusia 60 tahun itu mengatakan pada pemutaran film yang dihadiri penulis novelnya, bahwa dia berada pada tahap akhir kariernya.

Sebabnya dia sekarang menganggap setiap film aksi seolah-olah sebagai film terakhirnya. Namun seperti banyak adaptasi sebelumnya yang telah mencoba untuk merangkum cerita epik novel Cha menjadi film yang dikemas dengan rapi, Sakra gagal ketika mencoba untuk merangkum makna dalam sejumlah besar karakter dari cerita aslinya.

3. Durasi Film Lebih dari 2 Jam

Film berdurasi 130 menit dan narasinya yang luas mengikuti perjalanan Qiao saat dia meninggalkan semua orang untuk menyelidiki kebenaran tentang orangtua kandungnya. Ia juga mencari tahu bagaimana dirinya bisa selamat dari pembunuhan.

Kemudian dalam cerita tokoh utamanya juga secara tidak sengaja jatuh cinta pada Zhu (Chen Yuqi), seorang gadis pelayan. Dalam salah satu adegan novelnya yang paling terkenal, Qiao berjalan menuju ke rapat dewan yang diadakan oleh mantan sekutu dan musuh lamanya. Mereka dulu sempat bersumpah untuk membunuhnya hingga kini bertemu kembali dalam pertarungan. 

 

3 dari 4 halaman

4. Karakter Pendukung

Dalam Sakra, peran ayah Qiao yang sangat berpengaruh juga dimainkan oleh Yen dalam adegan singkat. Disebut agak membingungkan, dengan beberapa karakter diperankan oleh pemeran utama. Beberapa aktris pendukung film selain Donnie Yen, Sakra juga diperankan sejumlah aktor dan aktris top lainnya, antara lain Kara Wai, Yase Liu, dan Grace Kwan-Hing Wong.

Sakra mungkin membuktikan pengalaman yang jauh lebih memuaskan bagi pemirsa yang sudah akrab dengan kisah Cha yang diilhami Buddha tetapi bahkan bagi yang belum tahu, usaha gagah berani Yen dalam pembuatan film ini harus tetap menawarkan pengalaman yang cukup mengalihkan. 

5. Awalnya Tayang di OTT China

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, film Sakra awalnya diperuntukkan jaringan OTT di China dan didaftarkan di National Radio and Television Administration. Pada Mei 2022 konsep posternya dirilis di Festival Film Cannes. Lembaga Sensor Film mengklasifikasikan film laga ini untuk bisa ditonton usia 17 tahun keatas.

4 dari 4 halaman

6. Jadwal Tayang

Tentunya dengan nama besar Yen yang tidak hanya bintang utama dan produser proyek film ini termasuk wajib ditonton untuk Anda yang lama tak menyaksikan aksinya. Yen kali ini juga berkolaborasi dengan Wong Jing sejak menggarap Chasing the Dragon 2017.

Tetapi Sakra juga menandai kredit penyutradaraan pertama Donnie Yen yang secara resmi dia ambil dalam hampir dua dekade. Adapun Kam Ka-wai dari Big Brother membantu sebagai co-director.

Film Sakra mulai tayang Rabu ini, (18/1/2023) di seluruh bioskop Indonesia. Film ini dapat disaksikan di bioskop XXI/21, Cinepolis, CGV, Platinum Cineplex, NSC, hingga Kota Cinema. Untuk menontonnya Anda bisa melakukan pembelian tiket film Sakra di situs web resmi bioskop seperti di XXI (21cineplex.com), Cinepolis (cinepolis.co.id), CGV (cgv.id). Tentunya juga bisa melakukan pembelian tiket film Sakra secara langsung di bioskop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.