Sukses

Salju Mencair di Musim Dingin, Belasan Resor Ski di AS Terpaksa Tutup

Suhu di kawasan pegunungan salju di AS bahkan sampai mencapai 25 derajat lebih tinggi dari suhu normal, yang memaksa resor ski ditutup.

Liputan6.com, Jakarta - Suhu hangat tak biasa dan minimnya salju di Northeast, Pantai Timur Amerika Serikat, memaksa sejumlah resor ski populer di kawasan itu menuutup operasionalnya. 

Northeast mencatat sederet rekor suhu tinggi di awal tahun baru, melelehkan sebagian besar tumpukan salju di kawasan itu. Di resor ski Vermont, suhu hangat terus mengurangi tumpukan salju dan menghalangi kemungkinan terbentuknya salju alami maupun buatan manusia.

"Baru-baru ini, tidak cukup dingin bagi banyak resor ski untuk membuat salju secara efektif," kata Spencer Spellman, editor senior On The Snow, dikutip dari NY Post, Minggu (8/1/2023).

Spellman mengatakan bahwa curah hujan yang mereka peroleh bersama dengan menghangatnya suhu di Northeast hanya merusak pegunungan. Akibatnya, banyak resor ski menderita.

"Banyak ski resor di New England harus menutup usahanya sementara," kata Spellmand. "Mad River Glen dan Camden Snow Bowl di antaranya, tetapi mereka berharap segera membuka kembali setelah kondisi memungkinkan."

Mad River Glen, sebuah resor ski di Waitsfield, Vermont, berharap bisa mengaktifkan ski kembali segera setelah cuaca menjadi lebih dingin. "Setelah bermain ski yang luar biasa selama minggu liburan, kami terpaksa menangguhkan operasi," demikian pengumuman perusahaan itu. 

Situasi tak jauh berbeda juga dialami kota ski ternama di Burlington, sekitar 40 mil di timur laut Vermont. Suhu di kawasan itu 25 derajat lebih tinggi dari biasanya sebelum tahun baru. Suhu kini masih di rentang 10--15 derajat di atas normal saat tahun baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Perekayasa Salju

Suhu dingin bukan satu-satunya hal yang kurang. Resor ski Vermont juga menderita karena tumpukan salju yang tidak mencukupi.

"Resor ski ikonik seperti Killington dan Stowe telah melihat salju setebal 50 inci, sementara biasanya lapisan salju mencapai 200 inci di musim dingin," kata Spellman. "Jadi, mereka berada pada posisi yang kurang menguntungkan memasuki bulan Januari."

Dengan suhu yang kembali normal akhir pekan ini, Bryan Rivard dengan Ski Vermont berharap beberapa resor populer ini akan mulai mengizinkan pemain ski dan peseluncur kembali. "Area ski di Vermont biasa beroperasi dengan cuaca yang tidak menentu dan akan dapat memperluas medan terbuka dengan cepat segera setelah suhu turun, kata Rivard.

"Itulah salah satu manfaat dari Vermont yang memiliki beberapa sistem pembuat salju terkuat di dunia – mereka dapat memanfaatkan jendela cuaca dingin apa pun untuk membangun pangkalan mereka dan melapisi kembali medan."

Menurut Rivard, beberapa dari 18 resor pegunungan utama di Vermont berencana dibuka kembali akhir pekan ini. Sementara, satu lainnya kemungkinan akan dibuka kembali pekan depan.

 

3 dari 4 halaman

Zona Larangan Merokok

Beralih ke Prancis, sebuah desa kecil, Les Gets, di Pegunungan Alpen Prancis menjadi resor ski pertama di Eropa yang melarang pengunjung merokok di seluruh area komunalnya sejak Desember 2022. Mereka mengutip slogan kampanye barunya: Lets Gets "Wilayah tanpa puntung rokok."

"Sudah bertahun-tahun sejak kami mulai membagikan asbak saku gratis dan itu tidak mengubah apa pun (tentang) berapa banyak puntung rokok yang akan kami temukan di akhir musim ski," kata Benjamin Mugnier, direktur pemasaran di resor ski Les Gets dikutip dari CNN, Kamis, 22 Desember 2022. 

Ia menyambung, "Kami mengadakan hari pembersihan musim semi lalu dengan 100 sukarelawan dan setelah melewati gunung, kami menemukan 3 ribu puntung rokok,". Mugnier menambahkan bahwa dia yakin masih ada lagi yang belum mereka temukan.

Saat itulah dia memutuskan untuk menyarankan larangan merokok. Polisi kota akan berpatroli di sepanjang landasan, dan mereka yang ketahuan sedang menyalakan lampu bisa didenda.

Resor ski bebas rokok sudah beroperasi di bagian lain dunia, seperti Jepang, Selandia Baru, dan Kanada. Tapi Les Gets termasuk baru, sekitar 32 persen orang dewasa Prancis berusia antara 18 dan 75 tahun diidentifikasi sebagai perokok, menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Prancis, dibandingkan dengan hanya 12,5 persen di AS.

4 dari 4 halaman

Puntung Rokok Berserakan

Mugnier mengatakan keputusan untuk bebas rokok sulit tetapi perlu. Aturan tersebut pun tidak hanya berlaku untuk pemain ski dan snowboarder, tapi semua pengunjung resor.

Les Gets, yang terletak di Prancis timur dekat perbatasan Swiss, memiliki musim yang aktif sepanjang tahun, dengan aktivitas mendaki, panjat tebing, dan berkemah. Tempat itu juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung 2022.

Meskipun salju dapat menyembunyikan tumpukan puntung rokok selama sebagian tahun, hal itu menyebabkan kejutan yang tidak menarik ketika pencairan salju dimulai pada musim semi. Namun, Les Gets tidak menerapkan larangan merokok total. Pihak resor telah menyiapkan lima zona khusus merokok di bagian atas lift mereka bagi mereka yang mendambakan rasa tembakau selama liburan ski. 

Semua puntung rokok yang dikumpulkan di area ini akan didaur ulang untuk penggunaan energi, kata resor tersebut dalam siaran pers. Tetapi dengan menjadi yang pertama mencoba pendekatan tanpa asap ini, Les Gets berharap dapat memulai tren baru dalam keramahan sekaligus merawat Bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.