Sukses

Every U Does Good Heroes 2022 dari Unilever Kembali Hadir, Cek Cara Daftarnya di Sini!

Every U Does Good Heroes 2022 siapkan sociopreneurs masa depan untuk beri kebaikan pada lingkungan dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang bisa memberi kebaikan lewat berbagai cara, bahkan yang sangat sederhana sekalipun. Artinya, kamu bisa memberi kebaikan atau menjadi hero dengan membawa perubahan luas bagi masyarakat dan lingkungan. 

Kali ini,  PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali meluncurkan program Every U Does Good Heroes 2022. Masih dalam semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda, lewat program tersebut, Unilever ingin mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat. 

Program Every U Does Good Heroes 2022 merupakan bagian dari kampanye tahunan Unilever global yaitu Every U Does Good yang mengajak masyarakat berbuat baik dengan cara-cara sederhana. Salah satunya dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi diri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk. Kristy Nelwan mengatakan, program tersebut hadir karena sejalan dengan strategi The Unilever Compass. Kristy percaya bahwa perusahaan yang akan bertahan di masa depan adalah yang mampu menjalankan bisnis berdasarkan purpose yang kuat dan memberi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan.

"Untuk itu, kami kembali menggelar kampanye Every U Does Good, kampanye tahunan yang mengajak individu atau perusahaan untuk bisa memberikan kebaikan bagi sekitar, melalui berbagai cara yang sederhana, mulai dari memilih brand yang memiliki purpose hingga menjadi heroes. Tahun ini kami kembali mengajak generasi muda menjadi heroes masa kini dengan bergabung menjadi Every U Does Good Heroes untuk memberikan kontribusi nyata pada lingkungan dan masyarakat," ujar Kristy. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berkontribusi Wujudkan Indonesia Hijau, Sehat, Sejahtera

Jika bicara tentang kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial, para milenial dan Gen Z adalah generasi yang peduli dengan topik tersebut. Hal itu terlihat dari preferensi mereka dalam memilih produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kampanye Every U Does Good sejalan dengan perkembangan perilaku konsumen. Berdasarkan laporan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2022 yang dirilis September 2022 memperlihatkan bahwa 67% milenial dan 66% Gen-Z bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan produk dan layanan yang memiliki dampak baik untuk lingkungan. Studi Databoks pada September 2022 juga menunjukkan bahwa 36,2% milenial dan Gen-Z mulai melirik brand atau produk yang peduli pada lingkungan sosial. 

Dalam Every U Does Good terdapat 15 brand Unilever Indonesia yang berpartisipasi, brand tersebut memiliki purpose yang kuat sejalan dengan tiga pilar kebaikan dalam strategi The Unilever Compass. Dengan sesederhana memilih brand-brand tersebut, kamu sebagai konsumen ikut berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif.

"Sinergi antara brand dan orang-orang dengan purpose yang kuat akan membawa perubahan baik bagi masyarakat dan lingkungan dalam skala lebih besar. Oleh karena itu, melalui Every U Does Good Heroes, kami ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis dalam mengatasi masalah dan mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial," ujar Kristy. 

3 dari 5 halaman

Every U Does Good Heroes Lahirkan Sociopreneurs

Kesuksesan Every U Does Good Heroes di tahun lalu, membawa Unilever kembali menghadirkan program memberi kebaikan untuk lingkungan dan masyarakat ini. Pada pelaksanaan perdananya tahun lalu, Every U Does Good Heroes berhasil menjangkau ratusan anak muda yang memiliki ide, gerakan ataupun program yang luar biasa. 

Program ini akan memilih 10 heroes terbaik melalui proses mentoring dan penjurian. Jadi, 10 heroes terbaik bukan hanya mendapatkan micro grant dari Unilever Indonesia, tapi  juga pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman. 

Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka. Salah satunya Diva Asnawi dengan program KONEKIN (Project BISA). Diva mengaku, setelah menjadi salah satu pemenang program Every U Does Good Heroes 2021, dia mengikuti kegiatan coaching secara intensif dengan mentornya, yaitu Nicky Clara. 

Selain memberikan banyak masukan dalam untuk mengembangkan project BISA, diakuinya Nicky  juga terlibat sebagai salah satu narator dalam penggarapan video cerita aksesibel yang kami buat menggunakan audio dan Bahasa Isyarat. 

"Akses tersebut tentunya menambah pengetahuan dan berkolaborasi seperti inilah yang menjadikan program Every U Does Good Heroes begitu berkesan," kata Diva. 

4 dari 5 halaman

Regenerasi Agen Perubahan

Dijelaskan sebelumnya, ketika mengikuti program Every U Does Good Heroes, kamu akan mendapatkan ilmu dan dibimbing langsung oleh sederetan mentor inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose yang kuat mampu memberikan dampak yang luar biasa. 

Nah, di tahun ini, Every U Does Good 2022 kembali melibatkan sederetan mentor inspiratif, yaitu:

  1. Mohamad Bijaksana Junerosano (CEO & Founder Waste4Change)
  2. Gita Syahrani (Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari)
  3. Dr. Driando Ahnan (Co-Founder Indonesian Tempe Movement)
  4. Ayu Kartika Dewi (Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id), dan
  5. Nicky Clara (Disability Womanpreneur) 

Menurut Mohamad Bijaksana Junerosano program Every U Does Good 2022 banyak bicara mengenai keberlanjutan atau sustainability. Lewat program ini, dia yakin kalau kaum muda memiliki bara api yang tak pernah padam untuk berbuat kebaikan juga sustainable. 

"Artinya, regenerasi untuk membentuk agen perubahan di masa depan menjadi hal yang penting, termasuk melalui mentoring yang kami lakukan nanti. Kami akan memastikan bahwa para peserta akan mendapatkan pendampingan yang maksimal dari berbagai topik, pengalaman, dan perspektif pengetahuan yang berbeda namun saling melengkapi," ujarnya. 

Mentor lainnya, yaitu Driando Ahnan, akrab disapa Ando yang membawa gerakan Indonesian Tempe Movement sebagai sumber makanan bergizi, ramah lingkungan, dan terjangkau ikut menyampaikan pesannya. Gerakan Indonesian Tempe Movement dicetuskan berdasarkan tujuan untuk mendorong aksesibilitas makanan bernutrisi untuk lebih banyak orang melalui tempe. 

"Sebagai salah satu mentor baru di program tahun ini, saya siap berbagi pengetahuan, pengalaman dan berkolaborasi dengan generasi muda yang memiliki purpose yang sejalan terhadap isu-isu sosial, termasuk peningkatan kualitas kesehatan dan nutrisi. Melalui program ini, kita akan sama-sama buktikan bahwa masing-masing punya kontribusi sosial dalam masyarakat untuk membentuk masa depan Indonesia dan dunia," ujar Driando. 

5 dari 5 halaman

Cara Ikutan Every U Does Good Heroes 2022

Kampanye ini bisa menjadikanmu sebagai inisiator kebaikan kalau kamu memiliki purpose dan visi kuat. Tentunya sejalan dengan purpose Unilever Indonesia untuk bantu mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif. 

Dalam prosesnya, kamu akan mengikuti serangkaian kegiatan, seperti proses mentoring hingga penjurian. Nantinya di akhir program terpilih 10 sosok Every U Does Good Heroes 2022. Lalu cara ikut program ini bagaimana sih? Gampang kok! 

Kamu sebagai peserta dapat mendaftar melalui laman ini. Pendaftaran akan ditutup pada 2 Desember 2022, informasi lebih lanjut mengenai program ini, kamu bisa mengunjungi Instagram @unileveridn.

Oh ya, untuk diketahui, 10 heroes terpilih, masing-masing berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program. Dengan mengusung prinsip Heroes Grow Heroes, 10 heroes di tahun lalu juga akan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program tahun ini, agar saling menginspirasi dan berkolaborasi.

Alumni Every U Does Good Heroes 2021, yaitu Ni Putu Gita Saraswati dengan program Kolaborasi Bumi (Menstrucaraka) ikut menyampaikan pendapatnya. Dia mengaku sangat senang karena tahun ini, dia juga berkesempatan memberikan masukan untuk menyempurnakan pelaksanaan program, mengerahkan network yang dimiliki untuk menjaring lebih banyak peserta, hingga berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para peserta dalam kegiatan mentoring. 

"Saya yakin, sinergi kekuatan purpose dari seluruh peserta program ini akan melahirkan banyak ide yang lebih kuat dan tangible untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik," katanya. 

Lebih lanjut, Kristy berharap, peserta yang mengikuti program ini akan mendapat berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mampu mengasah kemampuan mereka untuk menjadi sosok sociopreneur yang andal. 

"Dengan begitu, mereka dapat memberikan dampak nyata dalam menyebarluaskan semangat kebaikan di tengah generasi muda Indonesia," kata Kristy.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini