Sukses

Gandeng 2 OTA, Garuda Indonesia Online Travel Fair Siapkan 10.700 Tiket

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menyelenggarakan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) pada Oktober lalu di ICE BSD, saat ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersama Bank Mandiri menggelar Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2022. Acara ini diselenggarakan secara daring mulai dari 28 November sampai 6 Desember 2022.

Gelaran acara ini hadirkan penawaran khusus potongan harga tiket hingga 80 persen lewat program Best Deal Garuda Indonesia. Promo ini berlaku untuk pemesanan melalui situs resmi Garuda Indonesia, Aplikasi FlyGaruda, serta Agen Perjalanan daring yang mendukung acara ini, yaitu  Traveloka dan Tiket.com. GOTF 2022 kembali memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai penawaran paket perjalanan menarik mulai dari lokal dan internasional, bahkan pembelian tiket ini bisa untuk ke Jeddah, Mekah. 

Gencarnya gelaran acara hasil kerja sama kedua BUMN ini karena status pandemi telah berubah menjadi endemi sehingga situasi aktivitas masyarakat saat ini kembali normal. Selain itu, merupakan upaya perusahaan untuk memperkuat ekosistem pariwisata melalui optimalisasi kanal digital.

Ade Susardi, Direktur {elayanan dan Komersial Garuda Indonesia menyebutkan bahwa, selama pandemi hampir seluruh industri ekonomi terdampak.  Salah satu yang paling terdampak adalah industri pariwisata, khususnya penggunaan pesawat terbang.

Dirinya mengungkapkan bahwa diiharapkan acara ini bisa membantu ekonomi, terutama pada sektor pariwisata Indonesia. “Kita membantu pemulihan ekonomi ketersediaan konektivitas udara untuk seluruh masyarakat yang perlu berpergian,” terangnya pada Liputan6.com, Kamis, 17 November 2022.

Acara ini juga akan mendapatkan grand prize berupa 1 buah mobil Wuling bagi pelanggan dengan pembelian tiket terbesar (top spender) selama program GOTF berlangsung.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Promo Bank Partner

 

Direktur Jaringan & Retail banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan Bank Mandiri telah menyempurnakan Super App Livin' by Mandiri dengan meluncurkan fitur Livin' SUKHA. “Melalui konsep 'one stop solution for all your lifestyle', Livin' SUKHA memungkinkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi dalam satu aplikasi. Salah satu merchant Livin’ SUKHA adalah Garuda Indonesia, dimana nasabah bisa membeli tiket pesawat Garuda, dan mendapatkan promo di GOTF tahun ini,” ujar Aquarius.

Lebih lanjut, pihaknya berharap keikutsertaan Bank Mandiri dalam Sinergi BUMN di GOTF ini dapat ikut mendorong kebangkitan industri pariwisata dan sektor turunannya. Disamping itu, olaborasi ini turut menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan dan semakin memperkuat awareness masyarakat atas kemudahan bertransaksi dengan channel pembayaran Bank Mandiri, terutama Super App Livin’ by Mandiri. 

Untuk melakukan ekspansi ke masyarakat, kerja sama kedua BUMN tersebut dibantu oleh dua online travel agent (OTA) Tiket.com dan Traveloka. Untuk memaksimalkan promo pada GOTF 2022 ini, Garruda Indonesia menyediakan 10.700 tiket.  “Kami berharap dengan periode wkatu yang panjang ini, masyarakat dapat lebh leluasa memilih penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan,” ujar Ade.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tambahan

 

Sementara itu, Iko Putera, CEO of Transport Traveloka menyebutkan pihaknya senang kembali diajak kerja sama sebagai mitra platform pemesanan tiket. Hal ini sejalan dengan komitemen yang dianut Traveloka untuk menghadirkan pengalaman perjalanan terbaik para pengguna dan bentuk upaya dalam memmulihkan sektor pariwisata. 

Tidak hanya diskon untuk tiket penerbangan, tetapi Traveloka juga memberikan diskon untuk Traveloka Akomodasi dan Xperience. Iko mengungkapkan Traveloka Flyers Club Garuda, merupakan program loyalitas konsumen eksklusif untuk para pengguna setia Traveloka dan Garuda Indonesia.

Mereka akan mendapatkan manfaat tambahan, seperti Traveloka points, kupon diskon untuk setiap transaksi penerbangan Garuda Indonesia, tambahan kupon Car Rental, dan  potongan harga hingga Rp500.000 jika menggunakan Traveloka PayLater sebagai metode pembayaran.  Sama halnya dengan Traveloka, Andi Hendrawan, Director of Transportation tiket.com menyampaikan GOTF merupakan gelaran pada momentum yang tepat di saat masyarakat Indonesia memiliki antusias yang tinggi untuk kembali liburan, setelah sebelumnya mengalami pandemi. 

"Kami pun telah menyiapkan tambahan special benefit yang dapat diperoleh melalui platform tiket.com," ujarnya.   Sementara itu, bagi anggota GarudaMiles juga mendapatkan penawaran selama periode ini berlangsung, yaitu kesempatan untuk mendapatkan bonus hingga 2022 mil bagi anggota baru.

4 dari 4 halaman

Pemilihan Travel Fair Daring

Menurut Ade, gelaran Travel Fair ini dipilih secara daring karena ada kebiasaan baru dari seluruh masyarakat untuk menggunakan sistem daring saat ini dan memiliki periode yang lebih panjang dari gelaran GATF. "Beli online itu menjadi suatu kebiasaan baru, sehingga cepat untuk membeli tiket," katanya.

Sistem yang digunakan saat membeli secara daring juga sudah dipastikan lebih aman, sehingga pengguna juga nyaman dan cepat untuk membeli tiket. Nantinya, pada tiap-tiap platform travel agent akan ada banner yang menunjukkan diskon yang tersedia, kemudian pengguna tinggal klik dan memilih untuk tanggal dan tujuan keberangkatan. 

Saat ini, destinasi domestik favorit yang dipilih masyarakat untuk berlibur adalah Bali, Medan, dan Surabaya. Sementara itu, untuk penerbangan internasional yang cukup tinggi antusiasmenya adalah Singapura, Korea, dan Jepang. 

Ade berharap gelaran inii menjadi salah satu agenda rutin yang diadakan karena banyak permintaan dari masyarakat. "Untuk beli tiket kita akan konsisten akan secara offline dan online untuk Travel Fair, akan dibicarakan lagi di 2023."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.