Sukses

Raja Charles III Jadikan Putri Anne dan Pangeran Edward Penasehat Kerajaan Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari Senin lalu, 14 November 2022 Raja Charles III memulai proses untuk menjadikan adik kandungnya yaitu Putri Anne (72) dan Pangeran Edward (58) sebagai Penasihat Negara. Peran kerajaan ini dapat menggantikan raja dalam tugas resmi jika dia berada di luar negeri atau sedang tidak sehat.

Posisi biasanya milik pasangan raja, diikuti oleh empat orang pertama dalam garis suksesi di atas usia 21 tahun. Saat ini, mereka adalah Ratu Camilla, Pangeran William, Pangeran Harry, Pangeran Andrew dan Putri Beatrice, putri sulung Andrew.

Baik Putri Anne dan Pangeran Edward sebelumnya adalah Penasihat Negara sebelum tugas mereka diambil alih dalam garis suksesi takhta. Pangeran Edward saat ini berada di urutan ke-13 sementara Putri Anne di urutan ke-16, setelah turun sesuai urutan karena Raja Charles dan Pangeran Andrew memiliki anak dan cucu.

Diketahui Pangeran Harry (38) dan Andrew (62), bukan lagi bangsawan senior yang bekerja. Anggota Parlemen Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa status mereka sebagai Penasihat Negara dapat menimbulkan konflik kepentingan jika diperlukan wakil untuk bertindak atas nama raja.

Untuk itu, Charles mengusulkan agar Putri Anne dan Edward ditambahkan sebagai Penasihat Negara, menambah daftar orang yang berperan menjadi enam. Permintaan itu dibacakan dan disetujui di House of Lords pada hari Senin, 14 November 2022, BBC melaporkan, memberi jalan bagi Penasihat RUU Negara untuk akhirnya mengamandemen Undang-Undang Kabupaten. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penambahan Peran di Kerajaan

Menurut media setempat, "langkah cepat" itu "dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah konstitusional yang canggung" jika muncul. Dengan Raja Charles, Ratu Camilla, Pangeran William dan Kate Middleton diperkirakan akan menghabiskan waktu di luar negeri tahun depan, konselor bisa menjadi kebutuhan saat mereka pergi.

Permintaan Raja Charles III juga dibacakan di House of Commons, menyebutkan bahwa penambahan lebih banyak orang dalam peran tersebut akan memastikan efisiensi bisnis publik yang berkelanjutan saat dirinya tidak ada, seperti saat melakukan tugas resmi di luar negeri. Perombakan terjadi setelah aksesi Charles sebagai Raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada September. lalu

Di akhir masa pemerintahannya, mendiang Penasihat Negara Ratu adalah Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew. Meskipun waktu telah berlalu, Harry mundur sebagai bangsawan pekerja senior dan pindah ke California pada 2020, dan Andrew dicabut dari gelar dan perlindungan militernya karena hubungannya dengan terpidana pelaku kejahatan seksual Jeffrey Epstein pada Januari 2022. Tapi ternyata  mereka tetap menjadi Penasihat Negara untuk ratu.

3 dari 4 halaman

Foto Raja Charles III

Sementara itu belum lama ini Raja Charles III berulang tahun ke-74 pada Senin, 14 November 2022. Pertambahan usia tersebut sekaligus ulang tahun pertama Charles setelah naik takhta sepeninggal Ratu Elizabeth II yang wafat pada 8 September 2022.

Momen ulang tahun ini diyakini dirayakan secara tertutup bersama keluarga kerajaan. Tetapi, sang raja berbagi kebahagiaan bersama publik dengan mengunggah potret terbaru lewat akun Instagram Royal Family.

Potret yang diambil oleh fotografer favorit Kerajaan Inggris, Chris Jackson itu menyoroti Raja Charles III yang sedang berdiri di bawah pohon oak kuno di Taman Windsor Great Park di bawah sorot sinar matahari musim dingin. Potret tersebut ternyata menandai penunjukan Charles sebagai ranger. 

"Raja secara resmi menjadi Penjaga Taman Windsor Great Park, tujuh puluh tahun setelah ayahnya, HRH Duke of Edinburgh, ditunjuk untuk memegang jabatan tersebut," tulis keterangan akun Royal Family, dikutip Selasa 15 November 2022.

Sebagai ranger, Raja Charles III bertugas mengawasi dan membimbing wakil ranger dan tim dalam mengelola salah satu perkebunan tertua di Inggris sehari-hari. Menurut sejarah, jabatan tersebut pertama kali disandang oleh Sir Henry Neville yang diangkat pada masa pemerintahan Ratu Elizabeth I, tahun 1959.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun

Diketahui selama 460 tahun terakhir, jabatan tersebut biasanya dipegang oleh pemimpin kerajaan atau anggota keluarga kerajaan, termasuk ayah dan kakek Raja Charles III. Pangeran Philip disebutkan sebagai ranger terlama di Windsor Great Park.

"Memegang peran tersebut dari tahun 1952 hingga kematiannya pada 2021. Yang Mulia mengambil peran aktif mengawasi perkembangan, pengenalan kembali Rusa Merah ke Taman Rusa pada 1979 dan pengembangan Pusat Pengunjung Taman Savill dan Paviliun Air Virginia," tulis keterangan tambahan Royal Family.

Adapun anggota keluarga Kerajaan Inggris kompak mengucapkan selamat ulang tahun ke-74 untuk Raja Charles III. Mengutip Daily Mail, Senin, 14 November 2022, akun Twitter Pangeran dan Putri Wales serta Royal Family, mengucapkan selamat hari lahir ke Raja. 

Berbagi foto Raja tersenyum, Pangeran dan Putri Wales mengungkapkan, "Mengucapkan selamat ulang tahun untuk Yang Mulia Raja!" Royal Family mengunggah jepretan foto Raja Charles III yang tampak mencolok. Raja baru diperkirakan tidak akan tampil di depan umum di hari ulang tahunnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS