Sukses

Sambut Halloween, Kuningan City Mall Gelar Horror Night dan Gandeng Komunitas Lari

Kuningan City Mall memberikan ruang kreativitas bagi para pengunjung untuk mengekspresikan gaya Halloween mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam cara dan tempat untuk merayakan Halloween di tahun ini. Tak perlu pergi jauh sampai berdesak-desakan, keseruan Halloween ada di berbagai mal di Indonesia, salah satunya Kuningan City Mall di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kuningan City Mall menggelar Kuningan City Horror Night dalam rangka memeriahkan Halloween tahun ini. Melalui acara yang telah berlangsung selama 29--30 Oktober 2022 ini, Kuningan City menghadirkan berbagai aktivitas menarik.

[bacajuga:Baca Juga](5112300/ 5112307 5113162)

Ada exclusive silent horror live show bersama Detektif Astral, hingga mengadakan Bloody Run dan kolaborasi dengan komunitas lari SELARI. "Beragam event ini kami siapkan untuk menjadi ciri khas Kuningan City Mall yaitu keseruan acara tanpa batas yang akan terus kami sajikan untuk pengunjung setia kami. Keseruan itu kembali hadir dalam acara Kuningan City Horror Night, yang kental dengan nuansa sport dan dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung," terang Christopher Hardja selaku Center Director Kuningan City Mall, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Tidak hanya itu, Kuningan City Mall juga memberikan ruang kreativitas bagi para pengunjung untuk mengekspresikan gaya Halloween-nya masing-masing," sambungnya.

Dengan terselenggaranya Kuningan City Horror Night, Kuningan City Mall diharapkan dapat terus menjadi rumah dan ruang kreativitas bagi para komunitas di kawasan Jakarta. Apa saja acaranya? Berikut rangkaian keseruan yang terangkum dalam Kuningan City Horror Night:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BLOODY RUN, 30 Oktober | Nature Lobby

Aktivitas olahraga makin diminati masyarakat Indonesia di masa pandemi. Untuk itu, Kuningan City Mall kembali berkolaborasi dengan komunitas lari SELARI dengan menggelar fun run dan mengajak para runners untuk kembali berlari dengan titik akhir di Tanjakan 13.

Fun run yang digelar mulai pukul 6.30 ini mengajak semua runners untuk memakai kostum Halloween terbaik mereka. Tidak hanya itu, fun run kali ini akan diikuti tidak hanya dari komunitas lari melainkan juga dapat diikuti oleh para pengunjung setia Kuningan City Mall.

2. DETEKTIF ASTRAL, 30 Oktober| Kokoon Ground Floor

Di edisi Halloween tahun ini, Kuningan City Mall mengajak para pengunjung setia untuk pertama kalinya dapat menyaksikan secara langsung performance dari Detektif Astral. Kreator Youtube ini terkenal dengan interaksinya saat menguak dan memandang sebuah peristiwa dari sisi supranatural. Digelar di Kokoon pada pukul 13.00 hingga 15.30, Detektif Astral akan hadir dengan konsep exclusive silent horror live show yang akan menguak misteri Pompeii.

3. TREATS AND TR'EAT'S, 29--30 Oktober

Bukan hanya mengajak para pengunjung setia untuk menikmati beragam keseruan saat berolahraga, Kuningan City Mall mengajak para pengunjung setia untuk memanjakan lidah dengan menikmati menu spesial yang lengkap saat Halloween dengan beragam penawaran menarik. Ada promo bundling, hingga harga spesial dari tenant pilihan Kuningan City Mall di antaranya: Berlin Doner, Penyetan Cok, O'Crepes, Pluffy Pancakes, Chiju, dan Lovelo.

3 dari 4 halaman

Awal Mula Halloween

Halloween sendiri merupakan arti dari All Hallows 'Eve yang selalu dirayakan pada malam sebelum All Saints 31 Oktober. Perayaan tersebut merupakan tanda hari dari pesta Kristen Barat All Saints untuk memulai musim Allhallowtide yang berlangsung selama tiga hari. Untuk di sebagian besar wilayah Eropa dan mayoritas di Amerika Utara perayaan Halloween merupakan kegiatan yang non-religius.

Mengutip kanal Global Liputan6.com yang melansir dari Britannica, Jumat, 30 Oktober 2022, awal mulanya Halloween merupakan festival dari Samhain pada 1 November. Menurut kalender kontemporer, tanggal tersebut dianggap sebagai awal periode musim dingin, tanggal kembalinya ternak dari padang rumput, dan kepemilkian tanah yang diperbarui.

Maka selama festival Samhain, jiwa mereka yang telah meninggal diyakini akan kembali mengunjungi rumah mereka dan mereka yang meninggal selama tahun itu diyakini melakukan perjalanannya ke dunia lain. Di puncak bukit, orang-orang akan menyalakan api unggun untuk menakuti roh-roh jahat dan menyalakan kembali perapian milik mereka selama musim dingin, terkadang mereka juga menggunakan topeng dan penyamaran untuk menakut-nakuti roh jahat agar tidak dikenali hantu yang berada di sekitar situ.

4 dari 4 halaman

Hari Libur

Dikarenakan cara itulah makhluk seperti penyihir, hobgoblin, peri, dan iblis dikaitkan pada hari itu, periode itu juga dianggap menguntungkan untuk ramalan pada hal-hal tertentu. Pada abad ke-7 M, Paus Boniface IV menetapkan Hari Semua Orang Kudus, yang diawali pada 13 Mei yang kemudian dipindahkan ke 1 November, yaitu malam sebelum hari All Saints.

Perayaan Halloween sebagian besar dilarang pada penjajah Amerika awal, walaupun pada 1800-an berkembang untuk menandai panen dan kemudian memasukan unsur elemen Halloween. Kemudian pada abad ke-19, imigran Amerika membawa kebiasaan kegiatan Halloween.

Pada abad ke-20 kegiatan itu menjadi salah satu hari libur utama di Amerika, khususnya anak-anak. Halloween selain menjadi hari libur sekuler, kegiatan perayaan itu juga menjadi salah satu praktik menarik untuk mengekspresikan lelucon yang biasanya tidak berbahaya.

Biasanya dari selebritas pun ikut mengenakan topeng dan kostum untuk pesta dan untuk Trick-or-treaters yang dianggapkan sebagai praktik Inggris yang mengizinkan orang miskin untuk meminta makanan disebut juga soul cakes atau kue jiwa. Trick-or-treaters adalah salah satu ucapan untuk seseorang yang akan pergi ke rumah rumah dengan ancaman bahwa mereka akan melakukan trick jika mereka tidak menerima hadiah, biasanya orang-orang akan memberikan mereka sebuah permen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.