Sukses

Toilet Umum Bernuansa Emas di Pom Bensin, bak Masuk Hotel Bintang 5

Siapa yang bisa menebak di mana lokasi toilet mewah bernuansa emas itu?

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, toilet umum dibangun seadanya selama dapat memfasilitasi publik. Tak jarang pula kita menemukan toilet umum yang jorok tetapi terpaksa dipakai karena keinginan untuk buang air sudah tak bisa ditahan.

Namun, situasi itu tak ditemukan di toilet yang satu ini. Lokasinya ada di salah satu pom bensin di Indonesia. Toilet umum ini memiliki desain mewah dan estetik, bak kamar kecil yang ada di hotel bintang lima. 

Dekorasi kamar mandinya terlihat 'sultan' abis. Hal itu diketaui dari unggahan pengguna akun TikTok @queen_mamita. "Udah pernah nemuin toilet SPBU kaya gini juga belum guys?" tulisnya, dilansir dari unggahannya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Toilet ini menggunakan ubin bernuansa cokelat sebagai dindingnya. Kesan estetik makin terasa dengan pemilihan ubin bermotif batik dengan warna keemasan.

Toilet ini juga menyediakan cermin rias lengkap dengan lampu layaknya cermin-cermin yang digunakan para MUA (Makeup Artist). Bagi yang ingin memperbaiki riasan di sini, tidak perlu khawatir jika wajah Anda terlihat kurang terang.

Toilet umum ini juga dihiasi berbagai elemen dekoratif, seperti vas bunga dan lukisan, yang menambah kesan mewah. Kamar mandi ini juga dilengkapi dengan kursi rotan dan kayu. Jadi, Anda yang menunggu antrean tidak perlu lelah berdiri, bahkan bisa-bisa lebih memilih duduk di kursi terebut selama beberapa saat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lampu Gantung

Kesan mewah bertambah dengan penggunaan lampu gantung dengan ornamen kristal. Toilet dalamnya juga terlihat sangat bersih, tak ada kesan jorok seperti yang biasanya kita lihat di toilet umum pom bensin. 

Bedanya lagi, pengguna toilet harus melepas alas kaki untuk menjaga kebersihan. Satu hal lagi, untuk menggunakan toilet ini, tidak dipatok biaya khusus. Pengguna diperbolehkan membayar seikhlasnya.

Kalau Anda penasaran ingin melihat dan merasakan langsung, toilet tersebut berlokasi di SPBU Cada Kukun, Tangerang. Tentunya kita berharap ada semakin banyak toilet yang bersih dan nyaman seperti di SPBU tersebut. Kalau itu terjadi, pasti Indonesia tak akan masuk dalan daftar negara dengan toilet umum terburuk di dunia.

Adalah Graham Askey, pria asal Inggris yang sudah menghabiskan uang 150 ribu pound sterling (sekitar Rp2,5 miliar) untuk mengunjungi 100 negara dalam pencarian toilet umum terburuk di dunia. Di antara daftarnya, ternyata ada nama Indonesia. Kendati, pilihan teratas penulis perjalanan itu jatuh pada toilet umum yang disebutnya sebagai "lubang neraka" di Tajikistan. 

3 dari 4 halaman

Tempat Paling Tidak Ramah

Melansir The Sun, Jumat, 23 September 2022, bilik toilet dari beberapa potong kayu di Tajikistan itu diselimuti kain yang digunakan oleh penghuninya sebagai tisu toilet. "Fasilitas mengerikan" ini meninggalkan kotoran manusia yang terjemur di lantai toilet, sementara ular dan tikus mengintai di bebatuan di dekatnya. Askey menjelajahi dunia untuk mengunjungi ratusan toilet dan 36 dari "toilet paling jelek" ada di buku barunya, Toilets of the Wild Frontier.

Lainnya adalah wastafel di Bangladesh, sementara bak mandi di China penuh dengan air seni dan tinja. Sebuah gubuk panggung setinggi tiga meter di Indonesia, atau yang kita kenal sebagai jamban, juga masuk dalam daftar tersebut.

Ada juga kursi kayu dengan dudukan toilet built-in di Benin. Askey berkata, "Mereka adalah tempat paling tidak ramah di Bumi, dan menghabiskan satu menit di dalam salah satu dari mereka tidak akan terpikirkan, kecuali dalam keadaan yang paling buruk."

"Masing-masing dari toilet ini akan muncul untuk menarik anggota masyarakat yang belum menguasai seni dasar 'membidik,'" imbuhnya. Askey menyebut hanya memotret bagian luar toilet umum terburuk yang ia kunjungi untuk menghindari konten yang "membuat orang-orang muntah."

4 dari 4 halaman

Toilet Transparan

Penampakan itu kontras dari toilet umum di Jepang yang viral beberapa waktu lalu. "Saya pikir saya akan melihat sesuatu. Tapi, saat pintu terkunci, swoosh," kata seorang warga Tokyo, Masataka Kumasaki, mengomentari keberadaan toilet umum transparan di Negeri Sakura, melansir SCMP.

Didesain para arsitek dari Shigeru Ban sebagai bagian dari proyek Tokyo Toilet, keberadaan toilet umum transparan ini sukses mencuri perhatian. Saat tidak dipakai, publik bisa melihat jelas bagian dalam toilet umum tersebut.

Saat pintu dikunci, kaca transparan yang jadi materialnya langsung buram. Dengan begitu, sang desainer mengatakan, publik bisa melihat dulu apakah toilet benar bersih sebelum menggunakannya.

Menurut Lonely Planet, bilik toilet umum transparan ini telah ditempatkan di Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park di kawasan Shibuya, Tokyo. Dengan sentuhan kaca transparan berwarna oranye, merah, hijau, biru, dan ungu, toilet-toilet ini menambah kesan vibrant di area taman.

Karena pemilihan warna di fasilitas toilet umum transparan itu pula, saat malam, bilik toilet umum transparan ini punya manfaat lain. Warna yang dihasilkan karena pemilihan material menambah semarak suasana taman setelah matahari tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.