Sukses

Indonesia Masuk 4 Terbaik di Kontes Kostum Nasional Miss Grand International 2022

Sebelumnya, kostum nasional Indonesia berhasil masuk daftar 10 terbaik di kontes Miss Grand International 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berhasil masuk daftar empat terbaik dalam kontes kostum nasional Miss Grand International 2022. Kabar ini disampaikan melalui unggahan di akun resmi kontes kecantikan tersebut pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Unggahan video singkat itu memperlihatkan keempat konstestan yang lolos berbalut kostum nasional dari negara masing-masing. Salah satunya, Miss Grand Indonesia, Andina Julie yang mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

"Berikut adalah hasil voting kostum nasional #TOP4 untuk (Putaran2), dengan total skor dari 2 channel, Instagram dan Facebook Miss Grand International, dengan urutan skor sebagai berikut: Miss Grand Vietnam, Miss Grand Thailand, Miss Grand Indonesia, Miss Grand India," bunyi keterangan unggahan itu.

Votes yang masuk dihitung pada 15.00 (waktu Jakarta) pada Minggu, 23 Oktober 2022. Pihak penyelenggara akan terus membuka voting di putaran ketiga untuk mendapatkan dua teratas untuk kontes kostum nasional.

Pemberikan suara untuk mendukung perwakilan ini juga tetap akan dilakukan melalui dua channel, yakni Instagram dan Facebook Miss Grand International. "Namun, pemilih harus mengikuti Facebook dan Instagram MGI terlebih dahulu, jika tidak, suara mereka tidak akan dihitung," lanjut keterangan itu.

Pihak penyelenggara Miss International 2022 juga menyebut tahun ini mengadakan kontes kostum nasional, dengan satu vote dan satu seleksi dari juri. Pemenang akan diumumkan di malam grand final kontes kecantikan pada esok hari, Selasa, 25 Oktober 2022.

Sebelumnya, kostum nasional Indonesia lebih dahulu masuk daftar 10 besar. Hal ini juga disampaikan di akun Instagram resmi Miss Grand International 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masuk 10 Terbaik

"Berikut adalah hasil voting kostum nasional #TOP10 untuk (Putaran1), dengan total skor dari 2 channel, Instagram dan Facebook Miss Grand International, dengan urutan skor sebagai berikut:

Miss Grand Thailand

Miss Grand Vietnam

Miss Grand Indonesia

Miss Grand Cambodia

Miss Grand Brazil

 

Miss Grand Malaysia

Miss Grand Myanmar

Miss Grand India

Miss Grand Mozambique

Miss Grand Mauritius

 

Votes dihitung pada 11.59 (waktu Jakarta) pada 22 Oktober 2022," demikian bunyi keterangan pada unggahan 22 Okotber 2022 itu.

 

Wakil Indonesia Andina Julie menjadi salah satu kontestan yang tampil di pentas National Costume Miss Grand International 2022. Acara ini dihelat di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat, 21 Oktober 2022, di panggung kompetisi National Costume Miss Grand International 2022, lebih dari 60 kontestan memamerkan kostum yang merepresentasikan budaya dan tradisi negara mereka masing-masing. Begitu pula dengan Miss Grand Indonesia 2022 yang tampil memukau mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

3 dari 4 halaman

Kostum Nasional Reog

Kostum nasional Indonesia sendiri mengusung tema "The Mystical Art of Reyog". Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Sosok di balik penciptaan kostum nasional yang spektakuler tersebut adalah desainer asal Bali, Inggi Indrayana Kendran. Sementara, rancangan dasarnya dibuat oleh Grandeffyl.

Tampilan anggun nan gagah tercipta ketika Andina berbalut kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditampilkan lewat karakter Singa Barong atau sebutan populernya Barongan.

Dalam legenda Reog, Barongan digambarkan dengan sosok singa raksasa yang ditakuti dengan bulu-bulu burung merak di atasnya. Kehadiran sentuhan tersebut ternyata memiliki arti tersendiri.

"Singa merepresentasikan Raja Majapahit, sementara bulu merak adalah ratunya sebagaimana Reyog menceritakan kisah tentang perjuangan seorang pangeran yang ingin melamar putri cantik," demikian jelas Inggi mengenai makna dan kisah di balik kostum nasional Indonesia.

4 dari 4 halaman

Makna Istimewa

Tak hanya desain yang spesial, Pendiri Yayasan Mega Bintang sekaligus Direktur Nasional Miss Grand International untuk Indonesia, Ivan Gunawan menyebut masih ada suguhan spesial di balik kostum nasional Indonesia kali ini. "Yang membuat spesial, karena Reog merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," kata Ivan.

"Kali ini, Indonesia mewujudkan Reyog menjadi national costume dengan pendekatan teknologi. Ini menandakan bahwa unsur budaya tradisional bisa dipadukan juga dengan kemajuan teknologi terkini," tambah desainer yang akrab disapa Igun itu.

Andina mengungkapkan rasa bangganya dapat membawa kostum Reog di pentas kontes Miss Grand International 2022. "Aku bangga banget. Ini baru kali pertama aku berlaga di ajang semegah ini," terang Andina.

"Aku disandingkan dengan Miss Grand dari semua negara di dunia. Bagiku kompetisi ini enggak sekadar kompetisi, tapi juga ajang buat aku belajar dan membuka mataku tentang dunia," tambah perempuan berusia 21 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.