Sukses

Lamaran dengan Seserahan Bernilai Fantastis di Masamba, Berisi BPKB Mobil sampai Sertifikat Rumah

Lamaran yang berlangsung di Masamba baru-baru ini viral dengan seserahan dengan deretan barang-barang bernilai fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi lamaran dalam berbagai tradisi menjelang pernikahan biasanya disertai dengan pemberian seserahan dari pihak laki-laki ke pihak perempuan. Baru-baru ini, salah satu lamaran di Sulawesi Selatan sukses mencuri atensi publik.

Bukan tanpa alasan, tetapi lamaran yang berlangsung di Masamba tersebut dilengkapi dengan seserahan bernilai fantastis. Kisah ini bermula dari unggahan yang dibagikan melalui akun TikTok @hikenn_no_ace pada 15 Oktober 2022.

Video singkat berdurasi 10 detik tersebut mengabadikan deretan kotak seserahan yang berisi MacBook, iPhone, uang panaik, sampai beberapa produk lain. Di depan kotak seserahan, terdapat tiga bingkai besar yang dihias apik berisi BPKB mobil sampai sertifikat rumah.

"Panaiknya lu tebak aja sendiri berapa #FlexEveryAngle #fyp," tulis pemilik akun hikenn_no_ace dalam kolom keterangan unggahan tersebut.

Sejak diunggah, video tersebut telah menarik perhatian banyak warganet karena unggahan telah disaksikan lebih dari 753 ribu kali, disukai 47,7 ribu kali, dan dikomentasi lebih dari 1.400 kali. Warganet pun turut membanjiri kolom komentar unggahan itu.

"Iphone, macbook, sertifikat, bpkb, luar biasanya," tulis seorang warganet. "Masa depan cerah. Cerahhh banget," tambah lainnya. "Untuk calon suamiku, bismillah peka," tulis warganet lain.

"Allhahumasholli ala Sayidina Muhammad semoga nular ya Allah amin amin amin ya rabb," ungkap seorang warganet. "bismillah allahumma sholli ala syaidina muhammad semoga nular," tulis lainnya.

Sementara, pemilik akun TikTok hikenn_no_ace membalas, "Wah terima kasih yg sudah mampir, maaf nd bsa balaa semua satu2."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah di Balik Video

Pengunggah video, yakni pemilik akun TikTok hikenn_no_ace, atau akrab disapa Hiken, membagikan kisah di balik prosesi lamaran dengan seserahan bernilai fantastis itu. "Kronologisnya itu tanggal 15 (Oktober) berlokasi di Masamba," jelas Hiken melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Kamis (20/10/2022).

Hiken mengungkapkan, "Kebetulan bukan saya vendornya hanya dapat kiriman dari adek yang kebetulan wedding organizer di sana."

Dalam video, dikatakan Hiken, mengabadikan erang-erang atau dalam istilah Bugis yang bisa diartikan sebagai seserahan dari calon mempelai pria untuk mempelai perempuan. "Di video uang panaik Rp500 juta, ada 1 sertifikat rumah, 1 BPKB mobil, 1 set berlian, 1 set emas, sama 2 logam mulia 50 gram, plus seserahan yang serba branded," lanjutnya.

Hiken menambahkan bahwa calon mempelai pria berasal dari Jawa, sedangkan mempelai perempuan berasal dari Masamba, Sulawesi Selatan. "Kebetulan momen videonya baru pettu ada (lamaran)," ungkapnya.

"Resepsi di Januari 2023 berlokasi di kediaman perempuan di Masamba," demikian tutup Hiken soal seserahan bernilai fantastis tersebut.

3 dari 4 halaman

Seserahan Mewah

Lamaran dengan seserahan mewah sebelumnya juga dibagikan melalui akun TikTok pada Maret 2022 lalu. Akun TikTok @afaandini mengunggah miniatur rumah berkonsep minimalis di salah satu di kotak seserahan kerabatnya.

Ada berbagai barang mewah yang diserahkan yang membuat banyak orang berdecak kagum. Di seserahan juga tampak sertifikat hak milik (SHM) rumah yang diikat dengan sebuah pita cantik.

Sertifikat itu diletakkan di atas maket atau miniatur rumah yang berada di dalam kotak seserahan. Menurut pemilik akun, dalam SHM itu dituliskan nama pemilik rumah adalah nama calon mempelai perempuan.

Hal tersebut menjadi pertanda, bahwa mempelai lelaki memang telah menyiapkan rumah atas nama calon istrinya, untuk mereka tempati bersama setelah menikah. Acara lamaran itu sendiri berlangsung di Jepara, Jawa Tengah.

"Jepara keras, Lur. Lamarannya nggak tanggung-tanggung," tulis pemilik akun tersebut pada 14 Maret 2022.

Selain sertifikat rumah, beberapa kotak seserahan lainnya juga diisi dengan sepatu Nike, perhiasan hingga tas hitam dari brand mewah Yves Saint Laurent (YSL).

4 dari 4 halaman

Seserahan Sapi

Pada akhir 2021 juga pernah viral seserahan yang dibawa oleh pria di Pati, Jawa Tengah. Dalam salah satu video yang diunggah akun @dy.araaaaaa pada 30 November 2021, tampak barang-barang mewah yang dibawa oleh pria untuk melamar calon istrinya.

Selain barang-barang yang umumnya dibawa saat lamaran, pria itu juga membawa sapi. "Pati keras lur ora sapi ora rabi (Pati keras lur, tak ada sapi tak bisa menikah)," demikian bunyi keterangan yang disertakan oleh pengunggah video.

Dalam video terlihat seserahan yang dibawa oleh warga Pati, Jawa Tengah tersebut begitu banyak. Ada hasil bumi seperti pisang hingga buah-buahan lainnya. Seserahan tersebut terlihat dibawa oleh rombongan calon mempelai pria dengan dua buah mobil truk.

Seserahan yang lainnya berupa barang perabotan rumah, mulai dari lemari hingga bed cover. Rombongan mempelai pria terlihat begitu kesusahan saat menurunkan sebuah lemari kayu besar dari atas mobil truk yang mengangkutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.