Sukses

Sosok Miss Grand Kamboja 2022 Pich Votey Saravody yang Mengaku Tidak Suka Pria

Miss Grand Kamboja 2022 Pich Votey Saravody adalah salah satu finalis Miss Grand International 2022 yang telah mengikuti rangkaian acara prakontes di Bali dan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Grand Kamboja 2022, Pich Votey Saravody, adalah salah satu finalis yang baru saja mengikuti acara prakontes dan serangkaian agenda Miss Grand International 2022 di Bali dan Jakarta pada 5--14 Oktober 2022. Ada banyak sisi dari Vati, sapaan akrabnya, yang telah terungkap ke publik.

Ini termasuk pengakuan bahwa dara 23 tahun itu "tidak suka pria." Bukan tanpa sebab, kisah ini diungkapnya melalui sebuah wawancara yang termuat dalam akun Facebook Beauty Pageant Reviewer yang dibagikan Senin, 17 Oktober 2022.

Berawal ketika Vati ditanya siapa aktor favoritnya. Ia menjawab, "Tidak ada! Karena saya tidak suka pria!" Narasi ini kemudian diulanginya dengan menambahkan, "Saya tidak suka pria, karena ketika saya berusia enam tahun, saya dilecehkan oleh teman-teman ayah saya (pelecehan seksual)."

Di kesempatan yang sama, Vati juga bercerita hal lain tentang dirinya. Ia mengaku berprofesi sebagai aktris dan model di Kamboja. "Saya seorang gadis yang lahir dan besar di laut, provinsi yang indah, Provinsi Sihanouk, timur laut Kamboja," tuturnya.

Ketika kemampuan berbahasa Inggrisnya dipuji, Vati menjawab, "Saya ingin mengatakan yang sebenarnya. Saya tidak tahu bagaimana berbicara bahasa Inggris sebelumnya karena saya tidak punya uang untuk belajar. Tapi ketika saya bekerja, berkarier sebagai aktris, saya punya uang."

"Saya belajar bahasa Inggris selama enam bulan sebelum mengikuti kompetisi Miss Grand Kamboja. Karena saya ingin berbicara bahasa Inggris, saya ingin menunjukkan perjuangan saya dengan impian saya untuk jadi Miss Grand International 2022," imbuhnya.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk warga Kamboja dan membuat mereka bangga karena memiliki saya sebagai ratu kecantikan Kamboja," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar Bahasa Lain

Vati juga mempelajari  bahasa Thailand lewat menonton film. "Saya suka menonton film Thailand dan lebih menyukainya (daripada film lain). Saya tahu sulit untuk belajar bahasa Thailand karena saya tidak punya uang. Anda tahu, saya menonton satu film Thailand 10 kali," tuturnya.

Ia menyambung, "Saya telah menonton semua film, termasuk Channel 3, 7, serta Miss Grand. Saya suka menonton sesi tanya jawab."

Vati bahkan menyebut bahwa jika dirinya tidak menang, ia menjagokan Miss Grand Thailand 2022 Engfa Waraha. "Ia (Engfa) adalah seorang pejuang dan saya juga seorang pejuang," ia mengatakan. "Saya sangat menyukainya karena ia berbakat dan dapat bekerja dengan semua (elemen) MGI."

Mengutip Angelopedia, Selasa (18/10/2022), Vati tercatat fasih dalam empat bahasa, termasuk Khmer, Thailand, Inggris, dan sedikit Mandarin. Publikasi itu mencatat bahwa Vati merasa kontes kecantikan bersifat progresif karena para wanita merasa didorong dan diberdayakan untuk tampil di atas panggung. 

Malam puncak Miss Grand International 2022 akan berlangsung pada Selasa, 25 Oktober 2022. Dalam acara prakontes, para finalis salah satunya telah mengikuti "Bali Agung the Grand Show with Miss Grand International" pada Selasa, 11 Oktober 2022 di Bali Agung Theater Bali Safari and Marine Park.

3 dari 4 halaman

Pakai Busana Tradisional Bali

Dalam unggahan di akun Instagram resmi Miss Grand International, para peserta dari berbagai negara terlihat mengenakan ragam pakaian tradisional Bali. Ada yang memakai baju adat Bali, seperti Payas Agung lengkap dengan prada (serupa stagen) dengan selendang yang disampirkan ke bahu.

Terdapat pula yang mengenakan memakai atasan bermotif batik. Untuk bawahan, ada yang terlihat memakai songket khas Bali yang panjang hingga mata kaki dengan warna dan corak khas Pulau Dewata. Soal pentaan rambut, hampir semua perserta terlihat disanggul berhias mahkota mewah.

Kemudian, menggantikan sesi baju renang, para finalis Miss Grand International 2022 mengikuti kompetisi baju olahraga. Kontes baju olahraga tersebut diselenggarakan di Bebek Tepi Sawah Bali pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Para kontestan mengenakan two pieces sportswear yang didominasi sentuhan biru. Dengan beragam tampilan tata rambut, mereka juga tampil bersepatu hak tinggi dengan penuh semangat dan senyum yang menghiasi wajah.

Mereka berlenggak-lenggok di area yang dikelilingi hijaunya padi berbalut baju olahraga rancangan Didiet Maulana. Sang desainer pun berbagi makna di balik desain baju olahraga sinergi IKAT Indonesia by Didiet Maulana dan CoreNation Activewear tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Inspirasi Busana Olahraga

Pada Liputan6.com, Didiet menjelaskan bahwa busana olahraga tersebut terinspirasi dari motif tenun Bali dengan pola geometris yang berkesinambungan. "(Itu) mencerminkan optimisme dan rasa persatuan dalam indahnya keberagaman budaya," jelas desainer kondang tersebut.

Dia melanjutkan, sentuhan warna biru yang harmonis pada baju olahraga ini melambangkan Indonesia sebagai negara maritim. "Perpaduan siluet yang dinamis dengan detail ruffles dapat memancarkan sisi wanita Indonesia yang percaya diri dan anggun," tambahnya.

Beda dengan kontes kecantikan internasional pada umumnya, di ajang Miss Grand International 2022 tidak ada sesi baju renang. Hal tersebut disampaikan Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) dalam unggahan di akun Instagram @grand_mgi pada 11 Juni 2022.

Selain itu, Ivan juga memuji baju olahraga rancangan Didiet Maulana yang disampaikannya melalui sebuah unggahan potret dirinya bersama Didiet. "Mas @didietmaulana karya mu luar biasa @corenationactive thank you , mencoba dengan Konsep baru Menggantikan swim suit Ternyata bisa kejadian," tulis Ivan pada Minggu, 9 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.