Sukses

5 Kebiasaan Makan Sehat yang Harus Dinormalisasi Menurut Ahli Gizi

Tidak perlu malu untuk membawa camilan sehatmu ke luar rumah karena itu dapat membantu menghindari makan besar tanpa merasa kekurangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menanamkan kebiasaan makan sehat sangat penting dalam menjalani gaya hidup yang baik. Bagaimanapun, kamu adalah apa dan bagaimana kamu makan. Mengutip Indianexpress.com, Minggu, 9 Oktober 2022, dari makan malam lebih awal hingga tidak merasa malu untuk makan yang bersih. 

Ahli gizi Rashi Chowdhary mendiskusikan beberapa kebiasaan sehat yang tidak populer yang semestinya tidak perlu malu saat dilakukan. Kebiasaa apa saja yang harus dinormalisasi kebiasaan agar tetap bugar dan aktif?

1. Membawa Camilan Sendiri

"Membawa camilan sendiri saat datang waktu ngemil daripada makan lengkap sebagai camilan hanya karena teman Anda merasa ingin makan, mungkin bukan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri jika Anda mencoba mencapai beberapa tujuan atau makan lebih baik, dan lain-lain," kata Chowdhary.

"Saya tahu saya akan tergoda di sini, tetapi membawa sesuatu yang saya sukai yang sehat benar-benar membantu saya menghindari makan besar tanpa merasa kekurangan," tambahnya.

2. Sedang Diet

Kamu tidak perlu merasa malu untuk mengakui bahwa Anda sedang diet atau mencoba menurunkan berat badan atau mencoba membalikkan diet PCOS, atau makan bersih. "Bersikap jujur ​​juga baik untuk kesehatan mental Anda," katanya.

3. Minum Dua Cangkir Kopi Hitam Sehari

Menurut ahli, 250 mg kafein baik untuk jantung Anda dan sarat dengan antioksidan. "Jika Anda merasa gelisah atau cemas, maka jangan lakukan itu. Juga jangan pagi-pagi, mungkin decaf atau isi perut dulu tanpa kopi," saran Chowdhary.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Memodifikasi Makanan di Restoran

Sebagian besar restoran tidak keberatan jika Anda membuat beberapa modifikasi pada makananmu. Pastikan bertanya dulu kepada restoran untuk mendapatkan izin.

"Saya selalu meminta tambahan sayuran, tidak ada jagung di salad saya atau apakah Anda memiliki roti sourdough di keranjang roti Anda daripada yang reguler? Karena saya sering makan di luar, memodifikasi makanan saya benar-benar membantu saya tetap di jalur," ungkap Chowdhary.

5. Makan Malam Lebih Awal

Menurut ahli gizi, makan malam lebih awal adalah pengubah permainan. Bahkan jika tidak dapat melakukannya setiap hari, cobalah melakukannya 3-4 kali seminggu. "Ini akan membantu dalam tidak merangsang kortisol Anda, itu akan membantu dalam produksi melatonin dan membantu Anda tidur lebih baik," tambah Chowdhary.

Untuk camilan, akan lebih baik jika itu merupakan camilan sehat. Camilan sehat ini baik dikonsumsi bagi para pejuang diet. Berikut beberapa rekomendasi camilan sehat yang dikuti dari kanal Citizen6 Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Stik Keju

Protein jadi nutrisi yang mengenyangkan menjadikan keju sebagai pillihan terbaik untuk para vegetarian. Kalsium yang terkandung di dalamnya membantu memperkuat tulang dan gigi. Kamu bisa mengandalkan stik keju sebagai camilan ketika bepergian.

Selai Kacang dengan Buah

Perpaduan selai kacang dan buah favoritmu dapat jadi ide camilan mengenyangkan dan cepat yang dapat dinikmati di mana saja. Buah-buahan seperti pisang, stroberi, apel mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan serat sehingga membantu kamu tetap merasa kenyang. Selai kacang seperti almond, kacang tanah, atau pun kacang mete mengandung protein dan lemak sehat yang sangat bagus untuk mendukung diet kamu.

Buncis Panggang

Buncis kaya akan protein, vitamin, serat, dan mineral. Mudah dibuat di rumah, kamu hanya perlu mencampurkan buncis yang sudah dicampurkan dengan minyak zaitun atau bumbu pilihan sendiri lalu dipanggang di suhu 200 derajat celcius selama 20-30 menit. Bubuk bawang putih, bubuk cabai, jinten, cabai rawit, kayu manis, dan pala dapat menjadi pilihan lezat untuk membumbui buncis.

4 dari 4 halaman

Smoothie

Smoothie dapat menjadi pilihan terbaik menikmati sayuran. Sayuran kaya akan serat, mineral, vitamin antioksidan. Anda dapat mencampurkan sayur-sayuran dengan buah-buahan. Kamu juga bisa mencampurkan bubuk protein vegetarian ke dalam smoothie. Camilan ini membuat kamu kenyang lebih lama dan mengontrol gula darah.

Oatmeal

Meski dikategorikan sebagai makanan saat sarapan, oatmeal bisa menjadi camilan mengenyangkan dan bergizi yang dapat dinikmati kapan saja. Oat mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan yang bemanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Sebagai tambahan perasa, Anda dapat menambahkan topping seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang sesuai selera.

Telur Rebus

Selain murah dan mudah diolah, telur rebus bisa menjadi camilan vegetarian bergizi yang membantu kamu mengurangi rasa lapar. Selain menjadi sumber protein yang bagus untuk tubuh, telur rebus kaya akan vitamin A, vitamin B, dan selenium.

Snack Bar

Snack bar menjadi salah satu suguhan yang cepat dan mudah untuk dibawa keluar. Produk makanan padat ini dibuat menggunakan campuran beberapa bahan kering, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering seperti apel, stroberi, pisang, kismis yang digabungkan menjadi satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.