Sukses

Jawaban Farel Prayoga saat Ditanya Agama yang Dianutnya

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Farel Prayoga sukses mencuri perhatian publik sejak tampil menyanyi di HUT ke-77 RI di Istana Merdeka. Sejak itu pula, sosoknya banyak menyita atensi, termasuk agama yang dianutnya.

Semua bermula dari sebuah pengajian akbar yang dihadiri Gus Miftah dan Farel Prayoga di Banyuwangi, Jawa Timur pada 5 Oktober 2022. Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji itu bertanya kepada Farel apakah ia sudah mengaji.

"Farel, koe wes ngaji urung Le? (Farel, kamu sudah ngaji belum Le?) Sudah juz berapa kamu ngaji?" tanya Gus Miftah dalam video yang diunggah akun YouTube Btd Channel pada 5 Oktober 2022.

Farel tampak tak langsung menjawab, tetapi berbisik ke Gus Miftah bahwa dirinya tidak mengaji. "Oh mboten ngaji (tidak ngaji)?" tanya Gus Miftah lagi.

"Lah kok ora ngaji itu piye? (Lah, kok tidak ngaji itu gimana?) lanjut Gus Miftah yang mengundang gelak tawa hadirin.

"Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang, Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional, aamiin. Tapi yo ngaji Bro, masa ora ngaji," kata Gus Miftah.

Pertanyaan Gus Miftah berlanjut soal cita-cita Farel. Penyanyi berusia 12 tahun itu pun menjawab bahwa dirinya ingin menjadi pilot.

Setelah itu, video berlanjut Farel selawat dan dilanjutkan bersama dengan para hadirin. Kemudian, Gus Miftah diberitahu melalui secarik kertas bahwa Farel bukan beragam Islam.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Jawaban Farel

"Mohon izin Abah, info dari panitia, Mas Farel nonmuslim'. Oh kamu nonmuslim tah Le? Oh, wis rapopo. Mangkat neng gerejo (enggak apa-apa, berangkat ke gereja). Agamamu opo? Kristen, Katolik?" kata Gus Miftah sambil membacakan isi kertas tersebut

"Mbuh (enggak tahu). Enggaklah, privasi," kata Farel.

"Pokoknya apapun agamamu, tetep sing ibadah sesuai kepercayaanmu. Tos dulu Farel, keren," kata Gus Miftah.

Dikutip dari News Liputan6.com, saat tampil di Istana Merdeka, Farel membawakan lagu bertajuk "Ojo Dibandingke". Kala itu, Presiden Joko Widodo punya pesan kepada Farel.

Kepada Jokowi, Farel mengatakan bahwa dirinya saat ini duduk di kelas VI Sekolah Dasar (SD). Jokowi pun mengingatkan Farel untuk terus belajar dan sekolah setinggi-tingginya.

"Anu loh ya, nyanyi boleh, tapi jangan lupa belajar," ucap Jokowi sebagaimana dilihat di akun instagramnya @jokowi, Rabu (17/8/2022).

"Nggih, siap," jawab Farel.

"Jangan lupa terus sekolah terus sampai setinggi-tingginya," pesan Jokowi.

"Udah pesen Pak Jokowi itu saja," ujar Jokowi kembali.

"Oke siap, siap, siap," tutur Farel.

Farel mengaku dirinya bercita-cita untuk menjadi penyanyi sukses. Dia pun diminta untuk terus mengingat pesan-pesan Jokowi.

3 dari 4 halaman

Kemeriahan

Sebelumnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Rabu, 17 Agustus 2022, dimeriahkan dengan penampilan Farel Prayoga yang menyanyikan lagu campursari dengan judul 'Ojo Dibandingke'. Suasana upacara yang tadinya khidmat pun berubah menjadi meriah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Ibu Negara Iriana sangat menikmati penampilan Farel Prayoga. Bahkan, Iriana sedikit berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

Bukan hanya Jokowi, sejumlah menteri, kepala lembaga negara, selebritis, hingga tamu undangan yang hadir di Istana juga ikut menikmati sampai ikut berjoget. Mulai dari, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga aktor Reza Rahardian.

Prabowo dan sejumlah menteri tampak turun dari kursinya dan menghampiri Farel Prayoga yang sedang beryanyi. Saking asyiknya, Farel sampai menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' sebanyak dua kali.

Lagu 'Ojo Dibandingke' adalah lagu yang tengah viral baik di berbagai media sosial, salah satunya TikTok. Lagu ini diciptakan oleh Abah Lala dan dipopulerkan oleh Denny Caknan bahkan keduanya melakukan kolaborasi bersama.

4 dari 4 halaman

Lagu Viral

Dikutip dari Regional Liputan6.com, tidak hanya dipopulerkan oleh Denny Caknan, lagu ini juga kembali viral di media sosial TikTok terutama usai di-cover oleh penyanyi Filla Talia featuring Farel Prayoga.

Farel Prayoga sendiri menjadi bocah cilik yang diundang untuk bernyanyi pada upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana Negara, Jakarta. Ia juga membawakan lagu viral 'Ojo Dibandingke' sambil menyebutkan nama Presiden Jokowi dalam bait lagunya.

"Di hati ini cuman ada Pak Jokowi," ucap Farel sambil bernyanyi.

Sementara, Farel Prayoga adalah penyanyi yang lahir di Banyuwangi, 8 Agustus 2010. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Informasi mengenai Farel sendiri masih belum banyak terekspos karena Farel termasuk baru terkenal akhir-akhir ini.

Pada usianya yang masih muda, Farel memang terlihat mempunyai bakat dalam dunia tarik suara, tidak hanya itu, ia juga terlihat sudah menguasai bagaimana untuk tampil di panggung. Tanpa canggung, dia tampil bernyanyi di hadapan Presiden seorang diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.