Sukses

KAI Segera Luncurkan Kereta Panoramic, Warganet Ingatkan Pakai Suncscreen

Liputan6.com, Jakarta - Inovasi terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Belum lama ini KAI diketahui segera meluncurkan kereta panoramic. Istilah panoramic digunakan untuk kereta wisata yang terkenal nyaman dengan jendela berpanorama.

Desainnya terlihat mewah dengan gerbong kereta berdesain 'sangat futuristik'. Informasi itu diketahui dari video unggahan akun TikTok @anditosss, Selasa, 4 Oktober 2022.

Dibandingkan dengan gerbong kelas ekonomi dan eksekutif, gerbong panoramic ini dipenuhi dengan kaca. Ya, bagian atas gerbong kereta ini berupa kaca seperti halnya sunroof mobil. 

Konsep ini memungkinkan penumpang mendapatkan pengalaman baru dalam perjalanan. Para penumpang bisa dengan jelas melihat pemandangan sekitar sekaligus langit dari sunroof yang bisa dibuka tutup itu.

Gerbong kereta jadi terlihat lebih terang tanpa bantuan lampu ketika penumpang melakukan perjalanan di siang hari. Alih-alih banyak yang terpukau, ternyata beberapa warganet justru dibuat gagal fokus. Mereka mengingatkan untuk memakai sunscreen jika menaiki kereta api gerbong panoramic.

"Jangan lupa pake sunscreen ya," komentar seorang warganet. "Kalau dikasih hujan sih kayanya enak bangettt," komentar warganet lainnya. "Nggak suka kena sinar matahari, meskipun ber-AC tetep panas cuii," timpal warganet lain.

Kereta api panoramic itu dihasilkan dengan memodifikasi kereta eksekutif. Walau di Indonesia sejak dulu telah tersedia kereta wisata yang menawarkan beragam fasilitas, kereta api panoramic memiliki daya tarik berbeda yang bahkan juga populer di luar negeri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Jalani Pengujian

Kereta panoramic yang akan dirilis harus menjalani beberapa pengujian, baik secara statis maupun dinamis. Ini termasuk uji dimensi, uji rancang bangun, uji kebocoran, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji temperatur bearing, dan uji kebisingan.

Dilansir dari akun Instagram @balaipengujianka, pengujian ini dilakukan Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian. Bukan hanya melalui tahap uji saja, kereta api panoramic yang akan beroperasi juga akan melalui tahap penyempurnaan, seperti penambahan beberapa fasilitas, perbaikan eksterior, dan perbaikan interior.

Semua pengujian dan penyempurnaan yang dilakukan tentu agar kereta tetap aman dan nyaman bagi penumpang saat dioperasikan nanti. Kereta panoramic saat ini masih dalam tahap pengujian dan restorasi.

Anda mungkin sudah pernah merasakan sensasi menaiki kereta eksekutif pasti tahu perbedaan besar fasilitas, kapasitas gerbong, dan harga setiap kelas kereta. Meski sekilas tak jauh berbeda dengan kereta kelas bisnis, kereta kelas eksekutif hanya memiliki 50 kursi penumpang saja dengan berbagai fasilitas. Kursi pada kereta kelas eksekutif disebut jauh lebih empuk, serta memungkinkan untuk direbahkan dan diputar. 

3 dari 4 halaman

Ada di Beberapa Negara

Sebelum Indonesia, sejumlah negara di dunia sudah lebih dulu punya kereta panorama. Salah satu yang paling terkenal dengan kereta panoramic-nya adalah Swiss.

Jalur kereta-kereta itu memungkinkan pelancong terpesona akan pemandangan gunung yang menakjubkan. Tidak ketinggalan gletser dan danau kristal nan spektakuler, serta berkendara melalui desa-desa di lembah yang tenang.

Swiss terkenal dengan panorama menakjubkan yang berubah seiring musim, dan kereta panorama menyediakan cara yang unik, tenang, dan menenangkan untuk menikmatinya, melansir Lodge Destinations.

Pengalaman naik kereta panoramic juga bisa dijajal di Amerika Serikat. Di sepanjang Pantai Barat AS, jalur kereta api sepanjang 2.200-an kilometer membentang dari Seattle ke Los Angeles, rute yang sering disebut sebagai salah satu perjalanan kereta api terindah di Amerika, lapor CNN.

Rute, yang disebut Coast Starlight, membutuhkan total 35 jam untuk melewati negara bagian Washington, melintasi Oregon dan menyusuri garis pantai California. Situs web layanan kereta panorama, Amtrak, menyebutnya sebagai "Petualangan kereta pantai barat yang tiada dua."

4 dari 4 halaman

Peluncuran dan Harga Tiket

India juga punya kereta panoramic. Sejak April 2022, penumpang kereta api India yang bepergian antara Mumbai dan Gandhinagar dapat menikmati "Pengalaman perjalanan yang ditingkatkan dan pemandangan panorama yang belum pernah ada sebelumnya," menurut Financial Express.

Meski belum ada jadwal pasti terkait perilisan kereta api panoramic di Indonesia, PT. KAI, selaku perancang kereta api panoramic, telah memastikan layanan itu akan segera dirilis dalam "waktu dekat."

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan kereta beroperasi, juga harga tiketnya. "Dikarenakan kereta tersebut masih dalam proses restorasi, dan masih dalam perubahan interior, perbaikan-perbaikan, baik interior maupun eksterior, serta belum selesai proses pengujian," kata Joni pada kanal kanal Bisnis Liputan6.com, baru-baru ini.

Respons yang begitu antusias pada kereta panoramic ini tentu membuat tahap pengujian dan penyempurnaan kereta ini harus lebih maksimal. Bukan hanya itu, harga tiket dan rute perjalanannya pun masih dalam tahap penyesuaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.