Sukses

Udah Tau Money Personality Types Kamu? Cek Kelimanya di Sini Yuk!

Apapun money personality types kamu, DANA selalu memberikan pengalaman transaksi yang praktis, nyaman, dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sering mendengar pakar finansial menekankan tentang pentingnya literasi keuangan. Tapi ketika bicara tentang gimana caranya ngebangun kesehatan finansial, topik ini justru gagal dipertimbangkan. 

Alhasil muncul respons emosional seseorang yang terbentuk karena pengalaman hidup masing-masing. Ada pengalaman yang diturunkan dari orangtua karena cerita atau juga dipengaruhi oleh situasi saat ini. Nah, ngomong-ngomong soal finansial, ada beberapa money personality types berdasarkan cara mereka menggunakan atau mengelola keuangan. 

Yup, ada lima money personality types dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan dalam hal pengelolaan finansial. Biar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Si Paling Hemat

Tipe the saver alias si paling hemat tentunya patut diacungi jempol dalam hal pengelolaan keuangan. Itu karena mereka percaya bahwa menabung adalah satu-satunya cara agar demi mencapai finansial yang aman dan terjamin. 

Demi penghematan yang hakiki, orang dengan tipe ini menyukai proses tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Dalam menjalani hidup, tipe ini cenderung enggan menghabiskan uang yang sudah susah payah dikumpulkannya, meski tujuannya untuk melakukan kegiatan (hobi) yang memberinya kebahagiaan. 

 

3 dari 6 halaman

2. Si Paling Boros

Orang dengan tipe ini memperlakukan uang di bawah tekanan emosional. Artinya, mereka akan membelanjakan sejumlah uangnya untuk kepuasan sementara, bahkan untuk hal yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget. 

Umumnya, si paling boros nggak memiliki rencana anggaran keuangan yang pasti. Alhasil ketika 'kehabisan' uang, di kemudian hari berpotensi memiliki utang hingga akhirnya gali lubang tutup lubang. 

 

4 dari 6 halaman

3. Si Moneymaker

Tipe ini percaya bahwa menghasilkan lebih banyak uang adalah jalan menuju kebahagiaan. Maka dari itu, mereka kerap menghabiskan banyak energi, untuk mencoba menghabiskan uang sebanyak mungkin, demi mencapai kesuksesan finansial. 

Kabar baiknya, si moneymaker ini memang pekerja keras. Bahkan rela menggunakan waktu di akhir pekan untuk bekerja atau menginvestasikan uangnya. Namun di balik keunggulan ini, tipe ini cenderung mengabaikan bahwa sebenarnya banyak hal dalam hidup ini yang lebih berharga dari uang. 

 

5 dari 6 halaman

4. Si Paling Cuek

Rencana bikin anggaran adalah hal yang paling membuatnya pusing sendiri dan merasa bahwa uang nggak memengaruhinya, ketika mengambil keputusan dalam hidup. Kira-kira begitulah gambaran mereka yang paling cuek dengan uang. 

Bagi tipe ini, mereka berpikir bahwa nggak butuh uang banyak buat bahagia. Meski demikian, nggak bisa dipungkiri bahwa uang jugalah yang punya peran penting dalam kehidupan ini. 

 

6 dari 6 halaman

5. Si Paling Khawatir

Ini adalah salah satu tipe yang khawatiran banget tentang uang yang dimilikinya. Orang dengan tipe ini, merasa nggak percaya diri pada kemampuannya untuk mencapai kebebasan finansial. 

Mereka cenderung memikirkan skenario terburuk tentang apa yang terjadi, jika kehabisan uang. Nggak peduli seberapa banyak yang dimiliki, dia terus-terusan khawatir bahwa uangnya bakal hilang kapan saja, apalagi menyoal transaksi keuangan. 

Gimana, sekarang udah tau money personality type kamu yang mana? Apapun tipemu, jangan lupa kalau bertransaksi pakai DANA yang bikin praktis, cepat & Bebas Cemas! 

Pentingnya lagi, ketika kamu bertransaksi dengan DANA, transaksimu akan terlindungi oleh DANA Protection. Selain itu, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali, tetunya sesuai syarat & ketentuan yang berlaku, jika terjadi kendala saat kamu bertransaksi. 

Jadi kamu nggak perlu takut lagi uangmu hilang kalau terjadi kendala atau masalah saat bertransaksi di DANA. Yuk download dan pakai aplikasinya sekarang, biar hidupmu #BebasDrama. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini