Sukses

6 Fakta Menarik Singapura, Negara Kecil tapi Salah Satu yang Terkaya di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Singapura merupakan salah satu negara terkecil di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayahnya hanya 728,6 kilometer persegi atau sekitar sepertiga dari luas wilayah Sumenep di Madura. Meski begitu, negara yang menjuluki diri sebagai The Red Dot itu termasuk dalam negara terkaya di Asia.

Singapura berbatasan dengan Selat Johor, Malaysia di Utara dan Kepulauan Riau, Indonesia di Selatan. Sementara, sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan di Timur. 

Negeri Singa itu menganut sistem demokrasi parlementer dengan model Westminster. Negara yang merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965 ini menempatkan presiden sebagai kepala negara dan perdana menterisebagai kepala pemerintahan. Selain fakta di atas, ada sejumlah fakta menarik Singapura lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Salah Satu dari Tiga Negara-Kota (City-States) di Dunia

Singapura digolongkan sebagai negara-kota. Prinsipnya  adalah kota bersama dengan wilayah sekitarnya, adalah negara mandiri yang berpemerintahan sendiri.

Mengutip Merdeka.com, bentuk negara-kota adalah sebutan untuk sebuah negara yang berbentuk kota yang punya wilayah kekuasaan, rakyat, dan pemerintahan yang berdaulat. Negara-kota sepenuhnya berada di dalam batas-batas satu kota. Hanya ada tiga negara kota di dunia. Dua lainnya adalah Kota Vatikan dan Monako, mengutip dari Southeastasiabackpacker.com.

2. Bangunan di Singapura Tidak Boleh Melebihi 280 Meter

Meskipun gedung pencakar langit yang berkilauan bintang adalah salah satu gambar pertama yang muncul di benak ketika memikirkan Singapura, sebenarnya ada batasan seberapa tinggi boleh membangun gedung. Karena kedekatan kota dengan Bandara Changi Singapura, pembatasan kontrol lalu lintas udara telah menetapkan bahwa bangunan tidak boleh lebih tinggi dari 280 meter.

Pada 2021, hanya ada tiga bangunan setinggi 280 meter di Singapura, yaitu United Overseas Bank Plaza One, Republic Plaza, dan One Raffles Place. Bangunan tertinggi di Singapura adalah Guoco Tower yang tingginya 290 meter. Izin khusus harus diberikan untuk pembangunan gedung yang sangat tinggi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Salah Satu Paspor Terkuat di Dunia

Menurut laporan Henley and Partners pada 2021, Singapura termasuk dalam urutan teratas di daftar paspor terkuat di dunia. Mereka mengekor Jepang di posisi pertama. Secara teori, paspor mereka akan memungkinkan para pemegangnya mendapatkan akses bebas visa ke 192 negara.

4. Singlish, Bahasa Gaul Lokal Singapura

Singlish, juga dikenal sebagai bahasa Inggris sehari-hari Singapura, ini merupakan kumpulan kata dan frasa yang dipengaruhi oleh masyarakat multikultural Singapura. Jika telah mempelajari buku-buku tentang Asia Tenggara dan menemukan Crazy Rich Asians oleh Kevin Kwan, kemungkinan besar Anda sudah akrab dengan bahasa gaul ini.

Lah, leh, lor dan meh adalah semua contoh kata yang muncul di akhir kalimat untuk menyampaikan makna tambahan. Misalnya kata 'lah', yang membantu menunjukkan rasa putus asa dan finalitas.

Anda mungkin juga tahu bahwa orang Singapura akan menggunakan istilah 'auntie' dan 'uncle' untuk menyebut orang yang lebih tua. Ini adalah cara menunjukkan rasa hormat kepada generasi yang lebih tua. Jadi, pastikan Anda yakin orang tersebut lebih tua dari kamu jika berniat menggunakannya.

3 dari 4 halaman

5. Destinasi Wisata

Singapura telah digambarkan sebagai taman bermain bagi orang kaya, dan negara kecil itu memiliki kilau kekayaan tertentu. Berikut beberapa destinasi wisata terbaik di Singapura menurut Planetware.com.

Marina Bay Sands

Kompleks resor Marina Bay Sands yang mewah mencakup hotel mewah kelas atas, mal dengan kanal yang melintasinya, Museum ArtScience, dan Dek Observasi Skypark Marina Bay Sands – tempat yang menguntungkan untuk menikmati seluruh kota. Dek pemandangan Skypark dan kolam renang tanpa batas dapat ditemukan di kapal yang berada di puncak hotel. Hanya tamu hotel yang diperbolehkan menggunakan kolam renang tanpa batas, tetapi siapa pun dapat mengunjungi dek observasi.

Dari Skypark, kamu dapat melihat jembatan heliks ganda yang inovatif, pelabuhan, Gardens by the Bay (101 hektare lahan yang diubah menjadi taman tepi laut), dan cakrawala yang mengesankan. Saat berada di atas kota, para tamu dapat mengambil makanan ringan atau kopi di restoran atap atau mengambil beberapa kenang-kenangan dari kios suvenir. Kemewahan elegan Marina Bay Sands menunjukkan gaya dan status Singapura sebagai kota internasional utama di Asia Tenggara.

Botanic Gardens

Singapura mendapat nominasi Warisan Dunia UNESCO pertama untuk kebun rayanya. Meskipun bersih dan nyaman, kebun raya ini melestarikan potongan-potongan warisan liar Singapura.

Di sini, jalan setapak mengarah ke pohon warisan taman yang dilestarikan sebagai bagian dari upaya untuk melindungi spesies pohon kota dewasa. Pastikan untuk mengunjungi National Orchid Garden yang mengesankan juga. Hal populer lainnya yang dapat dilakukan termasuk mengunjungi eco-garden, eco-lake, taman bonsai, patung, dan beberapa taman formal lainnya.

Singapore Zoo

Menyebut dirinya sebagai kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia, Singapore Zoo adalah tempat yang cukup mengesankan. Fasilitasnya bersih dan menarik perhatian. Hewan-hewannya tampak dirawat dengan baik, dengan banyak vegetasi subur dan ruang habitat.

Orangutan sangat mengesankan dan pengunjung dapat menyaksikan bayi dan orang dewasa sama-sama berayun tinggi di atas platform mereka dan mengemil buah-buahan. Ada juga keluarga simpanse besar, zebra, meerkat, komodo, tikus mol, harimau putih, kanguru, dan banyak makhluk lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Makanan Populer

Singapura yang letaknya tidak jauh dari Indonesia menjadikan makanan yang di sana juga kita temui di Indonesia. Berikut beberapa makanan populer Singapura menurut Tasteatlas.com.

Laksa

Dicirikan oleh kaldunya yang kaya dan pedas, sup mi ini adalah salah satu hidangan klasik yang ditemukan di banyak negara Asia Tenggara. Ini dikembangkan di bawah pengaruh tradisi kuliner yang berbeda, yang telah menyebabkan penciptaan banyak varietas daerah yang berbeda dalam rasa dan bahan.

Dua versi yang paling terkenal adalah asam laksa yang berbahan dasar asam dan laksa kari yang creamy. Terutama disukai di Malaysia, Singapura, dan Indonesia, laksa biasanya disiapkan dan dinikmati di pusat jajanan sebagai hidangan utama yang lezat.

Kepiting Cabai

Seperti banyak hidangan lainnya di Asia, kepiting cabai dimulai sebagai makanan jalanan, tetapi akhirnya menjadi sangat populer sehingga saat ini dianggap sebagai hidangan nasional Singapura. Ini terdiri dari kepiting tumis yang dilumuri saus pedas yang lezat.

Kisah asal usul kepiting cabai adalah anekdot yang terkenal - kisah ini ditemukan pada 1950an oleh Cher Yam Tian, ​​yang ingin mengubah resep kepiting tumisnya dengan menambahkan saus cabai botol ke dalam hidangan. Hasilnya sangat lezat sehingga keluarganya membujuknya untuk mulai menjual hidangan ini. Kepiting cabai pun mulai menjadi hidangan khas Singapura.

Nasi Bebek

Nasi bebek, hidangan klasik Singapura ini memadukan nasi putih dan bebek panggang atau rebus. Jika dipanggang, berbagai bumbu seperti kayu manis, jahe, atau adas manis ditempatkan di dalam bebek, yang kemudian digantung dan dipanggang hingga renyah. Versi yang direbus biasanya dimasak perlahan dalam kaldu yang banyak dibumbui.

Bebek dapat disiapkan dan disajikan dengan dua cara—Hokkien atau Teochew. Yang pertama biasanya disiram dengan kecap asin yang kental dan beraroma, sedangkan yang terakhir biasanya disajikan dengan irisan dan dilengkapi dengan saus yang lebih ringan. Hidangan ini sering disertai dengan tahu, sayuran, atau telur rebus, dengan saus pedas yang disajikan di sampingnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS